Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaHosting: Pengertian Hosting, Kegunaannya, dan Jenis-Jenisnya Terlengkap 2021

Hosting: Pengertian Hosting, Kegunaannya, dan Jenis-Jenisnya Terlengkap 2021

Apakah anda pernah mendengar pengertian hosting? Apakah justru sebelumnya sudah pernah membuat atau bahkan sedang menggunakan blog atau website? Jika sudah, tentu saja anda tidak asing lagi dengan pengertian hosting dan jenis-jenisnya. Bagi yang belum paham dan baru mulai mencoba, tidak perlu merasa minder pasalnya di artikel kali ini akan menjelaskan secara singkat apa itu hosting.

Karena masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan antara webstite dengan hosting. Padahal bagi kebutuhan bisnis, setiap perusahaan pasti memanfaatkan hosting agar dapat mengelola websitenya dengan baik serta dikenal oleh banyak pengguna internet. Maka dari itu, hosting sangat diperlukan demi suksesnya suatu perusahaan. Apa saja sih kegunaan fungsi hosting dan apa saja jenis-jenisnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Hosting?

Pengertian hosting merupakan layanan berbasis online yang memiliki fungsi untuk mengelola aplikasi web atau data situs oleh pengguna dan nantinya ditampilkan lewat via internet. Sedangkan file yang tersimpan di hosting biasanya berupa script, video, gambar, email, database (basis data), dan aplikasi. Lalu bagaimana caranya untuk mengakses data di sebuah situs? Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menuliskan nama domain atau kata kunci pada halaman mesin pencari (Google).

Jika anda masih bingung, kami akan menganlogikan website sebagai perpustakaan. Dimana hosting memiliki peran sebagai tanah bangunan. Sedangkan domain berserta Internet Protocol (IP) merupakan buku di perpustakaan tersebut. Jadi kesimpulannya domain memberikan identitas pada suatu web dengan tujuan untuk mencegah terjadinya duplikasi. Maka dari itu bisa diartikan tujuan penggunan hosting sebagai penyimpanan data website dan menyimpan segala informasi.

Kegunaan Hosting

Setelah anda paham tentang apa itu hosting, lanjut pada pembahasan mengenai kegunaan hosting secara umum. Salah satu kegunaannya adalah sebagai pengembangan website (bersifat personal, kelompok) di perusahaan atau company. Berikut merupakan kegunaan dari penggunaan hosting.

Membuat Halaman Website

Fungsi pertama hosting adalah digunakan untuk membuat sebuah situs dimana di dalamnya banyak menyimpan informasi dan dokumen terkait bisnis atau pengguna. Sehingga ketika anda menggunakan paket hosting, secara otomatis halaman web akan segera ditampilkan pada kolom search engine. Dengan begitu memberikan kemudahan bagi pengunjung saat mengaksesnya melalui internet.

Membantu Mengembangkan Jual Beli Online

Apabila anda memiliki keinginan untuk jualan online, pertama harus membuat website toko online atau disebut dengan ecommerce. Maka dari itu anda harus menggunakan layanan paket hosting terlebih dahulu, sehingga setiap infromasi yang anda cantumkan dengan mudah dibaca oleh mesin pencari. Pengembangan website toko online sudah dipercaya mampu mendatangkan banyak konsumen dan lebih dikenal oleh publik. Jadi, sebelum anda merintis bisnis online, jangan lupa untuk menggunakan paket hosting agar usahanya semakin berkembang.

Membuat Email

Kegunaan hosting yang ketiga adalah digunakan untuk membuat email profesional atau email perusahaan. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kreadibilitas bisnis yang sedang anda jalani agar lebih terlihat profesional dan benar-benar di percaya oleh masyarakat. Sebagai contoh nama emailnya inovasi@nama_domain_anda.com. Pastikan sudah memiliki nama domain dan hosting sebelum membuat email.

Melindungi Website

Kegunaan hosting terakhir adalah mampu melindungi alamat website dari serangan virus jahat, malware terindikasi DDOS, serta spam. Maka dari itu, dengan anda menggunakan hosting dan memasang SSL (Secure Socket Layer) web yang anda miliki akan aman dan berkerja secara optimal.

Jenis-Jenis Hosting

Pembahasan selanjutnya adalah tentang jenis-jenis hosting yang sangat seru untuk dibahas, karena tidak terlepas dari aktivitas sehari-hari. Apalagi anda adalah seroang pembisnis atau suka dunia kepenulisan sehingga mengharuskan anda untuk menggelutinya. Berikut jenis-jenis hosting dan pengertiannya.

Cloud Based Hosting

Jenis pertama yakni Cloud Based Hosting merupakan paket hosting yang paling banyak diminati oleh pengguna website karena tidak pernah mengalami downtime. Selain itu, jenis ini menggunakan sistem kerja berkelompok dan resource yang mudah direaplikasi di setiap server. Jadi apabila salah satu server anda mengalami gangguan atau sibuk, secara otomatis trafik situs anda langsung di route menuju server lain dalam suatu klaser. Hal itulah yang menjadi alasan pengguna lebih memilih Cloud Based Hosting.

Dedicated Hosting

Selanjutnya ada jenis Dedicated Hosting yaitu paket server yang menawarkan kepada penggunanya mampu mengontrol secara maksimal terhadap layanan hosting yang sedang digunakan pada website anda. Dari segi pengunannya bersifat fleksibel, dan mampu mengoperasikan antara software dengan sistem operasi yang akan digunakan.

Shared Hosting

Kemudian jenis yang ketiga adalah Shared Hosting merupakan paket hosting bersifat tradisional, dimana membagi satu server untuk server yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan server tersebut. Kelebihan dari jenis Shared Gosting adalah harganya yang sangat terjangkau, dan cocok diaplikasikan pada website sedehrna ataupun situs blog.

WordPress Hosting

Jenis terakhir adalah WordPress Hosting, bentuk lain dari Shared Hosting dan dirancang khusus bagi pengguna WordPress. Kelebihan jenis ini menampilkan fitur pre-installed plugin dan sudah di konfigurasi secara optimal. Selain itu, WordPress Hosting juga menyediakan fitur tambahan lainnya seperti drag-and drop page builder, pre-designed, dan tool developer yang dirancang secara spesifik.

Kelebihan Setiap Jenis-Jenis Hosting

Setiap jenis hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan tujuan memudahkan penggunanya dalam mengembangkan website. Berikut ulasannya terkait kelebihan setiap jenis hosting.

Shared Hosting

Untuk jenis Shared Hosting memiliki kelebihan seperti harganya yang relatif lebih murah, mudah digunakan khususnya bagi pemula, memiliki kontrol panel yang bersifat intuitif, Pre-configured server, dan maintenance dan administrasi server menjadi tugas penyedia hosting.

Sedangkan untuk kekurangan jenis Shared Hosting adalah tidak mampu mengontrol konfigurasi server, kalau trafik sedang tinggi pada website pengguna lain maka hal tersebut langsung mempengaruhi kinerja situs yang anda miliki. Tentu hal ini sangat merugikan sendiri serta pengguna lain sehingga menghambat perkembangan website.

Cloud Hosting

Nah kalau jenis yang satu ini adalah hosting yang sering digunakan oleh pengguna, karena hampir tidak pernah mengalami downtime. Adapun kelebihan Cloud Hosting yakni tidak ada downtime, lebih scalable daripada VPS, sistem pembayaran sesuai dengan yang digunakan, alokasi resource sesuai permintaan anda, jika mengalami server error tidak mempengaruhi situs anda ataupun situs yang lain.

Untuk kekurangan jenis Cloud Hosting adalah biaya sulit diperkirakan, serta akses root tidak selalu tersedia pada jenis ini. Namun, jika dari segi sistem kerjanya bisa dikatakan sangat bagus dan tentunya mampu memberikan pengaruh besar terhadap website yang anda miliki.

WordPress Hosting

Jenis ini merupakan bentuk lain dari Shared Hosting, meskipun begitu dari kelebihan serta kekurangan keduanya sangat berbeda. Kelebihan yang dimiliki oleh WordPress Hosting adalah harga murah, bersifat one-click WordPress installation, di desain untuk pemula, performa cepat, memiliki plugin dan tepa WordPress yang bersifat pre-installed. Kekurangannya adalah masalah bisa muncul kapan saja dan membuat server menjadi eror.

Dedicated Hosting

Kelebihan yang dimiliki dedicated hosting adalah memiliki kontrol penuh terhadap konfigurasi server, keamanan sangat terjamin. Akses root ke server, tidak perlu membagi resource ke pengguna lain. Sedangkan kekurangannya adalah biaya terlalu mahal, bagi penggunanya diharuskan menguasai teknis terkait manajemen server. Itulah pembahasan menganai apa itu hosting, kegunaan hosting, jenis-jenis hosting, dan kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER