Jenis Kurma, Mengenal Buah Khas Ramadhan

0
122
Mengenal Jenis Kurma, Buah Khas Ramadhan
Mengenal Jenis Kurma, Buah Khas Ramadhan

Ekspose.ID– Jenis Kurma yang ada di dunia ini sangat beragam. Mungkin tak banyak orang mengetahuinya akan perbedaan antara kurma-kurma tersebut.

Saat Ramadhan tiba, ada banyak ciri khas yang turut menyertai dalam penyambutannya. Salah satunya adalah kudapan yang sering ada saat puasa. Seperti kolak, juga buah kurma.

Memang jenis kudapan tersebut memang ada di hari biasa. Namun rasanya akan jauh lebih nikmat jika menyantapnya saat berbuka puasa.

Berbicara mengenai buah kurma, tahu kah anda kalau buah ini memiliki banyak jenisnya?

Bahkan kurma yang berada di pasaran Indonesia juga ada macamnya sendiri. Memang perbedaannya tidak begitu terlihat secara kasat mata.

Akan tetapi perbedaan ini terletak dalam rasa juga kualitas. Karena itulah nama-nama kurma berbeda satu sama lain untuk memudahkan perbedaannya.

Seseorang pecinta kurma pasti memiliki jenis favoritnya sendiri. Tak hanya dalam soal rasa, ada perbedaan kurma lainnya dalam bidang harga.

Nah jika Anda tengah mencari kudapan terbaik dari bermacam jenis kurma sendiri bisa melihat ulasan berikut. Sehingga Anda tidak akan salah dalam membeli buah kurma pilihan.

Jenis Kurma di Pasaran Indonesia

Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara dengan masyarakat pemeluk agama Islam. Maka tak heran jika saat Ramadhan tiba banyak para warga mencari buah ini. Tujuannya adalah sebagai kudapan untuk berbuka puasa.

Sayangnya tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui akan macam dalam buah ini. Umumnya mereka membeli sekadar kurma saja dan kemudian mengkonsumsinya.

Berikut ini bisa anda dapati berbagai jenis kurma yang mudah ditemukan di pasar Indonesia.

Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

Banyak orang kerap menyebut kurma Ajwa sebagai kurma Nabi. Sebab zaman dahulu, kurma ini kerap nabi Muhammad Saw konsumsi. Rasa dari kurma ini hampir serupa dengan kismis serta tidak begitu manis.

Tekstur yang kurma ajwa ini miliki yaitu lembut saat berada di dalam mulut namun jika di luar terasa kering. Banyak orang mengemukakan pendapat akan khasiat kurma ajwa dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Ambera Kurma

Setelah kurma ajwa, jenis kurma lainnya yang ada di Indonesia adalah kuma Ambera. Buah ini merupakan salah satu jenis terbaik di antara kurma berkualitas tinggi di wilayah Arab Saudi tepatnya Madinah.

Ukuran kurma Ambera juga menjadi alasan mengapa buah ini cukup terkenal. Sebab bentuknya tergolong besar daripada jenis lainnya.

Seperti buah kurma pada umumnya, jenis ambera juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit secara alami. Karena itu tak heran jika masyarakat Madinah kerap mengkonsumsi jenis kurma ambera.

Buah Kurma Barhi

Berbeda dari jenis sebelumnya, kurma barhi ini terkenal akan rasanya yang mencolok. Bahkan para pengkonsumsi kurma Bahri mengatakan rasa buah ini mirip dengan sirup.

Sedangkan pada fisiknya, jenis kurma barhi tergolong paling kecil dan sangat rapuh di antara kurma lainnya.

Tekstur dari kulit dan dagingnya cukup keras dan akan berubah warna menjadi kuning. Lalu dari warna kuning akan terdapat perubahan lagi menjadi coklat sedikit keemasan saat proses pengawetan.

Macam Kurma Dengan Rasa Manis

Perbedaan yang menjadikan adanya banyak jenis kurma juga berupa dari segi rasa. Buah kurma memang terkenal akan rasanya yang manis.

Akan tetapi terdapat macam kurma tertentu yang memiliki rasa lebih manis daripada jenis lainnya. Apa saja macam tersebut? Bisa anda simak sebagai berikut.

Ajwah

Tumbuhan kurma ajwah ini cukup banyak berada di salah satu kota Arab Saudi yaitu Madinah. Berdasarkan riwayat, nabi Muhammad SAW begitu senang mengkonsumsi jenis tersebut.

Bentuk dari kurma ini lebih kecil daripada lainnya. Sedangkan warnanya adalah hitam. Namun meskipun tergolong kecil, kurma ajwah memiliki rasa yang sangat manis.

Ammer Hajj

Selain jenis kurma Ajwah, buah lainnya yang memiliki rasa manis yaitu Ammer Hajj. Daging kurma ammer hajj begitu lembut serta cukup tebal.

Bisanya kurma ini di negara asalnya atau Timur Tengah menjadi sebuah hidangan untuk menyambut tamu yang datang. Tak hanya di Timur Tengah, kurma ammer hajj juga banyak tumbuh di tanah Irak.

Halawi

Deretan kurma yang memiliki rasa paling manis selanjutnya adalah Halawi. Bahkan rasanya tergolong paling manis dan juga melebihi kemanisan jenis lainnya.

Dalam Bahasa arab, penyebutan buah ini yaitu Holwah. Sedangkan arti dari Holwah ini adalah manis.

Thoory

Daging yang terdapat di kurma Thoory bertekstur kering. Bahkan secara keseluruhan buah ini sangat kering.

Saking keringnya pada bagian kulit membuatnya menjadi sangat keras. Tak hanya itu, karena sangat keras membuat jenis kurma Thoory sulit untuk orang konsumsi.

Walaupun kering dan sulit dikonsumsi, tetap saja masih banyak orang yang begitu menyukainya. Penyebutan lain dari kurma ini adalah Thuri.

Di Indonesia sendiri, kurma thoory bisa dengan mudah anda temukan dan gampan menjumpainya di pasar tanah air.

Saidy

Buah khas Ramadahan bernama Saidy ini juga termasuk ke dalam jenis kurma dengan rasa manis. Libya menjadi salah satu negara populer yang banyak tumbuh buah ini.

Tekstur dari daging buah kurma Saidy ini sangat lembut dengan rasa begitu manis.

Kurma yang Baik untuk Kehamilan

Fakta menyebutkan ada banyak manfaat yang bisa tubuh rasakan saat mengkonsumsi kurma. Bahkan ada beberapa jenis kurma yang sangat bagus khususnya untuk para wanita.

Memang semua jenis kurma mengandung berbagai kandungan seperti zat besi, folat, kalsium, vitamin k dan antikosidan dengan manfaat alami masing-masing.

Kandungan serat dengan angka tinggi dalam kurma juga berguna agar melancarkan pencernaan ibu hamil maupun calon bumil ini.

Apalagi kalau wanita tersebut mengkonsumsi sebanyak 7 buah setiap harinya. Maka tak heran jika kurma menjadi salah satu rekomendasi buah untuk ibu yang sedang hamil maupun wanita dengan program kehamilan,

Rekomendasi jenis kurma yang baik untuk program kehamilan wanita adalah muda kuning. Sebab di dalamnya terkandung banyak zat besi sehingga berguna untuk kesuburan pada perempuan.

Kalsium di dalamnya juga berperan sebagai obat alami. Tak hanya untuk perempuan, laki-laki yang mengkonsumsi kurma muda kuning juga bagus untuk meningkatnya kualitas sperma.

Para ahli juga menyepakati hasil penelitian dari jenis kurma kuning ini bisa menjaga kondisi perempuan saat program hamil. Sebab kurma kuning bisa membantu wanita terkena resiko pendarahan.

Buah Kurma Termahal di Dunia

Masih ada lagi golongan jenis kurma lainnya yang menjadi perbedaan antara buah tersebut. Kali ini ada dalam bentuk harga yang pasar tetapkan.

Beberapa di antara mereka harganya tergolong mahal sebab beberapa faktor. Misalnya pertumbuhannya cukup lama dengan tenaga banyak.

Budidaya buah kurma  di Uni Emirat Arab yang menghasilkan harga mahal ada beberpa macam. Yaitu kurma barhi, dabbas, khalas, fard, khenaizi, lulu, juga sheesh.

Sedangkan jenis kurma yang tergolong mahal di pasar internasional juga berbeda. Jenisnya bernama medjool, sukkari, ajwa, deglet noor juga khalas.

Banyaknya macam kurma di dunia ini bisa anda lihat dalam beberapa bidang. Setelah mengetahui macam ini, anda bisa dengan mudah menentukan jenis yang tepat untuk kudapan berbuka puasa.