Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Mudah dan Tepat

0
273
Cara Mengatasi Kulit Kering
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering (foto: edubio)

Ekspose.ID – Cara mengatasi kulit kering dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang mahal. Kulit kering dapat Anda atasi dengan melakukan perawatan di rumah.

Mungkin sebagian orang mengira bahwa melakukan perawatan untuk mengatasi kasus ini membutuhkan biaya yang banyak. Tapi kenyataannya tidak selalu demikian.

Pada kasus ringan seperti terjadinya gatal-gatal atau sekedar kering, Anda dapat menanganinya sendiri dengan melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebagian besar kasus kulit menjadi kering penyebabnya adalah gaya hidup atau salah dalam pemakaian pelembab dan sabun.

Pada sebagian kasus tertentu, penyebab kulit kering dapat berasal dari beberapa penyakit seperti dermatitis, atopik, ichthyosis atau parosis. Bila yang menyebabkannya adalah masalah serius, ini tidak dapat Anda abaikan.

Dengan membiarkannya saja tentu itu akan mendatangkan masalah baru. Hal ini dapat mengakibatkan dermatitis yaitu peradangan pada kulit yang menimbulkan ruam merah, kulit gatal-gatal, terasa kering dan bersisik.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi Anda untuk memahami penyebab dan cara mengatasinya dengan baik. Tentunya hal ini sangat Anda butuhkan supaya Anda dapat mencegahnya. 

Akan tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir untuk mengatasi masalah kulit yang ringan. Untuk menanganinya dapat Anda lakukan dengan cara-cara yang sangat sederhana.

Beberapa Cara Mengatasi Kulit Kering

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering. Semua dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pilih Kain Pakaian yang Sesuai

Sebagian orang ada yang mempunyai kulit sensitif. Oleh karena itu pemilihan dan pemakaian kain yang tidak cocok dengan kulit dapat mengakibatkan kulit bermasalah.

Masalah kulit kering dapat berawal dari kain pakaian yang tidak sesuai. Begitu juga dengan kasus lain seperti gatal-gatal dan merah akibat iritasi.

Anda dapat mencegahnya agar hal itu tidak sampai terjadi. Sebagai rekomendasi Anda dapat menggunakan pakaian berbahan dasar kain katun atau sutra. 

Karena biasanya kain ini sangat baik untuk kulit. Jenis serat pada kain tersebut memudahkan kulit untuk dapat bernafas.

Hal ini karena seratnya yang begitu longgar sehingga mempermudah sirkulasi udara.

Adanya sirkulasi udara ini bisa membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi kering.

Gunakan Alat Pelembab Udara atau Humidifier

Menangani masalah kulit kering dapat Anda lakukan dengan cara memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan.

Cara ini sangat efektif, karena dengan adanya sirkulasi udara yang baik tentu baik juga untuk kulit seperti halnya dalam menggunakan pakaian.

Akibat udara yang panas dan kering bisa memperparah kondisi kulit. Salah satunya adalah menjadikan kulit terasa kering dan gatal-gatal. 

Humidifier dapat Anda manfaatkan untuk mengatur kelembaban udara atau Anda dapat menggunakan peralatan lainnya yang memiliki fungsi sama.

Jika kelembaban udara dan  sirkulasinya baik, maka Anda dapat mengantisipasi masalah yang terjadi pada kulit seperti kulit kering dan gatal-gatal.

Namun, perlu juga Anda perhatikan untuk menjaga kebersihannnya. Pelembab udara ini pastikan selalu dalam keadaan bersih.

Karena akibat udara yang lembab dan kotor bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan sarang penyakit.

Membatasi Waktu Mandi dan Gunakan Air Hangat

Kulit kering juga dapat terjadi karena melakukan kegiatan mandi yang terlalu lama. Apalagi saat mandi dengan menggunakan air hangat.

Akibat lamanya berendam di air hangat dapat menghilangkan kadar minyak dari kulit. Walaupun demikian, mandi dengan air hangat mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Sebaiknyagunakan air hangat untuk berendam atau pada shower saat mandi kurang lebih  selama sepuluh menit dengan air yang tidak terlalu panas.

Hindari Sabun yang Keras

Cara mengatasi kulit kering berikutnya adalah dengan memakai sabun atau krim yang lembut ketika mandi. Ada baiknya Anda memilih krim atau pembersih yang mengandung minyak dan lemak agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Pemakaian sabun atau pembersih yang tidak sesuai dapat mengakibatkan kulit menjadi semakin kering dan akan terasa gatal saat sesudah mandi.

Sebaiknya Anda juga harus menghindari penggunaan deodoran, deterjen antibakteri, pewangi dan pembersih yang memiliki kandungan alkohol.

Rajin Menggunakan Pelembab

Kelembaban kulit hendaknya tetap Anda perhatikan. Kulit yang lembab dapat  membuat kulit tetap sehat. Oleh sebab itu memakai pelembab adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menanggulangi kulit menjadi kering.  

Bahan yang ada pada pelembab dapat membantu menjaga kandungan air pada kulit agar tidak dapat menguap dari permukaan kulit. 

Anda dapat menggunakan pelembab beberapa saat setelah mandi. Sebelum menggunakan pelembab, ada baiknya Anda mengeringkan tubuh terlebih dahulu dengan cara menepuknya, agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Kemudian gunakan krim pelembab untuk menambah kelembaban kulit. Usahakan menggunakan pelembab yang mengandung bahan petrolatum.

Kandungan lainnya, seperti  gliserin, asam laktat dan urea juga dapat membantu mengatasi kulit tetap lembab dan sehat.

Cara-cara  tersebut dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering yang ringan. Namun, jika masalah kulit yang Anda alami tergolong serius, lebih baik berkonsultasi dengan dokter. 

Demikianlah beberapa tips untuk menanggulangi kulit kering dengan cara yang mudah. Hal ini juga dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus melakukan perawatan dengan biaya yang mahal. (CW001)

Editor : Deni Supendi