Berita Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

-

- Advertisment -

Ekspose.ID – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat masuk dalam daftar kawasan siaga bencana. Secara nasional, kawasan yang tercatat masuk daftar kawasan siaga bencana mencapai 871 kabupaten/ kota.

Hal itu terungkap saat Menteri Sosial RI, Juliari Peter Batubara, menghadiri kegiatan Simulasi dan Pencanangan Kawasan Siaga Bencana, di Kalipucang Pangandaran, Jum`at (22/11/2019).  

Juliari berharap, melalui kesiapsiagaan, masyarakat setidaknya memahami bagaimana menghadapi bencana. Upaya tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Arahan Presiden

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, kata Juliari, semua elemen di daerah harus cepat bergerak saat menghadapi bencana. Khususnya, Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Kesehatan, dan unsur TNI/ Polri.  

Menurut Juliari, di wilayah Selatan Jawa, Kabupaten Pangandaran, Kebumen, Cilacap dan Jogjakarta, masuk dalam daftar daerah rawan bencana. Mulai dari bencana tsunami, banjir dan longsor.

Soalnya, kata Juliari, di wilayah Selatan Jawa terdapat pegunungan, laut, serta Sungai Citanduy. Sungai Citanduy merupakan sungai besar yang memisahkan dua wilayah, yakni Pangandaran Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah.  

Terkait pemilihan lokasi kegiatan, Juliari menilai, kegiatan di Pangandaran sudah tepat. Karena Kabupaten Pangandaran berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap.  

Julari menambahkan, kegiatan yang berkaitan dengan kebencanaan, harus selalu melibatkan masyarakat. Alasannya karena dengan begitu masyarakat akan lebih waspada terhadap potensi bencana. Mereka juga bisa menghindar untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana.

Wadah Penanggulangan Bencana

Pada kesempatan itu, Juliari menjelaskan, Kawasan Siaga Bencana merupakan wadah penanggulangan bencana. Wadah penanggulangan bencana ini berbasis pendekatan terpadu.

Berbagai pemangku kepentingan dilibatkan. Yakni pemangku kepentingan di sejumlah daerah yang memiliki risiko bencana tinggi. Atau, daerah di sekitarnya nanti berperan sebagai daerah penyangga.

Fokus KSB, kata Julari, yakni memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain itu, juga memfasilitasi penyusunan standar pelayanan minimal bidang penanggulangan bencana. Peranannya mengatur pembagian tugas serta kewenangan antara pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana.

Pada kegiatan ini, pihaknya mengembangkan Community Based Disaster Management. Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat ini kemudian diimplementasikan dalam program Tagana Masuk Sekolah (TMS) serta Kampung Siaga Bencana (KSB). ***

Loading...

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru

Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

Ekspose.ID – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat masuk dalam daftar kawasan siaga bencana. Secara nasional, kawasan yang tercatat masuk...

Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

Ekspose.ID – Kesenian Genjring Ronyok asal Dusun Banjarwaru, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, turut memeriahkan Festival...

Riksa Budaya Jabar, Disparbud Perkuat Identitas Tatar Pasundan

Ekspose.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat / Disparbud Jabar terus berupaya memperkuat identitas Tatar Pasundan. Upaya...

Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar Digelar di Ciamis

Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar Digelar di Astana Gede Kawali. Foto : Dokumentasi Humas Kabupaten Ciamis

Luncurkan Program Gemas, Pemkab Ciamis Dongkrak Angka RLS

Ekspose.ID – Melalui program Gemas atau Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah Sejahtera, Pemerintah Kabupaten Ciamis ingin berusaha mendongkrak...

Angka RLS di Ciamis Rendah, Ini Alasan Program Gemas Diluncurkan

Ekspose.ID – Angka Rata-rata Lama Sekolah atau Angka RLS di Ciamis masih rendah, Pemerintah Kabupaten Ciamis meluncurkan...

Wajib Baca!

Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

Ekspose.ID – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat masuk...

Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

Ekspose.ID – Kesenian Genjring Ronyok asal Dusun...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you