Cara Melacak HP Samsung yang Hilang, Jangan Panik!

0
129
Foto : hipwee

Jangan Panik! Inilah 2 Cara Melacak HP Samsung Hilang. Mempunyai smartphone cerdas atau pintar dengan harga jual yang di banderol tinggi atau mahal memang menjadi suatu kebanggan tersendiri, sekaligus merupakan sebuah prestasi untuk sebagian orang. Akan tetapi, Anda pasti menyadari bahwa jika terjadi kehilangan smartphone adalah suatu hal yang sangat tidak mengenakkan.

Hal tidak mengenakkan itu jelas terasa sekali karena ada banyak data penting yang sangat Anda butuhkan. Data penting yang berguna bagi urusan pribadi maupun hingga urusan sekolah atau pekerjaan. Jika data penting tersebut hilang, tentu ada banyak resiko yang akan Anda hadapi. Mulai dari laporan yang harus Anda buat ulang, maupun penyalahgunaan oleh orang yanh yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengetahui bahwa data-data penting tersebut tak boleh hilang, maka Anda harus menambahkan proteksi atau perlindungan terhadap smartphone Anda. Hal mudah dan merupakan langkah awal dalam memberikan proteksi terhadap data-data penting yang ada di smartphone Samsung Anda yaitu dengan melakukan back up atau mencadangkannya. Dengan begitu, data Anda akan aman meski smartphone Anda hilang entah ke mana.

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan back up terhadap data-data penting di smartphone Anda, di antaranya yaitu aplikasi Google Foto, yang berfungsi untuk memback up data berupa video dan foto yang tersimpan di smartphone Anda.

Melacak HP Samsung yang Hilang

Lalu, bagaimana jika smartphone Samsung Anda terlanjur hilang dan tak Anda temukan? Bagaimana dan apa saja cara melacak hp Samsung hilang?

Kehilangan smartphone menjadi salah satu hal yang sangat tak Anda inginkan oleh siapa saja. Selain harga saat membelinya cukup tinggi, ada banyak kenangan serta data pribadi dan data penting lainnya di sana. Oleh karena itu, setiap orang berusaha menjaga agar smartphone-nya tidak hilang.

Namun, kejadian tak terduga sering kali tak bisa Anda elakkan. Jika smartphone Samsung Anda terlanjur hilang, Anda tak perlu langsung panik. Sebab, kini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebagai untuk melacak smartphone Samsung yang hilang, baik saat kondisi smartphone tersebut dalam keadaan menyala maupun dalam keadaan mati.

Pada smartphone canggih seperti produk Samsung, terdapat fitur yang bisa Anda gunakan pada semua tipe untuk melacak smartphone Samsung yang hilang, yaitu fitur Find My Mobile Samsung. Meskipun fitur ini sangat penting, tetapi banyak yang tidak menggunakannya dan bahkan melupakan adanya fitur ini.

Sesuai namanya, fitur Find My Mobile Samsung ini hanya bisa Anda gunakan pada perangkat smartphone bermerek Samsung. Dan hal ini merupakan salah satu keunggulan perangkat ponsel pintar Samsung daripada perangkat smartphone merek lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan sebagai cara melacak hp Samsung hilang.

Find My Mobile Samsung

Penggunaan fitur ini adalah cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk melacak smartphone Samsung Anda yang hilang. Di semua smartphone merek Samsung tipe apa pun terdapat aplikasi yang satu ini sendiri ada di semua Smartphone Samsung. Akan tetapi, aplikasi ini baru dapat Anda gunakan secara efektif apabila pengguna smartphone Samsung telah mempunyai akun Samsung terlebih dahulu.

Jadi, jika perangkat Samsung Anda hilang, Anda tidak perlu langsung panik. Melainkan, segeralah bergerak cepat dengan menggunakan perangkat komputer terdekat atau perangkat smartphone lain dan segera akses aplikasi find my mobile Samsung. Selain dapat mengetahui di mana kira-kira posisi smartphone Anda yang hilang, fitur Find My Mobile Samsung ini juga dapat melakukan kuncia otomatis, dering, dan hapus data. Namun harus Anda pastikan bahwa smartphone yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi tersebut telah terhubung dengan jaringan internet.

Berikut cara melacak hp Samsung hilang dengan menggunakan aplikasi Fimd My Mobile Samsung.

– Buka situs resmi Samsung.

– Login pakai akun Samsung yang terdaftar pada perangkat Samsung yang hilang.

– Website akan langsung melacak posisi keberadaan perangkat Samsung Anda yang hilang secara otomatis.

– Apabila posisi perangkat Samsung Anda telah Anda temukan, maka akan ada pemberitahuan.

– Fitur akan menampilkan maps yang akan menunjukkan di mana posisi perangkat Samsung Anda yang hilang tersebut.

Fitur Find My Mobile Samsung ini tak hanya bisa Anda gunakan sebagai cara melacak hp Samsung yang hilang. Tetapi juga dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan fitur lain seperti mengunci ponsel Samsung, menghapus seluruh data, serta membunyikan suara. Akan tetapi, pastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan telah terhubung dengan koneksi internet.

melacak hp samsung
Foto : gadgetren

IMEI dan Akun Google HP

Selain dengan menggunakan fitur atau aplikasi Find My Mobile Samsung, ada cara lain untuk melacak ponsel Samsung yang hilang, yaitu dengan menggunakan IMEI. Penggunaan IMEI untuk melacak keberadaan smartphone Samsung Anda merupakan salah satu cara yang tepat. Akan tetapi, Anda tentunya harus mengetahui nomor IMEI dari perangkat samsung yang hilang tersebut.

Untuk mengetahui nomor IMEI di perangkat Samsung ada beberapa cara, di antaranya yaitu dengan mengakses panggilan dengan kode *#06#. Cara ini merupakan cara yang paling efektif dan mudah dibandingkan dengan menggunakan akun Google.

Berikut langkah-langkah atau cara melacak hp Samsung hilang dengan menggunakan IMEI dan akun Google.

 – Buka aplikasi Playstore dan download (unduh) aplikasi Google Find Me secara gratis.

– Apabila telah terdownload dan terpasang, maka Anda bisa login menggunakan akun yanh terdaftar di perangkat Samsung yang hilang.

– Langkah selanjutnya adalah menunggu beberapa saat hingga akhirnya aplikasi tersebut berhasil menemukan keberadaan atau posisi perangkat Samsung Anda.

– Google Find Me akan mencari posisi atau keberadaan smartphone Anda saat itu.

– Pastikan smartphone yang Anda gunakan terhubung dengan jaringan internet.

Apabila sudah mencoba langkah-langkah di atas, tetapi perangkat Samsung Anda masih juga belum berhasil ditemukan, maka Anda bisa menggunakan cara lain untuk mengamankan data-data penting yang ada dalam smartphone Samsung Anda yang hilang. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukannya adalah dengan mengunci akun Google yang terdaftar di perangkat Samsung yang hilang.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika mulai saat ini Anda menghapus data-data penting dari smartphone Anda dan menyimpan menggunakan perangkat lain yang lebih aman. Hal itu guna meminimalisir menyebarnya data-data penting, seperti data pribadi, pekerjaan, dan lain-lainnya.

Hal Lainnya yang Harus Anda Perhatikan

Ada beberapa catatan yang wajib Anda perhatikan saat mencari posisi keberadaan smartphone Samsung Anda apabila menggunakan kedua cara di atas, yaitu:

– saat hilang, perangkat Samsung Anda masih terhubung dengan jaringan internet.

– ingat akun gmail, nomor IMEI, dan lainnya.

– smartphone yang hilang dalam posisi masih menyala.

Ketiga syarat tersebut harus terpenuhi agar aplikasi pelacak keberadaan perangkat Samsung bisa berjalan. Perlu Anda ingat bahwa keberhasilan cara-cara di atas tidaklah 100 persen berhasil, tetapi bisa membantu Anda untuk melacak keberadaan hp Samsung yang hilang.

Demikianlah artikel mengenai beberapa cara melacak hp Samsung hilangyang wajib Anda ketahui. Jadi, tidak perlu panik saat perangkat Samsung Anda tidak ditemukan keberadaannya. Segeralah lakukan cara-cara di atas agar hp Samsung Anda segera ditemukan.