Cara Merawat Eyelash Extensions Supaya Bertahan Lama

0
182
Cara Merawat Eyelash
Ilustrasi cara merawat eyelash (pixabay)

Ekspose.ID – Ada beberapa cara dan tips merawat eyelash yang bisa Anda lakukan. Selain tetap melakukan perawatan kulit secara rutin dengan bermacam-macam rangkaian skincare, ada juga beberapa cara praktis yang dapat memberikan tampilan Anda tampak lebih cantik.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan teknik eyelash extension. Eyelash extension atau tanam bulu mata sekarang ini sangat banyak yang menyukainya.

Itu karena caranya yang mudah dan cepat untuk melakukannya. Cara ini juga sering menjadi pilihan bagi Anda yang senang meggunakan bulu mata palsu untuk menambah kesan lentik dan cantik. 

Namun, jika Anda tidak mempunyai waktu untuk memasang bulu mata setiap hari, eyelash extension bisa menjadi alternatifnya.

Eyelash extension dapat membantu Anda agar tampil lebih cantik terutama ketika hari raya atau saat  akan pergi ke pesta.  Biasanya, eyelash extension mampu bertahan hingga berminggu-minggu, bahkan sampai berbulan-bulan.

Hal ini tergantung dari cara merawat eyelash tersebut. Untuk dapat menampilkan bulu mata yang lentik dalam jangka waktu yang lama, ada beberapa tips perawatan yang bisa Anda lakukan.

Cara Merawat Eyelash Agar Dapat Tahan Lama

Menghindari Air dalam Jangka Waktu 24 Jam Pertama

Jika Anda ingin lem melekat dengan baik, supaya bulu mata bisa bertahan lama, biasanya penata rias akan meminta Anda untuk menghindari air dari bulu mata selama 1 kali dalam 24 jam.

Anda bisa mempertahankan riasan seminimal mungkin dengan menghindari mencuci bulu mata secara langsung saat 24 jam pertama pemakaian.

Menghindari Produk Waterproof

Penggunaan produk waterproof atau tahan air, umumnya sulit untuk menghilangkannya. Hal ini membutuhkan penanganan lebih.

Jika Anda memakai produk waterproof pada daerah mata, tentu akan membutuhkan banyak waktu dalam menghapusnya. Ini menyebabkan lem yang terdapat pada bulu mata menjadi tidak melekat dengan baik. 

Apabila Anda tetap ingin menggunakan tampilan mata yang mempunyai ciri khas, lebih baik tidak memakai produk waterproof. Tujuannya agar riasan pada area mata Anda dapat lebih mudah saat ingin menghapusnya.

Hindari Tidak Memakai Penjepit dan Maskara

Pada umumnya, penggunaan penjepit dan maskara bisa menjadikan mata tampak lebih bercahaya juga terlihat lebih besar.

Namun, bila Anda sudah menggunakan eyelash extension, hal itu telah memberikan efek positif yang bisa membuat mata Anda lebih cantik.

Oleh Sebab itu, bila Anda menggunakan penjepit bulu mata, tentu akan beresiko menghilangkan lentik dari eyelash extension.

Rajin Menyisir Bulu Mata

Tips  merawat eyelash berikutnya adalah dengan rajin menyisir bulu mata. Biasanya salon atau klinik kecantikan akan memberikan spoolie atau alat untuk mengaplikasikan mascara sesudah Anda melakukan eyelash extension.

Spoolie yang berbentuk sisir kecil tersebut berfungsi sebagai pengikat eyelash extension agar tidak terjadi penggumpalan dan hasilnya tetap rapi. Hal ini dapat Anda lakukan secara rutin setiap sesudah mandi.

Dilarang Menarik Bulu Mata

Cara lain dalam merawat eyelash yaitu Anda tidak boleh menarik bulu mata. Anda harus menghindarinya bila ingin eyelash extension dapat tahan lama.

Akibat yang muncul, mungkin Anda akan merasa gatal karena ada beberapa bulu mata yang lepas. Hal ini menyebabkan Anda merasa ingin melepasnya semua. 

Tetapi, Anda harus mempertahankannya. Jika Anda melepas eyelash extension, itu tidak saja merusak bulu mata palsu, melainkan dapat melukai bulu mata alami Anda.

Posisi Tidur Telentang

Mungkin hal ini terlihat sepele, padahal melakukan posisi tidur telentang ketika memakai eyelash extension menjadi sangat penting.

Terutama saat hari pertama dalam penggunaanya. Hal ini karena lem membutuhkan waktu agar dapat cepat mengering.

Jika Anda tidur ke samping tentu akan merusak eyelash extension. Dengan kebiasaan tidur telentang dapat menjadikan eyelash extension Anda bertahan lama.

Membersihkan Secara Menyeluruh

Cara merawat eyelash selanjutnya yakni berkaitan dengan riasan pada area mata. Sebenarnya saat Anda menggunakan eyelash extension, sebaiknya Anda tidak memakai riasan pada mata.

Penggunaan riasan pada mata dapat membuat eyelash extension Anda tidak akan tahan lama. Tapi jika memang ingin menggunakan riasan mata, Anda harus membersihkannya tanpa menyentuh eyelash extension Anda. 

Cara menghilangkan riasan pada area mata, Anda bisa memakai kapas kecil atau cotton bud yang sudah basah dengan micellar water.

Dalam menggunakan pembersih riasan, hindari pembersih yang mengandung banyak minyak. Hal ini dapat mengakibatkan lem menjadi lebih lembab dan bulu mata akan mengalami kerontokan.

Jangan Terlalu Sering Menyentuh Bulu Mata

Tips terakhir dalam merawat eyelash yaitu dengan menghindari terlalu seringnya menyentuh bulu mata.

Pada umumya, bulu mata akan rontok sendiri, terutama bila Anda memakai eyelash extension. Karena ini dapat merangsang ketika bulu mata Anda mulai tumbuh panjang.

Jika perpanjang bulu mata alami Anda menyebabkan eyelash extension tidak sesuai pada tempatnya, sebaiknya Anda tidak memainkannya dengan memutar atau menariknya. Biarkan eyelash extension terlepas sendiri. (CW001)

Editor : Deni Supendi