Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaInilah 10 Jenis Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin D

Inilah 10 Jenis Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin D

EksposeJATENG.ID– Mengingat keadaan Bumi yang sedang carut marut, membuat kita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Rajin berolahraga, konsumsi ari putih, mengurangi makanan cepat saji, berpikir positif dan tetap waspada. Mengkonsumi makanan yang mengandung banyak vitamin D menjadi rekomondasi bagi kalian untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena tidak semua populasi du dunia memperoleh cukup sinar matahari.

Maka dari itu, banyak dari mereka yang memutar otak bagaimana agar bisa tetap medapatkan vitamin D. Salah satunya yakni dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau dan buah-buahan. Vitamin D sendiri merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak dan menjadikannya yang paling penting untuk fungsi biologis. Kurangnya paparan sinar matahari di pagi hari dan pola makan yang tidak teratur menjadi dua alasan pemuci mengapa anda bisa kekurangan vitamin D. Lantas apa saja sih makanan yang mengandung vitamin D? Yuk simak penjelasannya bersama-sama.

10 Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Melansir dari laman detikhealth.com pada Rabu (14/7/2021) ada sekitar 10 jenis makanan yang terdapat segudang kandungan Vitamin D. Daripada penasaran berikut penjelasannya.

Ikan Salmon

Jenis makanan pertama adalah ikan salmon, siapa sih yang tidak kenal dengan jenis satu ikan ini? Kandungan yang ada di dalamnya tidak perlu diragukan lagi, pasalnya dalam 100 gram ikan salmon terkandung sebanyak 526 IU vitamin D. Dimana hampir memenuhi kebutuhan vitamin D orang dewasa yakni 600 IU. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengkonsuminya?

Jamur

Selanjutnya ada jamur, jenis makanan yang wajib di konsumsi demi memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Berbeda dengan ikan salmon, justru jamur menghasilkan vitamin D2, sementara kalau hewan terdapat kandungan vitamin D3. Meskipun kandungan jamur (vitamin D2) mampu meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, akan tetapi vitamin ini tidak seampuh vitamin D3. Akan tetapi tidak ada salahnya juga untuk mengkonsuminya.

Kuning Telur

Jenis makanan ketiga adalah kuning telur, bagi anda yang alergi dengan makanan seafood. Ada alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Yakni anda bisa mengkonsumsi kuning telur yang dipercaya masuk dalam kategori makanan yang mengandung vitamin D. Di sarankan mengkonsumsi kuning telur dalam keadaan di rebus. Karena kandungan yang ada di dalamnya lebih terjaga.

Seperti yang kita ketahui bahwa selain mengandung vitamin D. Pada kuning telur  juga terdapat kandungan lemak, mineral, dan vitamin. Sedangkan bagian putih telurnya kaya akan protein. Tahukah anda pada satu butir putih telur diketahui banyak menyimpan 37 IU vitamin D.

Ikan Tuna

Jika sebelumnya ada ikan salmon, sekarang ikan tuna yang sama-sama mengandung vitamin D tingggi. Di dalam ikan kalengan tersaji kandungan sebanyak 268 IU vitamin D per porsi, meskipun kaya akan vitamin D. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan tuna kalengan lebih dari 170 gram atau kurang per Minggu. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya penumpukan metilmerkuri dalam tubuh.

Keju

Jenis makanan kelima adalah keju yang termasuk kelompok sumber alami kandungan vitamin D, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Sebagain besar jenis keju terdapat sebanyak 8-24 IU vitamin D per porsi 2 ons (50 gram). Selain itu, kandungan vitamin D yang terdapat dalam keju sangat bervariasi, tergantung dari bagaimana cara keju diproduksi.

Pisang

Kemudian ada pisang yang kaya akan magnesium dimana mampu membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh. Seperti yang dijelaskan di dalam Journal of American Osteopathic Association menjelaskan bahwa penting sekali untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung magnesium. Agar mendapatkan manfaat vitamin D secara optimal.

