Dogecoin, Awalnya Lelucon Kini Bernilai Tinggi

0
188
Dogecoin, Awalnya Lelucon Kini Bernilai Tinggi
Dogecoin, Awalnya Lelucon Kini Bernilai Tinggi

Ekspose.ID – Dogecoin awalnya tidak banyak orang mengetahuinya. Namun belakangan ini justru menjadi sebuah perbincangan hangat khususnya di kalangan warganet.

Karena itulah banyak orang kini bertanya-tanya akan tentangnya. Sebab belum banyak orang mengetahui secara pasti akan asal usulnya.

Perlu anda ketahui awalnya keberadaan mata uang tersebut merupakan bahan candaan. Akan tetapi kemudian malah menjadi nyata dengan bentuk cryptocurrency.

Elon Musk menjadi orang yang mengakibatkan mata uang tersebut menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Mulanya Elon Musk juga Snoop Dogg mengunggah sebuah cuitan di twitter.

Cuitan tersebut berupa Business Insider yang menyebutka akan kepopularitasnya. Dan tak lama kemudian mata uang satu ini meroket.

Jika anda tertarik akan halnya sampai boleh jadi tertarik untuk berinvestasi boleh-boleh saja. Namun perlu ketahui akan pengertian, sejarah bahkan kelebihan juga kekurangannya. Anda juga bisa melakukan investasi dalam Dogecoin secara lengkap berikut ini.

Ketahui Definisi Tentang Dogecoin

Sebelum anda memutuskan mengetahui agar bisa berinvestasi dalam Dogecoin, ketahui terlebih dahulu mengenai definisinya.

Berdasarkan situs resmi, ini merupakan bentuk mata uang digital atau dengan kata lain cryptpcurrency. Dengan mata uang ini, anda bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi baik itu membeli barang. Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan penukaran dengan mata uang lainnya.

Agar bisa melakukan penukaran tersebut anda bisa menggunakan teknologi berupa dompet digital. Selain itu anda bisa mengakses dompet digital tersebut melalui perangkat elektronik seperti komputer, laptop maupun ponsel pintar.

Untuk melakukannya anda bisa mengungjungi website resmi secara langsung. Konsep yang hadir dalam mata uang tersebut faktanya tidak beda jauh dengan e-wallet yang hadir di sekitar kita. Sebab wadah atau tempat menyimpan uang dalam Dogecoin tidaklah berbentuk fisik.

Malah dompet yang menjadi tempat penyimpanan uang di sini berbentuk digital secara utuh. Selain berguna untuk membeli barang maupun menukar dengan mata uang, ada manfaat lain darinya. Bahkan banyak orang menggunakan sebagai sistem distribusi like.

Cara kerjanya pun sederhana. Misalnya jika ada seseorang yang sudah membuat sebuah konten cukup menarik. Kalau anda ingin, bisa memberikan mata uang tersebut sebagai bentuk dukungan. Hal inilah yang disebut dengan pengganti fitur suka. Sehingga penggunannya juga bisa berguna sebagai transaksi.

Pasti penggunaanya cukup menarik minat banyak orang. Dengan demikian anda tidak sekedar menekan like semata. Malahan memberikan dukungan dalam bentuk lebih bermanfaat dari lainnya.

Sejarah Keberadaannya

Melalui uraian di atas pasti kini anda sudah mengetahui akan Dogecoin ini beserta apa saja kegunaannya. Sekarang anda juga bisa mengetahui akan sejarah tentang keberadaanya.

Di bagian awal, ada pernyataan bahwa mata uang digital sebagai cryptocurrency ini adalah bahan candaan. Namun kemudian candaan ini malah menjadi serius di mata orang banyak.

Berdasarkan Business Insider, awal keberadaannya mulai di tahun 2013. Kala itu Billy Markus yaitu software engineer asal IBM beserta Jackson Palmer dengan profesi serupa dari Adobe tengah membicarakannya.

Asal istilah Dogecoin dari campuran dua topik hangat kala itu. Istilahnya berupa Bitcoin yang merupakan mata uang dan juga asalanya dari sebuah meme yaitu ‘doge’.

Walaupun awal mulanya tidak begitu serius, namun para warganet nampaknya cukup antusias menyambut keberadaan ide tersebut. Kemudian orang-orang tersebut mematangkan awalan ide tersebut hingga muncul istilah Dogecoin di bulan Desember 2013.

Cara Memperoleh Jenis Mata Uang Digital

Mungkin sebagian besar dari anda bertanya-tanya cara mendapatkan Dogecoin tersebut. Sejak awal sudah diinformasikan bahwa bisa membayar sebuah konten favorit dengan mata uang ini.

Cara mencapai dan melakukannya adalah dengan bergabung kedalam komunitas berisi pemakai mata uang secara daring.

Bukan Cuma itu saja, anda juga dapat membelinya atau melakukan mining. Juga bisa melakukan pertukaran dengan rupa uang biasa ataupu dalam bentuk cryptocurrency. Serta masih banyak cara lainnya agar bisa mendapatkan Dogecoin,

Ada pula opsi untuk memilikinya secara gratis tanpa biaya sedikitpun. Pihak pemberinya adalah sebuah situs bernama faucet. Anda cukup mempelajari akan dasar-dasar mata uang ini di dalam website tersebut.

Kalau anda hendak mempelajari tata cara penggunaannya atau bertransaksi secara lebih lanjut bisa mengunjungi halaman resmi Dogecoin.com. Di sana akan ada banyak instruksi seperti pembuatan akun atau dompet, menjual, membeli dan melakukan segala hal dengan mata uang tersebut.

Dengan demikian anda pasti sudah tidak penasaran terhadap bentuk dompet digital satu ini. Selain itu anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam pemberian reward terhadap konten kesukaan.

Pastinya terkadang anda menyukai sebuah postingan dan hendak memberikan apresiasi dalam bentuk lain bukan hanya sekedar like. Mata uang seperti cryptocyrrency ini dapat anda hadiahkan kepada para pembuat konten. Dengan begitu mereka bisa lebih bersemangat dalam membuat konten bermutu sehingga patut mendapatkannya.

Kelebihan Beserta Kekurangan

Keberadaan apapun pastilah adanya kekurangan beserta kelebihan di dalamnya. Hal tersebut juga berlaku dengan Dogecoin. Bahkan keberadaannya kini sering disebut sebagai bentuk masa depan dari dompet digital.

Adapun kelebihan yang mata uang digital satu ini bisa anda bandingkan dengan jenis kripto lainnya. Kelebihan yang ada adalah tidak terdapat batasan akan jumlah koin. Mereka memproduksi koin dengan jumlah tidak terbatas dalam sistem tersendiri.

Tetapi dengan kelebihan tersebut tak membuatnya luput dari adanya kekurangan. Adapun kekurangan darinya adalah rentannya perubahan terjadi. Hal tersebut dikemukakan oleh Wall Street Journal.

Kekurangan tersebut memang serupa dengan jenis cryptocurrency lainnya. Hal tersebut berupa bisa saja dalam suatu hari nilai Dogecoin mengalami peningkatan cukup signifikan berdasarkan nilai juga harganya.

Kemudian bisa saja keesokan harinya secara tiba-tiba mengalami penurunan yang tegolong anjlok sebab beberapa faktor. Adapun faktor tersebut bisa saja berupa news, competitor mata uang lainnya sedang meroket atau kejadian lainnya sehingga ketetapan nilai ikut berpengaruh.

Karena itulah ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu akan kelebihan maupun kekurangannya sebelum melakukan pembelian. Apalagi jikalau anda sampai memutuskan untuk berinvestasi di dalamnya.

Terkadang memang apapun yang tengah booming di luaran sana memang bisa membuat mata terlena sekejap saja. Namun jangan sampai tidak mempertimbangkan terlebih dahulu baik buruknya beserta resiko tingkat tinggi atau tidaknya. Hal tersebut juga berlaku dengan Dogecoin.

Jangan sampai saat mata uang digital ini tengah naik, anda melakukan investasi secara besar-besaran. Padahal sudah mengetahui sebelumnya akan resiko juga perubahan harga yang cukup berubah cepat.

Ini adalah sebuah tindakan tidak bijak yang mempertaruhkan keuangan anda. Boleh-boleh saja berinvestasi dalam Dogecoin selama sudah mempelajari ilmunya dengan sungguh-sungguh dan terperinci. Memang saat ini nilainya tengah meningkat hingga 202,33% namun bisa dengan mudah turun dalam waktu singkat.

Adanya dogecoin memang merupakan bentuk kecanggihan teknologi dalam bidang keuangan. Pastinya soal uang ada baik buruknya yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya.