Senin, September 20, 2021
BerandaTeknologiInilah Cara Termudah Menggunakan Fitur Terbaru Google Meet

Inilah Cara Termudah Menggunakan Fitur Terbaru Google Meet

Baru-baru ini ada kabar baik datang dari Google Meet yang baru saja mengeluarkan fitur terbaru bagi penggunanya. Di era pandemi seperti sekarang ini, mengharuskan kita untuk beraktivitas secara online, misal bekerja melalui sebuah aplikasi, sekolah online,  yang terkadang hal tersebut membuat jenuh para siswa.

Maka dari itu, agar suasana tidak membosankan saat melakukan kegiatan secara online. Dari pihak Google Meet sendiri meluncurkan filter video, efek, dan wajah animasi augmented reality (AR) baru tentu saja baik pengguna Android maupu IOS bisa menikmatinya. Fitur baru tersebut diumumkan oleh pihak Google Meet melalui akun Twitter resminya.

“Add cats, astronauts, jellyfish, and more to your Meet calls. New filters, masks and effect are now available for Meet on Android and IOS. Try it today” Google Meet.

Atau jika diterjemahkan sebagai berikut.

“Tambahkan kucing, astronot, ubur-ubur, dan lainnya ke panggilan Meet kamu. Filter, topeng, dan afek baru kini tersedia untuk Meet di Android dan IOS. Cobalah hari ini,” tulis Google Meet.

Pengertian dan Macam-Macam Layanan Google Meet

Google Meet merupakan sebuah aplikasi berbasis video conference yang bisa digunakan secara gratis melalui browser. Sebelumnya aplikasi ini bernama “Hangouts” dimana fiturnya menawarkan fitur tanpa dipungut biaya dan tentunya lebih menarik dibandingkan aplikasi laiinya. Dengan kelebihan memiliki batas waktu selama 60 menit dan batas maksimum anggota 100 orang.

Beralihnya nama Hangouts menjadi Google Meet ada beberapa ringkasan harga bagi penggunanya yang membutuhkan kapasitas anggota dan durasi waktu yang lebih. Sebagaimana dirangkum dari laman dewaweb.com pada Senen (12/7/2021) berikut penjelasannya

Layanan Google Meet Gratis

Pertama Google Meet menawarkan layanan secara gratis, dimana penggunanya memiliki batasan waktu maksimum selama 60 menit dan jumlah peserta hanya bisa menampung sebanyak 100 orang. Layanan Google Meet yang berbasis secara gratis cocok bagi anda yang melakukan kegiatan online dengan cakupan sempit.

Layanan Google Meet Essential

Layanan Google Meet selanjutnya yang menawarkan paket harga sebesar $8 per bulannya. Berbeda dengan layanan sebelumnya, Google Workplace bisa menghadirkan 150 anggota dan durasi waktu hingga 300 jam. Selain itu, dalam layanan ini juga menyediakan fitur simpan rekaman meeting secara otomatis tersimpan dalam Google Drive. Dan sudah di upgrade ke 100GB dengan di dukung layanan pelanggan 24 jam.

Layanan Workplace Enterprise

Terakhir ada Google Meet Workplace Enterprise. Fitur Terbaru Google Meet adalah Workplace Enterprise, nah untuk harga paket layanan ini tergantung dari masing-masing perusahaan. Kelebihan menggunakan Workplace Enterprise yakni mampu menambah durasi waktu selama 300 jam dan batas anggota hanta 250. Paket ini juga di dukung adanya live streaming ke 10.000 peserta serta keamanan yang terjamin dan pelayanannya bisa digunakan selama 24 jam.

Google Meet mengganti namanya pada bulan Maret tahun 2017.  Awalnya dari pihak Google Meet sendiri membuat aplikasi Hangout hanya digunakan dalam dunia bisnis saja, sehingga target pasarannya cocok digunakan oleh suatu perusahaan. Namun lambat laun aplikasi Google Meet bisa diakses oleh semua kalangan, dan setiap harinya jumlah pengguna semakin banyak. 

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Google Meet

Maka dari itu, semakin banyaknya konsumen yang menggunakan aplikasi tersebut. Dari pihak Google Meet sendiri meluncurkan fitur terbaru yang dengan mudah bisa diakses oleh semua pengguna. Sebagaimana yang ditulis di akun pribadinya, Twitter.

Nah untuk filter animasi sendiri bisa anda temukan melalui ikon Sparkle/Effects yang terletak di kanan bawah layar. Kemudian akan menampilkan beragam efek yang mencakup filter warna dan efek wajah (AR) dalam bentuk animasi.

Namun sayangnya ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan bagi pengguna akun Gmail pribadi. Itu artinya pengguna Workspace ataupun urusan profesional, sehingga pilihannya terbatas seperti opsi latar belakang buram dan virtual. Sebenarnya fitur terbaru dari Google Meet mirip dengan layanan obrolan video Duo Google sebelumnya yang berfokus pada penggunanya.

Lalu bagaimana untuk bisa mengakses fitur baru yang ada di Google Meet? Berikut caranya.

Yang pertama adalah anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi Google Meet di Play Store.  Jika berhasil di instal lalu buka aplikasinya. Kemudian mulai pamggilan pribadi dengan kontak yang ingin anda hubungi. Selanjutnya Klik pada ikon berkilau yang letaknya di kanan bawah layar, lalu pilih fitur tebaru disitu anda akan disajikan beragam pilihan seperti filter, atau topeng AR. Bagaimana sangat mudah bukan?

Fitur Lainnya Di Google Meet

Seperti yang dilansir oleh Kompas.com pada Senin (12/7/2021), Google Meet telah berhasil memperbanyak penggunanya melalui fitur terbarunya. Seperti halnya pada bulan Juni lalu, perusahaan Google Meet menambahkan opsi berupa teks ke streaming. Tidak hanya itu saja, mereka juga merilis fitur Hands Rise (pengangkat tangan).

Dengan adanya fitur ini diharapkan bisa memudahkan pengguna lain melihat tangan yang terangkat selama sesi meeting video. Apalagi bagi anda yang seorang mahasiswa aktif, fitur hand raise cocok digunakan ketika sedang menghadiri webinar atau acara lain.  Kemudian fitur lainnya seperti platform panggilan video juga akan menempatkan kepada penggunanya yang mengangkat tangan ke posisi lebih terlihat selama sesi konferensi berlangsung.

Untuk fitur animasi dapat anda akses  di menu Effects pada bawah layar saat melakukan panggilan. Disitu anda akan disajika opsi seperti filters, styles, blur effects dan background. Nah khusus pilihan menu sytles, pengguna Google Meet dapat menampilan berbagai efek suara, warna, saat melakukan panggilan berlangsung. Sedangkan opsi filter, anda akan diberi layanan untuk menempelkan topeng ataupun aksesoris lucu favoritmu selama virtual via Google Meet. Dengan fitur yang super keren ini membuat meeting semakin hidup dan menghilangkan kejenuhan.

Kelebihan Mengunakan Google Meet

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Meet menjadi salah satu aplikasi berbasis video conference terpopuler di dunia. Penggunanya sudah sebanyak 100 juta ditambah denga  peserta rapat tiap harinya, bisa di bayangkan berapa banyaknya? Nah berikut beberapa kelebihan Google Meet yang menjadi faktor pendukung mengapa aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi.

Integrasi Akun Google

Tahukah anda jika Google menjadi akun pertama untuk pengguna Android yang saat ini beroperasi pada 2.5 miliar perangkat. Tentunya dengan integritas yang dimiliki oleh Google menjadikannya memiliki pengalaman user yang semakin meningkat dalam setiap menggunakan fitur aplikasinya.

Proses Daftar Yang Mudah

Faktor atau kelebih yang kedua dari aplikasi Google Meet adalah saat mendaftarkan diri ataupun mengikuti meeting melalui aplikaisnya hanya membutuhkan wakyu sekitar satu menit. Akan tetapi dengan syarat anda sudah memiliki akun Google sebelumnya.

Ineraksi Yang Sederhana

Lanjut kelebihan yang ketiga adalah saat anda memasuki halaman web atau aplikasinya. Hanya disajikan 2 opsi yakni mulai rapat atau gabung ke meeting. Kesederhanaan inilah yang membuat orang jatuh hati untuk menggunakan Google Meet di setiap kegiatan rapatnya. Sehingga tidak mengharuskan penggunanya untuk ahli ilmu teknologi, karena siapapun bisa menggunakannya.

Tidak Memerlukan Penyimpanan Banyak

Terakhir adalah ukuran dari aplikasi Google Meet sekitar 55.37 MB, sedangkan untuk aplikas sejenisnya bisa membutuhkan ruang penyimpanan sebanyak 155 MB. Apakah anda tertarik untuk mencoba menggunakan Google Meet sebagai sahabat anda dalam video conference? Itulah pembahasan di artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER