Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaJenis Software Internet, Kenali Untuk Berbagai Kebutuhan!

Jenis Software Internet, Kenali Untuk Berbagai Kebutuhan!

Jenis Software Internet, Kenali Untuk Berbagai Kebutuhan! Saat ini, internet seolah sudah menjadi kebutuhan primer sebagai masyarakat. Semua kalangan mulai dari anak-anak hingga kalangan lanjut usia tak lepas dari akses global tersebut. Berbagai informasi dan hiburan menarik bisa Anda dapatkan melalui internet.

Untuk bisa mengakses internet, Anda butuh perangkat lunak atau dengan nama software. Tanpa software, Anda tidak bisa mengakses internet untuk memcari informasi yang Anda butuhkan. Secara garis besar, ada dua jenis software, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi.

Untuk lebih jelasnya tentang kedua software tersebut, simak ulasan berikut.

Software Sistem Operasi

Software ini pertama kali Anda instal dan Anda terapkan pada perangkat keras komputer. Tujuan dari software ini adalah untuk menjembatani software-software yang bukan sistem operasi. Maka dari itu, dalam sebuah sistem komputer, software ini menjadi dasar operasinya.

Sebelum melakukan koneksi internet, Anda membutuhkan sistem operasi sebagai jenis software internet. Tanpanya, tidak akan berguna sistem operasi yang ada pada komputer. Berikut beberapa contoh sistem operasi untuk mengakses internet:

– Microsoft Windows versi (95, 97, 98, 2000, ME, Vista, Seven, Eight, Ten).

– Linux versi (IGOS, Mandriva, OpenSuSE).

– Macintosh (Mac OS X, Mac OS 8, Mac OS 9).

– Android (Eclair, Froyo, Jelly Bean, KitKat, Gringerbread, Cupcake, Donut, Honeycomb, Cream Sandwich).

Software Aplikasi

Untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu, Anda tentu memerlukan software aplikasi. Adapun jenis software aplikasi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Aplikasi web browser

Software untuk berinteraksi dan menampilkan dokumen atau file yang disediakan oleh server web. Web atau yang kita kenal dengan WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan jaringan multi media danĀ  dokumen teks yang saling tersambung. Beberapa software untuk mengakses internet yaitu Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari, dan Google Chrome.

Aplikasi Optional (Add On)

Tak hanya sistem operasi dan aplikasi web browser saja untuk mengakses internet, tetapi juga terdapat juga perangkat lunak yang optional. Aplikasi Optional ini menjadi tambahan atau pilihan pada aplikasi utama yang telah disebutkan. Tanpa aplikasi ini pun, Anda tetap bisa mengakses internet. Sebab, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai tambahan saja.

Berikut beberapa aplikasi optional saat Anda ingin mengakses internet:

– Aplikasi Email, yaitu fasilitas untuk mengirim dan menerima surat elektronik atau via internet.

– Untuk Chatting, yaitu layanan percakapan dengan orang lain secara online di internet.

– Aplikasi Telephone Video Calling, yaitu telepon yang mamou menangkap suara dan video.

– Untuk Pengelola Download, yaitu berfungsi untuk mempercepat atau mempermudah donwload. Misalnya seperti Internet Download Manager (IDM), Download Accelerator Plus (DAP), dan Flash Get.

jenis software internet
Foto : blog dimensidata

Software Utility

Selain terdapat software untuk mengakses internet, ada juga software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk melindungi komputer dan plug in. Perangkat lunak utility ini antara lain yaitu:

– Anti Virus, di antaranya yaitu Bit Defender, Avira, Kaspersky, Norton Anti Virus, AVG, dan Mc Afee.

– Anti Maleware, di antaranya yaitu Norman, Panda Internet Security, Bit Defender Internet security, Comodo Internet Security, Avira Internet Security, dan Avast Internet Security.

– Software  Office, contohnya yaitu Star Office, Open Office, dan Ms. Office.

Demikianlah artikel mengenai jenis-jenis perangkat lunak atau software untuk mengakses internet beserta software pendukung lainnya, yang bisa Anda gunakan untuk keperluan Anda. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER