Kabayaki Unagi, Ngefans Kuliner Jepang Cobalah Ini!

0
122
Foto : the spruce eats

Ekspose.ID – Kabayaki Unagi, Ngefans Kuliner Jepang Cobalah Ini! untuk Anda yang sangat doyan bangat dengan kuliner jepang ataupun yang sangat ngefans banget tentunya sangat mengetahui kuliner Unagi Kabayaki. Kabayaki Unagi merupakan ikan sidat( sejenis belut) yang di panggang serta di beri saus spesial(” tare”).

Kabayaki merupakan salah satu metode memasak ikan dalam masakan Jepang. Sehabis belah ikan kemudian membuang akan isi perut serta juga tulangnya, ikan ini harus Anda tusuk dengan menggunakan tusukan besi atau bamboo. Serta Anda beri saus yang paling utama terbuat dari kombinasi kecap asin, mirin, gula pasir, serta sake.

Terdapat 2 metode memasak metode kabayaki, metode Kanto serta metode Kansai. Cara Kanto, ikan harus Anda kukus terlebih dahulu sampai dengan matang pada saat sebelum Anda panggang. Cara Kansai, ikan ini harus Anda panggang tanpa perlu Anda kukus. Sewaktu kukus, lemak yang terdapat di unagi jadi jauh menurun. Oleh sebab itu, lemak yang terdapat pada unagi kabayaki ala Kanto lebih sedikit daripada unagi kabayaki ala Kansai.

Untuk Anda yang suka banget dengan masakan jepang, ketahui jika pembuatan tare (lebih spesial lagi dalam Unagi Kabayaki) mengunakan” mirin” serta” sake”. Nah, mirin serta sake ini kan tercantum minuman keras beralkohol, bagi Anda yang muslim wajib menghindarinya.

Nah gimana buat menganti mirin, sempat di tayangkan kegiatan masak di Televisi Jepang, nyatanya mirin dapat Anda ganti dengan minuman bersoda. Lebih jauh lagi, nyatanya minuman bersoda seperti halnya Mitsuya Cider ini tidak cuma bisa mengambil alih mirin, tetapi pula sake.

Berikut resepnya silahkan di praktekkan di rumah ya..!!

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan:

1. Unagi( ikan sidat) mentah yang telah Anda bersihkan serta Anda belah( dapat pula gunakan Shirayaki Unagi- ikan sidat yang telah terbakar tetapi belum Anda bumbui)

2. Minuman bersoda

3. Kecap asin( gunakan Indofood special dengan kacang kedelai lebih banyak, tetapi jika ingin lebih dekat rasa Jepangnya, bisa jadi hendaknya gunakan merek Kikkoman yang murni kecap asin).

Metode Memasak

  • Anda campur minuman yang bersoda serta juga kecap asin dengan melakukan perbandingan sekitar 2: 1. Kemudian aduk rata sembari Anda panaskan dalam sebuah panci sebentar( silahkan campur gula garam bila Anda rasa kurang cocok selera Anda)
  • Potong ikan unagi sesuai keinginan
  • Panggang akan ikat ini pada bagian kulitnya terlebih dahulu
  • Sehabis kedua sisi terlihat mulai agak matang, maka tuangkan sebuah tare yang sudah terbuat di nomor. 1 sedikit demi sedikit.
  • Teruskan masak sampai matang
  • Siap dimakan

Panduan:

  • Ikan Unagi buatan lokal mungkin dagingnya tidak selembut mutu Jepang, sebab itu butuh penindakan saat sebelum Anda masak supaya lebih lembut. Kalo kata orang Jepang di antara triknya sebagai berikut:
  • Rendam dengan minuman bersoda( eg. Big Cola) sepanjang 10 menit, atau
  • Oleskan parutan buah pir sepanjang 15 menit

* yakinkan perendaman Anda coba dalam keadaan ikan tidak beku.

Di atas merupakan metode buat Ikan mentah. Ada pula bila Anda membeli dalam wujud Shirayaki( telah terbakar tetapi belum Anda bumbui), jadi metode melembutkan dagingnya merupakan sebagai berikut:

  • Rebus Shirayaki dalam kombinasi air serta minuman soda( 1: 1) dengan api kecil lagi sampai airnya nyaris menguap seluruh.
  • Rebus dalam air teh sampai air teh nyaris menguap seluruh

Selamat mecoba di rumah ya!