Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Cair

0
119
Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Cair
Foto: kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Ekpose.ID – Kabar gembira datang dari pemerintah khususnya dari kementrian pendidikkan dan kebudayaan. Bantuan Kuota Internet cair lagi. Dalam menunjang pembelajaran, pemerintah memberikan bantuan berupa kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Melalui konferensi pers pada youtube channel kemendikbud RI tanggal 1 Maret 2021, Metri Pendidikkan menyampaikan mengenai infomasi penyaluran bantuan kuota internet. Beliau menyampaikan bahwa akan memulai penyaluran bantuan kuota internet pada bulan Maret. Pemerintah akan memberikan bantuan kuota internet selama 3 bulan bertrut-turut mulai dengan bulan Maret hingga bulan Mei 2021.

Adapaun penyaluran bantuan yakni tanggal 11-15 setiap bulanya. Kuota akan berlaku selama jangka waktu 30 hari sejak pengiriman. Nomor ponsel peserta didik dan pendidik yang telah terdaftar pada daftar bantuan tahun lalu, secara otomatis akan mendapatkan bantuan lagi. Ada pengecualian pemberian bantuan kuota internet untuk tahun ini. Jika pada tahun lalu telah mendapatkan bantuan namun besaran pengunaanya dibawah 1GB, maka periode ini tidak dapat mendapatkan fasilitas kuota internet gratis lagi. Dalam hal ini pemerintah meganggap bahwa Anda tidak memerlukan bantuan kuota internet dari pemerintah.

Besaran kuota gigabyte (GB) tahun ini berbeda dengan bantuan tahun lalu. Pada Tahun ini besaran bantuan kuota internet gigabyte (GB) oleh Kemendikbud lebih kecil. Namun, kualitas yang di berikan semakin meningkat. Berdasarkan permintaan masyarakat bantuan kuota internet tahun ini dapat menggunakanya dengan lebih fleksibel. Anda dapat menggunakanya untuk kuota umum. Oleh sebab itu, bantuan kuota internet dapat membuka platform pembelajaran, youtube, terkecuali platform media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, serta website yang diblokir oleh Kominfo. Berikut akan ulasan mengenai rincian dan cara mengecek bantuan kuota Kemendikbud.

Daftar penerima dan syarat mendapatkan bantuan kuota internet

Bagi nomor yang belum terdaftar atau ingin mengubah nomor, setelah mengurusnya bantuan kuota internet baru akan tersalurkan pada bulan April 2021. Berikut syarat kriteria untuk mendapatkan bantuan kuota internet.

Siswa PAUD, SD, SMP dan SMA

Siswa harus terdaftar di data pokok pendidikkan (DAPODIK) dan memiliki nomor aktif atas nama sendiri, orang tua, keluarga atau wali.

Tenaga pendidik PAUD, SD, SMP dan SMA

Bagi tenaga pendidik untuk mendapatkan bantuan kuota internet harus terdaftar di aplikasi Dapodik dan berstatus aktif. Tenaga pendidik harus memilki nomor aktif.

Dosen

Bagi dosen harus terdaftar pada aplikasi PDDikti dan berstatus aktif pada tahun ajaran 2020/2021. Memiliki nomor registrasi berupa NIDN, NIDK atau NUP. Nomor ponsel yang aktif juga menjadi syarat. 

Mahasiswa

Bagi mahasiswa untuk mendapatkan bantuan kuota internet harus terdaftar pada aplikasi PDDikti dan berstatus aktif dalam perkuliahan atau menempuh double degree. Selain itu mahasiswa harus memiliki kartu rencana studi yang sedang berjalan dan memiliki nomor ponsel yang aktif. 

Rincian bantuan kuota internet

  1. Bagi peserta didik yang duduk di PAUD, akan mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 7 GB per bulan.
  2. Peserta didik jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 10 GB per bulan.
  3. Tenaga kerja pendidik yang mengajar pada jenjang sekolah PAUD, sekolah dasar, dan sekolah menengah mendapatkan kuota bantuan sebesar 12 GB per bulan.
  4. Bantuan kuota internet yang paling banyak meneriman yaitu dosen dan mahasiswa. Besaran bantuan tersebut yakni sebesar 15 GB per bulan.

Cara mengecek kuota bantuan Kemendikbud

Bagi penerima bantuan kuota Kemendikbud, biasanya akan mendapatkan pesan dari operator mengenai bantuan tersebut. Namun, Anda juga bisa mengeceknya pada cek layanan operator yang Anda gunakan. Berikut telah rangkuman menganai cara mengecek kuota bantuan kemendikbud.

  1. Bagi pengguna operator telkomsel yang meliputi simPATI, KARTU As, dan Loop dapat melakukan pengecekan kuota melalui aplikasi myTelkomsel atau panggilan *363#.
  2. Pengguna operator AXIS dan XL dapat mengecek bantuan kuota internet melalui panggilan *123*7*1#.  Anda juga bisa menggunakan aplikasi Axisnet bagi pengguna kartu Axis dan aplikasi myXl bagi pengguna operator Xl.
  3. Bagi Anda yang menggunakan operator indosat, Anda dapat mengecek bantuan kuota internet melalui aplikasi myIM3 atau melalui panggilan *123*075#.
  4. Terdapat 3 cara mengecek bantuan kuota internet bagi pengguna kartu 3. Diantaranya dapat melalui aplikasi Bima+, melalui panggilan *123*10*3#, atau juga bisa melalui SMS dengan menggunakan format INFO KUOTA dan mengirimkanya ke nomor 234.
  5. Penguna operator Smrtfren dapat mengecek bantuan kuota internet dengan menghubungi *995#. Anda juga dapat mengecek melalui aplikasi mySmartfren

Itulah informasi mengenai bantuan kuota Kemendikbud. Dengan adanya bantuan bantuan kuota internet dari Kemendikbud berguna untuk menunjang kegiatan belajar agar lebih maksimal. Oleh sebab itu, bagi penerima bantuan semoga dapat menggunakanya dengan bijak. Semangat terus untuk belajar.