Selasa, September 28, 2021
BerandaBerita7 Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Segala Cuaca

7 Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Segala Cuaca

6 Jenis Tanaman Bunga Gantung Tahan Panas yang Bantu Percantik Rumah |  Rumah123.com
rumah123.com

7 Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Segala Cuaca – Tren tanaman hias menjadi booming kembali justru saat pandemi sekarang ini, di mana banyak orang kini lebih sering berada dalam rumah mereka masing-masing.

Untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja, selain bercengkrama bersama keluarga, di antara mereka yang memiliki hobi bercocok tanam, akhirnya kembali menggeluti bidang ini. Seperti mengoleksi tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka.

Bagi beberapa orang dengan rumah yang lahannya terbatas, kesenangan dalam mengoleksi juga terbatas. Ia mungkin tidak bisa memasang banyak pot dan lebih memilih untuk mengoleksi tanaman hias gantung untuk rumah mereka.

Sayangnya, untuk jenis tanaman hias ini, tidak bisa disimpan dalam rumah, tanaman hias ini justru akan lebih cantik jika digantung di luar rumah. Namun, sekali lagi pertimbangan tanaman yang berada di luar rumah, apalagi harus tergantung adalah ia harus juga tahan terhadap panas sinar matahari dan hujan.

Karena jika tidak bisa memilih jenis tanaman gantung ini, tanaman akan mudah mati atau ia tidak dapat tumbuh dengan maksimal. Alih-alih ingin membuat rumah menjadi cantik dengan tanaman hias, mungkin Anda hanya akan mendapati tanaman yang kering.

Untuk itu, jika Anda salah satu pecinta tanaman hias gantung, ada baiknya sebelum Anda mengoleksi tanaman hias jenis ini, yuk simak dahulu apa-apa saja jenis tanaman hias yang cantik saat menggantung di dinding rumah, namun cocok untuk segala cuaca.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Salah satu jenis tanaman hias yang sudah sangat populer sejak dulu adalah Anggrek. Tanaman ini memang sangat cocok dan lebih sering berada tergantung. Selain itu, tanaman ini juga tahan terhadap segala cuaca baik panas sinar matahari ataupun hujan.

Ada banyak varietas dari tanaman hias Anggrek ini, namun untuk lebih mempercantik rumah Anda, ada baiknya Anda memilih bunga Anggrek dari jenis Catleya. Karena bunganya akan tampil sangat menawan dengan menjulur ke bawah apabila dalam posisi tergantung.

Bunga Lobelia

Banyak sekali jenis tanaman bunga yang satu ini, ciri dari tiap jenisnya dapat Anda lihat dari warna bunga yang muncul. Umumnya bunga Lobelia berwarna biru atau kebiru-biruan. Namun, tak jarang peminat tanaman hias gantung ini menyukai warna lain seperti merah, pink atau putih.

Sayangnya, walau bunga ini tahan panas dan hujan, bunga ini cukup sulit perawatannya. Ia harus berada pada media basah dan memiliki jadwal khusus dalam pemberian pupuk dan penyiraman tanamannya.

Jadwal pemberian pupuk harus rutin Anda lakukan setiap enam minggu sekali, sedangkan penyiraman tanamannya harus terus Anda lakukan dua kali sehari saat cuaca sedang panas atau terik. Walau demikian, jika Anda pecinta tanaman hias sejati, sesulit apapun perawatan tanaman hias yang Anda miliki, hal itu justru akan membuat Anda bahagia, bukan?

Tanaman Hias Bunga Fuchsia

Dikenal pula sebagai tanaman Kembang Anting, karena bentuk bunganya yang dapat menjuntai ke bawah bak anting-anting. Selain cantik, tanaman hias gantung ini juga cocok bagi Anda para pemula yang baru ingin memiliki tanaman hias.

Perawatan tanaman bunga Fuchsia ini memang bukan hal yang mudah, namun itu juga bukan perkara yang terlalu sulit. Anda hanya perlu sedikit sabar dan lebih telaten lagi. Karena bunga fuchsia bukan juga bunga yang mudah mekar.

Butuh waktu selama kurang lebih 3 bulan untuk melihat bunga ini benar-benar mekar. Sebelum bunga itu benar-benar mekar, Anda hanya dapat menikmati kuncup bunganya saja. Itulah mengapa bunga ini dikenal dengan Kembang Anting. Dalam hal perawatan, pastikan saja media tanaman hias gantung ini selalu dalam keadaan basah, jika di musim panas.

Tanaman Hias Bunga Million Bells

Tanaman dengan ciri khas yang cukup unik ini, patut menjadi tanaman favorit. Pasalnya ada beraneka warna bunga dalam satu potnya. Anda bisa memilih bunga ini sebagai salah satu koleksi tanaman hias gantung. Karena hanya dengan satu tanaman ini saja, Anda dapat menikmati berwarna warni bunga yang sangat indah.

Selain itu, perawatan dari tanaman ini juga sangat mudah, cukup dengan memperhatikan kandungan air dalam medianya saja, saat memasuki musim kemarau. Selebihnya Anda bebas menyimpan tanaman hias ini di mana saja, karena bunga Million Bells dapat tumbuh dan digantung di mana saja.

Tanaman Hias Bunga Wisteria

Termasuk salah satu jenis tanaman yang cukup terkenal di Jepang ini, memang punya ciri khas merambat di dinding. Warna bunganya yang biru, putih keunguan dengan panjang yang bisa mencapai tiga puluh meter ini, dapat tumbuh lebat saat musim semi di Jepang datang.

Walau begitu, tanaman hias gantung ini juga dapat tumbuh subur di Indonesia yang beriklim tropis, tentunya dengan perawatan yang tepat. Salah satu cara perawatan yang tepat terhadap bunga Wisteria ini adalah dengan menaruhnya pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Namun, jangan terlalu lama, cukup enam jam saja, setelah itu Anda bisa pindahkan kembali bunga ini ke tempat yang lebih sejuk. Memilih tanaman bunga ini untuk menghiasi halaman depan rumah Anda sangatlah tepat, karena bunga ini akan terlihat indah dan elegan saat tengah mekar.

Tanaman Hias Jenggot Putih

Menjuntai putih ke bawah dengan panjang bisa mencapai enam meter, merupakan ciri khas dari tanaman hias yang satu ini. Keunikannya itu yang membuat pecinta tanaman hias tidak bisa mengabaikan jenis tanaman yang satu ini untuk menghiasi rumah mereka. Tidak ada bunga pada tanaman ini, hanya daunnya yang runcing dan agak putih. 

Sekalipun terlihat seperti jenggot putih panjang, namun tanaman hias gantung ini tidak menyeramkan sama sekali. Karena sebenarnya warna putihnya bercampur dengan hijau, jika tanaman ini mendapat air yang cukup.

Namun, apabila kurang air warnanya akan berubah menjadi keabuan hingga akhirnya layu dan mengering mati. Jadi, untuk perawatannya, cukup disiram, paling tidak dua hari sekali agar tidak layu.

Tanaman Hias Kaktus Anggur

Nama kaktus anggur karena tanaman ini merupakan jenis kaktus yang bisa tahan pada cuaca panas tanpa harus sering disiram air. Tidak seperti kebanyakan tanaman kaktus lainnya yang memiliki duri pada batangnya, tanaman ini justru memiliki batang yang bulat lonjong.

Hal ini sekilas membuatnya mirip seperti untaian buah anggur. Itulah sebabnya mengapa tanaman hias gantung ini dinamakan kaktus anggur. Untuk perawatan tanaman ini sangatlah mudah, saat musim kemarau Anda hanya cukup menyiramnya 1 minggu sekali saja atau 2 hari sekali dengan sedikit air saja.

Demikian beberapa tanaman hias gantung yang sangat indah untuk menghiasi halaman rumah Anda. Sekalipun Anda baru mulai menghiasi halaman rumah dengan aneka tanaman hias, namun percayalah pengalaman baru ini, akan membuat Anda lebih bersemangat.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER