Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaCara Membuat Susu Goreng yang Cocok untuk Hidangan Keluarga

Cara Membuat Susu Goreng yang Cocok untuk Hidangan Keluarga

Ekspose.ID – Cara Membuat Susu Goreng. Susu goreng merupakan camilan yang masih asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, berbeda saat Anda berada di Taiwan, makanan ini sangat populer.

Fried Milk atau susu goreng ini banyak anda jumpai pada street food. Makanan ini sekilas nampak seperti tahu goreng, akan tetapi lebih gurih dan manis.

Cara Membuat Susu Goreng

Persiapkan Bahan-Bahannya

Bahan yang harus anda persiapkan terbagi menjadi dua, yakni bahan adonan susu dan bahan kulit.

Adonan susu terdiri dari 300 gr susu UHT atau susu sapi full cream, 60 gr tepung maizena atau jagung, 60 ml air, 50 gr gula pasir dan 1 sendok the vanilla.

Kemudian sediakan bahan-bahan tersebut untuk membuat adonan susu goreng atau sugor dan usahakan takarannya juga sesuai agar rasanya enak.

Kulitnya juga memerlukan bahan lain, yang terdiri dari 100  gr tepung terigu, ΒΌ sdt baking powder, 1 sdt gula pasir, 110 ml air dan 15 gr minyak sayur.

Apabila ingin terlihat seperti nugget, maka anda harus menambahkan tepung panir atau tepung roti.

Bahan-bahan kulit ini juga harus sesuai dengan takaran agar menghasilkan susu goreng atau sugor yang sesuai dan tidak pecah.

Langka-langkah                                                   

Susu goring yang nikmat sangat cocok untuk hidangan keluarga Anda. Cara memasak yang baik juga anda perlukan agar dapat menghasilkan makanan yang enak.

Berikut ini merupakan cara membuat susu goreng yang baik agar cocok untuk anda sajikan pada keluarga.

Pertama

Campurkan tepung jagung maupun tepung meizena dengan air. Kemudian aduk sampai rata dan jangan ada yang menggumpal, sisihkan jika ada yang menggumpal.

Kedua

Tuangkan susu ke dalam panci dan tambahkan gula pasir kemudian aduk menggunakan whisk. Setelah itu, masak susunya. Namun pastikan api tidak menyala besar.

Masak hingga gulanya larut dan masukkan tepung maizena serta aduk hingga mengental. Pastikan jangan sampai gosong.

Ketiga

Mencampurkan adonan dengan vanilla akan membuat susunya semakin nikmat. Lalu siapkan wadah plastik bertutup dan tuang adonan kemudian ratakan.

Diamkan selama 5 menit sampai uapnya hilang. Baru tutup wadahnya dan simpan atau masukkan ke dalam lemari es selama 2 jam.

Keempat

Sambil menunggu adonan, buatlah kulitnya dengan mencampurkan bahan kering lalu aduk hingga rata.

Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil anda aduk. Pastikan tidak ada yang menggumpal. Masukkan minyak dan aduk sampai mengental lalu masukkan ke kulkas.

Kelima

Siapkan talenan yang sudah anda lapisi plastik bening, kemudian taburi dengan tepung maizena. Keluarkan adonan dan potong sesuai keinginan.

Lalu gulingkan adonan pada taburan tepung maizena sampai rata hingga semua sisinya.

Keenam

Panaskan minyak dalam penggorengan kemudian lapisi dahulu potongan susu dengan adonan kulit sampai rata.

Goreng semua potongan itu dengan api sedang hingga warnanya keemasan dan tiriskan.

Lalu goreng lagi sampai warnanya coklat, kemudian tiriskan dan susu goreng siap anda sajikan.

Tips Penyajian Anti Gagal

Tips penyajian juga penting selain cara membuat susu goreng. Saat menyajikan, letakkan sugor atau susu goreng pada piring setelah anda tiriskan.

Susun dengan baik dan tambahkan gula halus agar terlihat lebih enak dan menarik. Makanan ini sangat cocok anda sajikan saat hangat agar semakin nikmat.

Selain itu, ada tips agar anda tidak gagal saat membuat makanan ini. Beberapa tips tersebut adalah, jangan tinggalkan saat memasak adonanan susu. Pastikan untuk mengaduk terus.

Jangan sampai gosong, karena akan mempengaruhi rasa dan tampilannya. Kemudian saat mencelupkan ke adonan, Anda bisa melapisi lagi dengan tepung panir agar terlihat seperti nugget. ***

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER