Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaCara Meningkatkan Kualitas Hidup di Masa Pandemi

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup di Masa Pandemi

Ekspose.ID – Cara Meningkatkan Kualitas Hidup di Masa Pandemi. Pandemi Covid-19 datang di Indonesia begitu mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, dari sektor pendidikan, ekonomi sampai kesehatan.

Pandemi covid-19, penyakit berasal dari virus corona, berbahaya bagi manusia, tidak hanya mengancam fisik, melainkan juga mental.

Pengaruh virus corona ini begitu luar biasa, sampai-sampai membuat takut, bahkan memiliki efek psikologi yang berdampak serius.

Efek dari virus ini memang hebat mampu menimbulkan gangguan kesehatan mental, seperti takut hingga rasa panik.

Disisi lain, penderita virus corona baiknya berdiam diri di rumah, dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak dengan anggota keluarga, sahabat dan rekan kerja.

Physical distancing memiliki tujuan untuk mencegah penyebaran corona. Pasalnya, physical tersebut efektif dalam mencegah virus corona.

Pembatasan jarak fisik ini menjadi cara sederhana mencegah penularan corona. Yaitu, tidak beraktifitas di luar rumah, memanfaatkan handphone atau telepon dalam berkomunikasi.

Komunikasi dengan orang lain lewat telepon salah satu kegiatan tanpa bertatap muka.

Sisi lain dari physical distancing bila dilakukan jangka panjang, berdampak negatif pada kesehatan mental.

Gangguan mental seperti rasa takut terhadap wabah, kesepian hingga muncul rasa kesedihan yang berkepanjangan.

Bahkan tidak hanya memunculkan masalah kesehatan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Stress yang terjadi akibat terus-menerus tinggal di dalam rumah membuat bosan serta jenuh terutama, pada anak-anak.

Dalam perkembangannya, pandemi juga mampu mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Kualitas hidup yang berhubungan erat dengan pandemi covid-19, yaitu gaya hidup.

Pola hidup atau kebiasaan sehari-hari yang dilakukan sebagian besar masyarakat di masa pandemi berpengaruh besar pada kualitas hidup.

Menjaga Kesehatan Mental dan Jasmani

Saat inilah waktunya penting menjaga kesehatan mental dan kesehatan jasmani. Alasannya, rutinitas sehari-hari yang baik, yaitu olahraga, berkebun, membaca buku sampai kegiatan memasak, dapat menciptakan kualitas hidup lebih baik.

Kegiatan seperti ini awalnya berat, apalagi harus menerapkan physical distancing dengan protokol kesehatan covid-19 yang sedemikian ketat, membuat terkadang tidak nyaman.

Namun, bagaimanapun juga, kegiatan seperti olahraga dan lainnya, harus tetap berjalan bila ingin memperoleh kualitas hidup yang berkualitas.

Di tengah pandemi covid-19 yang sedemikian ketat sekarang ini, memang memunculkan berbagai masalah dan meninggalkan duka. Hal itu karena banyaknya korban yang meninggal dunia akibat virus corona.

Pandemi covid 19 di Indonesia, dimulai sejak bulan Maret 2020 sampai bulan Januari 2021, sudah mencapai angka lebih dari 800.000 orang yang terdeteksi kena paparan virus corona

Karena tingginya angka penderita akibat virus corona, setidaknya penting menjaga kesehatan dengan meningkatkan kualitas hidup.

Lewat cara ini, kesehatan jasmani dan mental tetap terjaga. Kemudian dari sinilah kualitas hidup baik akan tercipta, sehingga akhirnya membuat hidup bahagia.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas hidup di masa pandemi;

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup

Interaksi Sosial

Salah satu cara menggapai kebahagian yakni melalui interaksi sosial. Dan lewat cara tersebut, bisa membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

Masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memang penting menerapkan jaga jarak dan mentaati protokol kesehatan. Bukan berarti, dalam kondisi ini tidak boleh adanya interaksi  sosial di saat pandemi.

Interaksi sosial pada masa pandemi covid-19 masih dapat anda lakukan, meski terbatas. Alasannya karena ada peraturan protokol kesehatan yang tidak memperbolehkan adanya kerumunan.

Keadaan ini tidak mengurangi interaksi sosial pada masyarakat sekitar. Pasalnya dari Interaksi sosial ini pula membuatnya mengenal diri sendiri.

Pergaulan dalam lingkungan sosial, dalam arti tidak hanya pandai bergaul. Setidaknya mampu memelihara diri, pandai adaptasi, dan santun dalam bersikap adalah manfaat lain interaksi sosial.

Interaksi sosial menjadi cara sederhana meningkatkan kesehatan mental, selanjutnya akan tercipta kualitas hidup yang lebih baik.

Rutinitas sehari-hari

Kualitas hidup seseorang juga banyak dipengaruhi oleh rutinitas sehari-hari. Rutinitas sehari-hari mulai sulit bangun pagi dan alasannya berbagai macam.

Segala aktivitas dan pekerjaan hanya di rumah saja yang terkadang menyita waktu, energi membuatnya tidak ada waktu.

Belum lagi deretan jadwal yang padat tidak jarang menimbulkan rasa jenuh, bosan dengan rutinitas.

Rutinitas setiap hari yang sering anda lakukan membawa pengaruh bagi diri sendiri. Karena rutinitas yang terus-menerus berlangsung setiap hari berdampak besar pada pola hidup.

Ya, rutinitas seperti ini tidak saja mengganggu kesehatan jasmani. Kesehatan mental dan kualitas hidup seseorang pun ikut berpengaruh, dan menjadi tidak baik.

Melakukan Kegiatan Positif

Di masa pandemi, rutinitas yang banyak di rumah saja, menjadi kesempatan melakukan kegiatan positif.

Hal yang sederhana ini bisa membuat kualitas hidup lebih baik dan tentunya lebih membahagiakan.

Kebahagian hidup dengan kebiasaan yang berbeda. Antara lain seperti membaca buku, berkebun, olahraga hingga kegiatan memasak, dapat menciptakan kualitas hidup lebih baik di masa pandemi.

Melakukan kegiatan positif mempengaruhi kesehatan jasmani dan kesehatan mental. Tidak hanya mengatasi rasa jenuh di masa pandemi, tetapi juga dapat menciptakan kualitas hidup.

Disiplin Waktu

Cara lain memiliki kualitas hidup lebih baik adalah dengan disipilin terhadap waktu. Disiplin waktu penting mendapat perhatian. Alasannya, kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan menjadi kunci terhindar dari virus Covid-19.

Manfaatkan waktu untuk kegiatan favorit

Di masa pandemi, penting meningkatkan kualitas hidup dengan cara sederhana. Seperti  melakukan kegiatan favorit di waktu luang.

Kegiatan favorit seperti menonton televisi, membaca buku atau rekreasi bersama keluarga. Waktu luang inilah menjadi cara meningkatkan kualitas hidup. Jadi jangan sia-siakan waktu luang untuk hal tidak berguna.

Pandai Memilih Teman

Kualitas hidup di masa pandemi penting mendapat perhatian. Salah satunya dengan memilih teman yang baik dan pandai memilih teman.

Pengaruh pergaulan membawa dampak buruk pada perilaku, pola pikir hingga gaya hidup, karena pengaruh lingkungan yang tidak sehat.

Memilih teman yang baik dan pandai memilih teman menjadi cara sederhana meningkatkan kualitas hidup.

Pergaulan dalam memilih teman di lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kualitas hidup.

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara lain dalam meningkatkan kualitas hidup, yakni mengkonsumsi makanan bergizi. Pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi yang terdapat pada sayuran, buah-buahan, daging, susu dan kacang-kacangan.

Teratur menjaga pola makan sehat akan berdampak kualitas hidup. Mengonsumsi makanan bergizi penting pada masa pandemi covid-19.

Kandungan gizi, vitamin dan protein yang ada pada makanan mampu mencegah berbagai penyakit, serta menjaga daya tahan tubuh.

Setiap orang setidaknya membutuhkan nutrisi maupun vitamin yang seimbang, tidak lain untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dari sinilah akan meningkatkan kuantitas serta kualitas hidup seseorang lebih baik. Itulah Tips meningkatkan kualitas hidup di tengah masa pandemi yang bisa menginspirasi dan menambah pengetahuan. (CW003)

Editor : Deni Supendi

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER