Senin, September 20, 2021
BerandaTeknologiCara Membuat Blog Termudah dan Terlengkap Bagi Pemula 2021

Cara Membuat Blog Termudah dan Terlengkap Bagi Pemula 2021

Cara membuat blog bisa dikatakan sangat mudah, anda bisa mencari langkah-langkahnya di internet. Apabila telah mengikuti sesuai prosedur, blog yang anda impikan akan segera jadi. Membuat blog tidak hanya diperuntukan bagi orang-orang yang ahli coding saja, melainkan pemula juga bisa melakukannya termasuk anda. Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih itu blog?

Blok adalah web yang berisikan konten seperti opini, pengalaman, gaya hidup, dan aktivitas sehari-hari. Apalagi di jaman sekarang, dimana segalanya serba canggih, anda bisa menjelajah dunia hanya menggunakan internet. Menyapa saudara yang beda negara kini sangat mudah dilakukan, dan salah satu kemajuan teknlogi adalah dengan adanya blog.

7 Langkah Mudah Cara Membuat Blog

Nah jika anda memiliki bakat menulis, anda bisa membuat blog yang berisikan tentang pengalaman hidup anda, membuat kata-kata indah, atau sekedar menceritakan hal yang terjadi. Blok sendiri memiliki struktur standar seperti header, navbar, main blog, sidebar, dan footer. Setiap struktur yang ada di blog memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan mengenai cara membuat blog termudah.

Memilih Niche Blog

Apa itu niche blog? Yakni suatu tema atau topik khusus yang ada dalam blog. Misal ahli membuat puisi, maka anda hanya perlu fokus pada puisi saja. Seperti tips pemilihan diksi, majas, teknik membaca puisi, penghayatan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dilakukan agar blog yang anda buat mudah dikenal banyak orang karena ahli dalam suatu topik tertentu.

Jangan salah pilih ya dalam menentukan niche, ada beberapa tips yang perlu anda ingat, seperti topik yang anda sukai, topik populer, dan tentunya melihat peluang dari keuntungan niche blog yang anda pilih. Maka lambat laun blog anda akan dikenal banyak orang, dan mendapatkan keuntungan. Bagaimana keren bukan?

Layanan Hosting Yang Tepat

Apa itu hosting? Yaitu tempat untuk menyimpan file sehingga mudah diakses melalui nternet. Nah, untuk membuat blog tentu diperlukan adanya pelayanan hosting secara mandiri. Sama halnya dengan pemilihan niche, dalam membuat blog juga harus diperhatikan ketika memilih layanan hosting. Pilihlah layanan hosting terpercaya, dan apabila anda masih ragu bisa bertanya pada orang yang sudah ahli.

Hosting sendiri memiliki beragam jenis, seperti shared hosting, cloud hosting, dan VSP hosting. Bagi pemula jenis shared hosing paling cocok digunakan. Pasalnya blog yang baru dibuat tidak membutuhkan daya server tinggi, serta pengelolaannya sangat mudah.

Menentukan Nama Domain

Selain niche, hosting, anda juga memerlukan domain. Pengertian domain adalah alamat yang akan di gunakan untuk mengakses blog yang anda miliki. Misal, Rintikpuisi memiliki nama domain www.Rintikpuisi.id. Tips memilih nama domain, pastikan mudah dieja sehingga mudah diingat oleh pengunjung. Kemudian singkat (jangan melebihi 63 karakter), gunakan sederhana mungkin.

Menginstal WordPress

Setelah anda memiliki hosting dan nama domain, langkah selanjutnya adalah dengan menginstal WordPress. Ada fitur gratis ketika hendak menginstal WordPress, yakni dengan milih fitur Auto Install Website  WordPress saat proses checkout. Fitur tersebut gratis dan tidak perlu ribet menginstal WordPress secara manual.

Selain itu, ada juga fitur premium seperti SSL premium (baik dalam hal keamanan) dan Whois Protection berfungsi melindungi data-data anda sebagai pemilik nama domain. Sehingga data privasi anda tetap aman dan terjaga.

Konfigurasi WordPress

Jika anda telah berhasil menginstal WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi atau setting sebelum membuta blog. Di WordPress terdapat tulis dashboard (pojok kiri atas) dengan cara http;//namadomainanda.com/wp-admin dan klik Login WordPress.

Setelah berhasil masuk, anda bisa mengubah peraturan dari mengubah nama, atur format tanggal, atur post, atur kolom komentar, ubah format permalink, ubah gravatar, serta melengkapi profil WordPress anda.

Instal Tema WordPress

Langkah selanjutnya adalah menginstal tema WordPress, dimana akan disajikan ribuan pilihan tema. Dalam  memilih tema anda tidak boleh sembarangan, karena sangat berpengaruh terhadap tampilan blog anda secara keseluruhan. Maka dari itu, pilihlah tema yang sesuai dengan niche blog anda, sehingga pengunjung tetap nyaman ketika membaca tulisanmu.

Apabila blog anda sudah mulai berkembang dan banyak orang mengunjunginya, disarankan anda untuk upgrade serta menggunakan tema berbayar. Hal tersebut dilakukan agar blog yang anda buat lebih terkesan profesional dan tentunya maksimal dalam masalah SEO.

Membuat Post Pertama

Setelah memiliki nama domain dan niche, selanjutnya adalah anda belajar untuk menuangkan segala ide dalam bentuk konten artikel. Bagaimana cara posting tulisan di WordPress? pertama masuk pada menu Posts>add new, setelah itu anda akan masuk pada editor guttenberg di kolom ini anda bisa menulis artiikel sesuai tema yang anda inginkan atau menyalin konten artikel.

Setelah menulis tema artikel, anda diharuskan men-setting pengaturan post di WordPres. Seperti kategori, deskripsi, permalink, tags, featured image, dan sebagainya. Semuanya telah tersedia di kanan samping tulisan editor. Langkah terakhir klik Publish agar semua orang membaca tulisanmu. Itulah pembahasan tentang cara membuat blog semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER