Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaInilah Jenis Kain Yang Sering Digunakan, Kelebihan Serta Kekurangannya Terkengkap 2021

Inilah Jenis Kain Yang Sering Digunakan, Kelebihan Serta Kekurangannya Terkengkap 2021

Saat ini banyak sekali jenis kain yang di jual di pasar atau toko dengan beragam tekstur serta ciri khas masing-masing yang dimilikinya. Setiap kain memiliki kelebihan serta kekurangan yang cukup variatif dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Nah bagaimana caranya untuk memudahkan anda dalam memilih jenis-jenis kain? Salah satunya adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap kain.

Apalagi ketika anda berbelanja online, dimana memiliki keterbatasan ketika membelinya, meskipun  ada keterangan bahan serta ukuran dari produk yang dijual. Beda lagi ceritanya kalau anda telah mengetahui jenis kain yang ada di produk tersebut, sehingga ada gambaran sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut sera-serbi tentang tips memilih bahan pakaian, jenis-jenis kain, serta kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya.

Tips Memilih Bahan Pakaian Yang Nyaman Digunakan

Sebelum lanjut pada  pembahasan jenis kain, alangkah baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu tips bagaimana memilih jenis pakaian yang nyaman digunakan dan memiliki daya serap keringat bagus. Tidak mau kan, ketika sudah membeli baju atau kain dengan harga mahal dan modelnya bagus, tetapi ternyata tekstur kainnya tidak nyaman digunakan. Alhasil menjadi mubazir, karena tidak jadi dipakai. Anda perlu membaca artikel ini untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut penjelasannya.

Perhatikan Detail Pola Jahitan

Tips pertama saat membeli pakaian adalah dengan memperhatikan detail pola jahitan. Apakah jahitannya bagus atau tidak, hal tersebut juga  berlaku saat membeli bahan pakaian. Disarankan membeli kain yang memiliki kualitas jahitan rapi sehingga ketika dibuat menjadi pakaian akan mudah dibentuk.

Kualitas Bahan

Tips untuk mengetahui kualitas bahan terbaik adalah dengan memperhatikan kelenturan yang dimiliki si kain tersebut. Biasanya bahan pakaian yang berkualitas mempunyai tekstur lembut, jahitannya rapi dan rapat, bahan jatuh, dan ketika kain diremas tidak cepat kusut. Jika anda menemukan ciri-ciri kain tersebut bisa langsung membelinya, karena sudah bisa dipastikan sangat nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Pastikan Kain Tidak Menerawang

Tips ketiga adalah pastikan kain yang anda beli tidak nerawang. Namun pada poin ini bisa anda skip karena tergantung selera serta kebutuhan masing-masing, mau dibentuk model pakaian seperti apa. Akan tetapi, pada umumnya untuk pakaian sehari-hari anda bisa meilih jenis kain yang tidak menerawang. Hal tersebut bisa anda praktekan dengan cara melihat serat pada kain bajunya.

Apabila kain tersebut mengkilap, itu tandanya sudah dicampur dengan banyak bahan polyester, sehingga saat dikenakan menimbulkan rasa panas dan gerah. Selain itu, bahan yang tidak nerawang bisa anda lihat dari tekstur benang pakaiannya, kasar atau tidak.

Perhatikan Warna dan Model Pakaian

Tips selanjutnya adalah perhatikan warna dan model pakainnya, kain yang bagus memiliki tekstur halus, disusul dengan warna yang pekat secara merata, sehingga tidak menimbulkan bercak putih seperti warna pakaian yang cepat luntur. Selain itu, hal yang wajib diperhatikan adalah sesuaikan bahan kain dengan model pakaian yang anda inginkan. Sebagai contoh konsep pernikahan tema garden party, dimana anda diharuskan tampil elegan, cantik, dan anggun.

Anda bisa memilih jenis kain yang terkesan mahal, glamour, serta yang terpenting adalah mudah menyerap keringat, sehingga anda tetap merasa nyaman. Jadi kesimpulannya adalah anda membeli bahan kain sesuai dengan kebutuhanmu, bukan karena harganya mahal lalu di pamerkan ke orang lain.

Jenis-Jenis Kain Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak jenis kain yang ditawarkan di pasaran, mulai dari menjualnya dengan harga murah, sampai pada jenis  kain premium yang tentunya dari segi harga sungguh fantastis. Maka dari itu, anda bisa membelinya sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu anda harus jeli melihat jenis kain yang pas sesuai kebutuhan. Mari ketahui 10 jenis kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian.

Jenis Katun

Jenis kain yang pertama adalah katun, bahan yang seringkali digunakan untuk membuat pakaian, dan harganya relatif murah. Bahan dasar katun adalah berasal dari serat kapas, sehingga nyaman di kulit dan memiliki daya serap keringat yang baik. Jenis katun sering dijadikan sebagai celana, rok, blus, dan lainnya. Seiring canggihnya teknologi yang berdampak pada semua sektor, terutama konveksi, kain katun memiliki ragam jenis dan tidak 100% dari serat alami.

Hal tersebut memudahkan konsumen dalam menemukan bahan pakaian katun yang sudah dicampur dengan polysester dan tentunya masih menggunakan serat kapas alami. Tidak perlu cemas, pencampuran bahan membuat pakaian berbahan katun tetap nyaman digunakan dan bisa menjadi teman beraktivitas. Info tambahan, ada jenis katun yang sangat bagus untuk dijadikan bahan daily outfit, seperti katun ima, katun linen, katun twill, katun toyobo, katun Paris, dan katun Jepang.

Jenis Kain Linen

Dari luar jenis kain linen tampak seperti katun, akan tetapi linen termasuk bahan pakaian yang memiliki kualitas terbaik serta mempunyai karakterstik istimewa. Bahan dasar pembuatan kain linen adalah terbuat dari serat alami tumbuhan rami. Sehingga menimbulkan tekstur lebih halus daripada katun, dan serat kain terlihat lebih jelas sehingga saat digunakan terasa kaku. Hal tersebut tentu mempengaruhi harga jual dan produksi kain linen di pasaran.

Ada beberapa fakta terkait jenis kain linen yakni merupakan jenis kain yang pertama kali digunakan untuk bahan pembuatan pakaian. Tahukah anda semakin sering anda menggunakan pakaian berbahan liner serta merawatnya dengan benar, maka linen semakin nyaman digunakan.

Denim

Jenis bahan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, pasalnya kain denim merupakan bahan pakaian yang terbuat dari serat sangat kuat, tebal, dan tentunya mudah dicuci. Seperti halnya kain katun, denim juga hadir dengan berbagai pilihan warna seperti abu-abu, hitam, dan putih sehingga tidak monoton dengan warna indigo saja. Bahan denim seringkali dijadikan sebagai bahan utama pembuatan jaket, celana panjang, blus, rok, dan casual dress yang memiliki ketebalan kain berbeda-beda.

Sangat disayangkan ketika kain yang berasal dari Negara Perancis ini seringkali oleh kebanyakan orang disebut dengan istilah kain jeans. Perlu diketahui bahwa jeans bukanlah nama kain, melainkan nama sebuah produk desain, yang memproduksi celana panjang dengan bahan dasar denim. Serta dirilis oleh brand terkenal sedunia yakni Levis. Jadi mulai sekarang jangan salah sebut yaa, karena denim dengan jeans berbeda.  

Drill

Bahan drill wujudnya menyerupai kain katun, letak perbedaannya adalah jika kain drill lebih tebal dibandingkan dengan jenis kain linen atau katun. Bahan utama kain drill adalah berasal dari pencampuran tetoron, rayon, dan polyester.

Karakteristik kain drill memiliki tekstur lebih tebal, kaku, sehingga banyak digunakan dalam pembuatan celana, rok, cultte. Kain drill juga seringkali digunakan sebagai seregam pekerja pabrik, dan topi, sehingga cangat cocok untuk pembuatan bottom’

Baby Canvas

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar istilah kain canvas? Bagi pecinta tote bag tentu sudah sangat familiar. Ya betul sekali, teksturnya yang kasar seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan tote bag ataupun sepatu. Memang benar canvas berbahan kasar, tetapi berbeda dengan baby canvas, justru sebaliknya. Anda bisa menggunakan jenis kain baby canvas sebagai daily outfitmu. Itulah pembahasan di artikel kali ini tentang jenis-jenis kain serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat yaa.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER