Jambu Kristal di Pot, Ikuti Cara Menanam yang Tepat!

0
126
Foto : youtube.com

Cara Menanam Jambu Kristal di Pot – Jambu Kristal merupakan buah dengan rasa yang manis dan daging buah yang tebal. Tidak seperti kebanyakan jambu biji pada umumnya yang memiliki biji yang banyak di tengah. Jambu kristal sangat sedikit kandungan bijinya.

Tak hanya itu harga  jual jambu kristal sangat berbeda dengan jambu biji lainnya. Bisa juga untuk jambu kristal memiliki harga jual yang tinggi. Pada tingkat petani saja harganya bisa mencapai Rp 12.000 per kilogram. Sedangkan di pasaran harganya tentu lebih tinggi lagi yaitu sekitar 15.000 per kilogram.

Karena alasan – alasan tersebut, jambu kristal  tidak hanya menjadi favorit di kalangan masyarakat tapi juga para petani jambu kristal. Dan saat ini, jambu kristal telah berhasil dibudidayakan di tempat yang terbatas seperti pot. Untuk tahu cara menanam jambu kristal di pot, berikut ulasannya.    

Siapkan Bibit

Dalam menyiapkan bibit jambu kristal, Anda harus melakukan cangkok terlebih dahulu. Namun jika Anda kesulitan menemukan tanaman jambu kristal di daerah Anda. Maka Anda bisa memesan bibit jambu melalui media online yang terpercaya. Biasanya harga bibit relatif cukup murah yaitu sekitar Rp 9.000 – Rp 15.000 per bibit.

Media Tanam

Anda bisa menggunakan drum atau planter bag sebagai pot. Setelah itu, campurkan tanah, kompos dan sekam dengan perbandingan 2: 1: 1.

Menanam Jambu Kristal

Sama halnya dengan cara menanam tanaman buah lain, dalam menanam jambu kristal di pot. Maka terlebih dahulu Anda harus menempatkan pecahan genteng di dasar pot, lalu tambahkan sabut kelapa. Setelah itu, masukkan campuran media tanam ke dalam pot sebanyak ½ tinggi pot.

Setelah itu barulah masukkan bibit cangkok jambu kristal ke dalam pot secara tegak lurus. Lalu tutup dan timbun kembali hingga memenuhi pot. Kemudian padatkan dan pastikan campuran media tanam menopang sempurna. Jangan lupa untuk menyiram kembali setelah selesai.

Perawatan

Dalam melakukan perawatan, lakukan penyiraman sebanyak 1 kali setiap hari. Tanaman jambu Kristal juga harus Anda tempatkan di tempat terbuka agar terkena sinar matahari secara langsung. Untuk menjaga tanah agar tidak berjamur dan terhindar dari penyakit, tambahkan domolit pada media tanah.

Selain itu, perawatan lain yang harus Anda lakukan dalam menanam jambu kristal di pot adalah dengan melakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang tidak terlalu baik pertumbuhannya. Hal ini untuk mencegah nutrisi pupuk terambil oleh cabang yang kurang baik tersebut. Selain itu, pemangkasan juga harus Anda lakukan pada batang utama sekunder dengan ketentuan 1 batang sekunder hanya memiliki 3 cabang primer.

Dan 3 cabang primer hanya memiliki 3 tunas baru. Konsep pemangkasan inilah yang akan membuat jambu kristal berkembang optimal dan cepat berbuah.Setelah pemangkasan, jangan lupa untuk tetap memberi pupuk di satu bulan pertama, setelah itu, Anda bisa melakukan pemupukan kembali setelah 2 atau 3 bulan kemudian. 

Ada baiknya pupuk yang Anda berikan adalah pupuk organik atau pupuk kandang, jika Anda harus memberikan pupuk kimia, hendaknya jangan terlalu banyak.

jambu kristal
Foto : floradan fauna.com

Pemanenan

Adapun untuk tanaman jambu kristal, biasanya pemanenan baru dapat Anda lakukan antara 8 bulan hingga 1,5 tahun, tergantung perawatan yang Anda berikan. Sedangkan untuk kriteria  jarak antara bunga buah hingga berbuah dalam menanam jambu kristal dalam pot biasanya memakan waktu selama 4-5 bulan.

Karena jambu kristal bukan merupakan tanaman yang sulit perawatannya, jadi Anda cukup mengikuti beberapa langkah yang sudah terpapar di atas.

Demikian cara menanam jambu krital di pot, semoga ini bisa menjadi referensi Anda dalam membudidayakan jambu kristal di rumah dengan pot. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk terus berbagi jika telah berhasil membudidayakannya.