Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaGempa Bumi Mengguncang Wilayah Bengkulu

Gempa Bumi Mengguncang Wilayah Bengkulu

Minggu (27/6/2021) pukul 22.56 WIB telah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 melanda Kabupaten MukoMuko, Bengkulu. Meskipun getaran gempa tidak berpotensi tsunami, tetap saja membuat masyarakat resah. Berdasarkan hasil analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dipantau langsung oleh ANTARA di Jakarta. Posisi titik episentir gempa terletak pada 3,02 lintang selatan dan 101, 01 bujur timur. Serta pusat getaran gempa berada di Barat Daya Mukomuko pada kedalaman 22 kilometer.

Melalui akunny, BMKG menulis info penting bagi masyarakat sekitar agar tidak panik dan tetap waspada. “Info gempa dirasakan mag:5.0, lokasi: Pusat gempa berada di laut 50 km Barat Daya Mukomuko, waktu: 27 Juni 2021 pukul 22:56:11 WIB, dengan kedalaman 22 km. Gempa ini dirasakan (MMI): II Mukomuko, II-III Kota Bengkulu, II Bengkulu Utara, I-II Kepahiang,” tulis @infoBMKG.

Sampai sekarang ini belum ada laporan mengenai dampak gempa yang terjadi di Bengkulu. Selain informasi terkini yakni getaran gempa dirasakan di wilayah Mukomuko skala III MMI, Bengkulu dan Bengkulu Utara II MMI dan Kepahlang I-II MMI. Itu artinya getaran gempa hanya di rasakan beberapa orang dan tidak memicu terjadinya potensi tsunami.

Penyebab Gempa Bumi

Pada umumnya penyebab gempa bumi dikarenakan adanya pergerakan lempeng bumi atauy kerak bumi. Sementara berdasarkan BKMG gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba dengan ditandai adanya patahan lapisan batuan kerak bumi. Untuk akumulasi energi penyebab terjadinya gempa bumi dihasilkan oleh adanya pergerakan lempeng-lempek tektonik.

Energi yang dihasilkan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa bumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi. Diperkirakan setiap tahunnya akan terjadi gempa bumi sebanyak 500 ribu. Sejarah mencatat gempa bumi terdahsyat terjadi di Chile pada tanggal 22 Mei 1960. Dimana pada saat itu kekuatan gempa bumi sekitar 9,5 Skala Richter.

Memahami tentang gempa bumi sangat diperlukan sebagai bekal untuk bisa bertindak dengan tepat. Salah satunya dengan belajar apa saja penyebab gempa bumi,  berikut penjelasannya.

Pergesaran Lempeng Bumi

Penyebab gempa bumi yang pertama adalah terjadinya pergeseran lempeng bumi yang dipengaruhi oleh pelepasan sejumlah energi besar. Selain pergeseran lempeng bumi, gempa juga terjadi dikarenakan adanya gerak lempeng bumi yang saling menjauhi satu sama lain. Hal tersebut disebabkan karena ketika dua lempeng bumi bergerak saling menjauh, akan membentuk lempeng baru di antara kedunya.

Pergerakan Magma Gunung Berapi

Penyebab gempa bumi kedua adalah pergerakan magma yang terjadi di dalam gunung berapi. Jika sudah seperti itu maka akan terjadi letusan gunung berapi.

Penumpukan Masa Air Yang Besar

Beberapa gempa bumi yang terjadi disebabkan karena adanya penumpukan masa air dalam jumlah besar di balik dam, seperti Dam Karibia di Zambia, Afrika.

Bahan Peledak

Penyebab gempa terakhir adalah terjadinya peledakan bahan peledak, dan penyebab yang satu ini dipengaruhi oleh manusia seperti seismisitas terinduksi. Itulah seputar informasi mengenai gempa bumi, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER