Gagal Dalam Bekerja? Bangkitlah Dengan Cara Ini!

0
120
Foto : the conversation

Gagal Dalam Bekerja? Bangkitlah Dengan Cara Ini! Dalam sebuah pekerjaan, tentu anda akan selalu menemui berbagai macam problema yang tidak hanya sekali dua kali anda rasakan. Hal ini menjadi wajar, sebab tidak ada satupun jenis pekerjaan yang bisa berjalan mulus. Beberapa problema pasti akan menyebabkan seseorang termasuk anda akan mengalami kegagalan dalam sebuah pekerjaan. dan hampir setiap orang yang bekerja pernah berada dan mengalami hal ini.

Lantas, apakah anda lalu berhenti saat anda gagal dalam bekerja? Jika anda berhenti, maka anda telah melakukan kesalahan yang sangat fatal. Menyerah pada kegagalan berari sama saja telah menolak sebuah kesuksesan. Sebab, bisa jadi di balik rintangan berat yang saat itu anda alami, anda sebuah kesuksesan yang sudah menanti.

Perbaiki Semuanya Dan Mulai Bangkit

Saat anda sedang mengalami sebuah kegagalan, tentu satu-satunya hal yang terbesit di pikiran anda hanyalah menyerah dan berhenti. Inilah yang menyebabkan banyak sekali pekerja yang gagal mendapatkan kesuksesan. Padahal jika anda mau sedikit merubah mindset dan kembali bangkit, mungkin akan menjadi lain ceritanya. Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa membuat anda bangkit dari kegagalan:

Jadikan pengalaman

Sebuah penyebab gagal dalam bekerja adalah adanya kesalahan. Entah kesalahan yang sengaja atau yang tidak anda sengaja. Dari kesalahan inilah anda akan mendapatkan pengalaman, dan saat anda bangkit jangan sampai anda mengulangi kesalahan yang pernah terjadi.

Bila perlu, anda bisa mencatat kesalahan yang pernah anda perbuat. Setelah itu, anda bisa melakukan berbagai macam observasi yang anda rasa bisa mengatasi kesalahan yang pernah anda lakukan. Tidak jarang para orang-orang sukses melakukan hal ini saat berada di posisi gagal tersebut.

Positive thinking

Segala hal yang baik selalu berasal dari pemikiran yang baik pula. Saat anda gagal dalam bekerja, jangan pernah anda memikirkan hal-hal yang buruk yang bisa membuat anda semakin terpuruk karena kegagalan anda. Usahakan untuk selalu berpikir yang jernih dan jangan menyalahkan diri sendiri. Semakin anda berfikir negatif tentang diri anda sendiri, maka usaha anda untuk bangkit akan sia-sia.

Upgrade rencana

Untuk mendapatkan sebuah kesuksesan itu tidak hanya berasal dari satu jalan saja. Terus modifikasi dan kembangkan rencana anda, jika masih gagal maka perlu anda evaluasi. Dan yang paling penting adalah anda harus tebal muka (jangan gampang malu) saat anda gagal dalam bekerja.

gagal dalam bekerja
Foto : kompas lifestyle

Tentu ejekan dan cemoohan akan anda dapatkan, namun kesuksesan itu ada di tangan anda sendiri dan bukan ditentukan oleh orang lain. Saat anda berada pada kondisi ini, anda hanya akan mempunyai dua pilihan. Pertama anda akan semakin terpuruk karena rasa malu dengan ejekan orang, atau yang kedua anda akan bangkit dengan rencana baru untuk membungkam para pengejek anda dengan membuktikan bahwa anda bisa sukses.

Gagal dalam bekerja bukanlah sebuah hal fatal yang perlu anda sesali dan fikirkan dalam-dalam. Hal itu sudah lumrah, dan tidak hanya anda yang megalaminya. Anda hanya perlu menjadikan beberapa hal diatas sebagai stimulus untuk membuat anda bangkit lagi. Perluaslah pergaulan anda dengan orang-orang yang sudah lebih dulu sukses. Untuk sekedar sharing dan mendapatkan nasehat dari mereka. Yang terpenting adalah, saat anda gagal dalam bekerja maka jangan pernah takut dan ragu untuk terus mencoba dan melanjutkan apa yang menjadi tujuan utama anda.