Susu

Susu sapi dan susu kedelai, kedua jenis tersebut merupakan produk makanan yang banyak mengandung vitamin D. Sementara kandungan susu sapi biasanya sebanyak 115-130 IU per cangkirnya atau setara dengan 237 ml. Nah kalau kandungan yang ada di susu kedelai memiliki kandungan sebanyak 107-117 IU vitamin D atau 237 ml.

Kiwi

Jenis buah-buahan selanjutnya adalah Kiwi, selain mengandung vitamin C buah ini juga kaya akana vitamin D. Apabila anda berencana untuk memperbanyak mengkonsumsi buah, kiwi menjadi rekomondasi penting untuk dijadikan sebagai pilihan.

Brokoli

Kalau jenis makanan ini tidak perlu dipertanyakan lagi, pasalnya brokoli menjadi salah satu sayuran hijau yang memiliki segudang vitamin D. Selain bagus untuk pertumbuhan tulang, brokoli juga mengandung magnesium sekaligus vitamin K yang bagus untuk darah.

Tahu dan Tempe

Meskipun terkesan makanan paling murah, siapa sangka justru tahu dan tempe diketahui sebagai jenis makanan yang mengandung vitamin D. Selain murah serta mudah ditemukan, tahu dan tempe di setiap 100 gramnya mengandung 26 persen vitamin yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap terjaga.

Kebutuhan Vitamin D Setiap Orang Berbeda-beda

Tahukah anda bahwa setiap orang memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda-beda. Selain itu kemampun seseorang untuk bisa memproduksi vitamin D juga tergantung dengan indeks massa tubuh, asupan alkohol, aktivitas fisik, serta polimorfisme reseptor yang ada di dalam vitamin D. Agar bisa memenuhi kebutuhan vitamin D, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan yang sudah di singgung sebelumnya. Sebut saja ada ikan salmon atau tuna kalengan, susu sapi, susu kedelai, kuning telur, brokoli, pisang, kiwi, tahu dan tempe.

Disisi lain apa yang terjadi jika seseorang kekurangan vitamin D? Yakni kurangnya fungsi kekebalan pada tubuh, peningkatan peradangan, dan penurunan sensitivitas insulin yang berpengaruh langsung terhadap kondisi kulit. Padalah fungsi kekebalan tubuh yang buruk bisa melemahkan penghalang kulit, meningkatkan kulit menjadi kering, dan bisa berujung pada infeksi.

Selain itu peningkatan peradangan juga bisa memperburuk kondisi. Seperti timbul eksim, jerawat, dan rosacea. Sedangkan dampak terdapah sensitivitas insulin selalu dikaitakan dengan masalah diabetes.

Manfaat Vitamin D Untuk Kulit

Seperti yang dilansir oleh fimela.com pada Selasa (14/7/2021) fungsi utama dari vitamin D yakni untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh. Berikut akan dijelaskan manfaat vitamin D yang lainnya.

Mengurangi Peradangan Pada Tubuh

Manfaat pertama vitamin D adalah berfungsi untuk mengurangi terjadinya peradangan. Vitamin ini juga dipercaya sebagai anti inflamasi ringan hingga sedang, nah untuk kebutuhan kulit anda bisa menggunakan dalam bentuk krim. Misal eksim, psoriasis, dan vitiligo

Melindungi Kulit

Poin kedua adalah vitamin D bisa melindung kulit, serta dijadikan sebagai steroid yang mampu bekerja di dalam inti sel. Dimana mampu merangsang proliferasi, menstabilkan gen, serta mengatur fungsi.

Mengurangi Kerusakan Pada Lingkungan

Untuk poin ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya, selain mampu melindungi kulit. Vitamin D yang mempunyai sifat antioksidan mampu menghentikan oksidan lingkungan yang akan merusak kulit serta menyebabkan terjadinya penuaaan dini atau mudah munculnya keriput.

Menormalkan Pergantian Sel

Keempat yakni vitamin D telah terbukti mampu menormalkan terjadinya pergantian sel. Serta mencegah penumpukan sel-sel mati yang ada di permukaan kulit dan mengarah pada plak psoriasis. Itulah pembahasan di artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER