Jenis Jenis Asteroid dan Ciri Khasnya

0
159
Jenis jenis asteroid dan ciri khasnya

Ekspose.ID – Jenis jenis asteroid dan ciri khasnya. Asteroid merupakan benda langit yang berukuran lebih kecil dari planet, memiliki tekstur padat, serta berada pada sistem tata surya.

Asteroid sendiri memiliki beragam jenis dengan ciri dan ukurannya masing-masing. Nah, buat Anda yang masih penasaran, berikut ini ulasan mengenai jenis jenis asteroid beserta ciri khasnya.

Cleopatra

Sama halnya dengan planet pada umumnya, Cleopatra memiliki bulan tersendiri, bahkan dua bulan sekaligus, yakni Cleoselene dan juga Alexhelios. Memiliki bentuk yang cukup aneh, yaitu tulang anjing.

Panjang Cleopatra mencapai 217 kilometer, dengan lebar 81 kilometer, serta tinggi 94 kilometer. Sedangakan kedua bulan Cleopatra memiliki ukuran diameter antara 3 km hingga 5 km.

Toutatis

Dengan sebutan menyerupai dewa Celtic, Toutatis merupakan asteroid yang paling aneh diantara jenis-jenis asteroid lainnya.

Hal ini lantaran pergerakan Toutatis tidaklah beraturan, sehingga tak mengikuti porosnya.

Dengan pergerakan yang sembarangan atau bisa dibilang kacau, meski Toutatis berpotensi mendekati Bumi, namun asteroid ini tetap tidak dapat diprediksi kapan datangnya.

Vesta

Merupakan asteroid terbesar kedua dengan ukuran diameter 530 kilometer atau setara dengan 330 mil serta massa yang dimiliki 9% dari kumpulan massa seluruh sabuk asteroid.

Vesta ditemukan oleh seorang astronom bernama Jerman Heinrich Wilhelm Olbers, tepatnya pada tanggal 29 Maret tahun 1807. Selain itu, Vesta merupakan asteroid paling terang.

Interamnia

Memiliki diameter berukuran 350 kilometer dengan jarak yang dimiliki dari matahari berkisar 3.067 (AU).

Ditemukan oleh seorang astronom bernama Vincenzo Cerulli pada 2 Oktober tahun 1990. Oleh Vincenzo asteroid ini diberi nama dengan bahasa Latin.

Interamnia merupakan asteroid paling besar pada urutan kelima, dengan berat massa yang dimiliki berkisar antara 1,2 % dari massa seluruh sabuk asteroid.

Ceres

Ditemukan oleh seorang astronom bernama Giuseppe Piazzi pada awal Januari 1801. Awal mulanya, Ceres dianggap sebagai planet.

Namun pada abad berikutnya tepatnya 150 tahun sesudahnya, Ceres dikategorikan sebagai asteroid.

Ceres memiliki massa 9,45 (950 km) atau kurang lebih 0,04 x 1020 kg. Dengan ukuran diameter yang besar seperti itu, Ceres menjadi asteroid yang terbesar jika dibandingkan dengan jenis jenis asteroid lainnya pada sabuk asteroid.

Hygiea

Asteroid ini Ditemukan pada 12 April 1849 oleh seorang astronom bernama Annibale de Gasparis. Merupakan asteroid yang berada pada sabuk asteroid utama.

Memiliki diameter yang agak membujur dengan kisaran 350 hingga 500 km, serta memiliki massa seberat 2,9 % dari jumlah keseluruhan massa sabuk.

Hygiea merupakan asteroid terbesar keempat dalam hal massa maupun volume. Selain itu, Hygiea mempunyai magnitudo empat order yang lebih redup jika dibandingkan dengan Vesta.

Jika Anda ingin mengamati Hygiea gunakanlah teleskop 100mm atau setara dengan 4 inci, atau dapat juga menggunakan binocular 10 x 50 pada oposisi perihelik.

Itulah ulasan mengenai jenis jenis Asteroid dan Ciri Khasnya. Semoga bermanfaat! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here