Berita Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

-

- Advertisment -

Ekspose.ID – Kesenian Genjring Ronyok asal Dusun Banjarwaru, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, turut memeriahkan Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar, di Astana Gede Kawali, Rabu (20/11/2019).

Pimpinan Kesenian Genjring Ronyok, Mahmud, menyebutkan bahwa kesenian tersebut merupakan salah satu kesenian yang pernah berkembang di Kabupaten Ciamis.

Menurut Mahmud, Genjring Ronyok nyaris saja hilang ditelan zaman. Namun demikian, pihaknya berusaha membangkitkannya kembali dan mengenalkannya kepada generasi milenial.  

“Kami berusaha membangkitkannya kembali,” kata Mahmud, pada acara Festival Rengkuh Galuh, di Astana Gede Kawali, Rabu (20/11/2019).

Genjring Ronyok Tidak Hanya Acara Seremonial

Mahmud menuturkan, walaupun kesenian Genjring Ronyok mayoritas dimainkan kalangan orang tua, mereka tetap semangat dan kompak saat tampil di even atau acara-acara besar.

Diakui Mahmud, kelompok seniman Genjring Ronyok yang dipimpinnya tidak hanya mengisi acara-acara seremonial. Tapi, juga seringkali mendapatkan panggilan untuk mengisi acara khitanan dan pernikahan.  

Genjring Ronyok Dijaga & Dilestarikan

Kedepan, Mahmud berharap, kesenian Genjring Ronyok tetap terjaga kelestariannya, dicintai generasi muda dan disukai kalangan orang tua.   

Dari pantauan Ekspose.ID, pada saat pelaksanaan Festival Rengkuh Galuh, sejumlah pria asal Banjarwaru, terlihat berjejer di sisi kiri dan kanan jalan menuju kawasan Astana Gede Kawali.

Masing-masing dari mereka memegang alat musik seni Genjring Ronyok. Alat itu mereka pukul-pukul, sehingga mengeluarkan bunyi-bunyian khas.

Festival Rengkuh Galuh

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama-sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan / Disparbud Jawa Barat menggelar Festival Rengkuh Galuh, di Situs Astana Gede Kawali, Rabu (20/11/2019).

Festival yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ciamis bersama Disparbud Jabar ini merupakan upaya untuk memperkenalkan aset budaya leluhur. Khususnya, budaya leluhur yang telah menjadi identitas dan ciri khas masyarakat Jabar. 

Berlangsung Meriah

Even Festival Rengkuh Galuh ini berlangsung meriah. Pasalnya, sejumlah gelaran kesenian tradisonal daerah turut dipentaskan. Salah satunya tarian Kele, yakni Tarian Khas Ciamis. Tari Kele adalah kesenian tradisional hasil dari adaptasi Tradisi Nyangku Panjalu.

Selain kesenian Tari Kele, Festival Rengkuh Galuh juga menghadirkan serangkaian agenda, Wayang Interaktif, Talkshow Budaya, gelaran Bebegig Sukamantri, serta Workshop Rengkuh. *** 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini Terbilang Aman

Ekspose.ID - Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini Terbilang Aman. Vertigo adalah perasaan pusing yang diikuti sensasi berputar-putar...

Makanan untuk Penderita Autoimun, Ini Rekomendasinya!

Ekspose.ID - Makanan untuk Penderita Autoimun, Ini Rekomendasinya! Seperti yang kita ketahui, penyakit autoimun atau juga sering...

Fakta Tentang Penyembuhan Penyakit Bronkitis

Ekspose.ID - Fakta Tentang Penyembuhan Penyakit Bronkitis. Banyak jenis penyakit yang sering menyerang saluran pernapasan. Salah satu...

Kelebihan Mobil Listrik ini Bukti Teknologi Semakin Canggih

Ekspose.ID - Kelebihan mobil listrik ini bukti teknologi semakin canggih. Penggunaan mobil berbahan bakar listrik kini mulai...

Manfaat Buah Pala Ampuh Atasi Berbagai Penyakit

Ekspose.ID – Manfaat Buah Pala Ampuh Atasi Berbagai Penyakit. Selain sebagai rempah-rempah, khasiat buah pala juga mampu...

Kejaksaan Negeri Ciamis Tahun Ini Selesaikan Kasus Finger Print

Ekspose.ID – Kejaksaan Negeri Ciamis tahun ini akan menyelesaikan kasus dugaan tindak pidana korupsi finger print. Namun...

Wajib Baca!

Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini Terbilang Aman

Ekspose.ID - Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini...

Makanan untuk Penderita Autoimun, Ini Rekomendasinya!

Ekspose.ID - Makanan untuk Penderita Autoimun, Ini...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you