Cara Berhenti Merokok yang Ampuh dan Permanen

0
159
Cara Berhenti Merokok yang Ampuh dan Permanen

Ekspose.ID – Cara berhenti merokok yang ampuh dan permanen. Bagi Anda yang ingin hidup sehat, berhentilah merokok!

Dengan berhenti merokok, kesempatan hidup Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, kualitas hidup Anda pun terjamin dan umur Anda akan bertambah panjang.

Kandungan Zat dalam Rokok

Nikotin

Zat adiktif bernama nikotin inilah yang membuat Anda tidak ingin berhenti dari rokok, dan sudah pasti dapat mendatangkan berbagai penyakit.

Namun, akibat merokok, penyakit berbahaya dapat menyerang pada tubuh Anda.

Penyakit tersebut antaralain seperti paru-paru, penyakit jantung dan penyakit kanker.

Sebatang rokok mengandung zat nikotin sekitar 8-20 mg dari per 100 gram berat tembakau.

Zat nikotin inilah yang juga ada dalam rokok elektrik.

Rasa kandungan zat nikotin yang ada pada rokok membuat sebagian orang kecanduan.

Kandungan nikotin pada rokok tersebutlah yang menimbulkan gangguan bagi kesehatan.

Tar

Tar, merupakan zat kimia berbahaya yang dihasilkan dari proses pembakaran, termasuk rokok.

Kemudian, tar juga mengandung senyawa Karsinogen yang menyebabkan kanker.

Efek dari tar lumayan berbahaya bagi kesehatan.

Sebab, bila zat tar terhirup oleh perokok, maka akan mengendap di paru-paru.

Tar yang terhirup juga beresiko tinggi menyebabkan kanker paru-paru.

Efek samping lain dari tar yang tidak kalah berbahaya adalah ketika masuk ke peredaran darah.

Dari sinilah kemudian tar meningkatkan resiko diabetes, penyakit jantung dan gangguan kesuburan.

Bahaya Merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan tubuh Anda rentan terhadap penyakit, bahkan bisa sering terjangkit penyakit berbahaya.

Berdasarkan publikasi hasil penelitian, 20 persen perokok meninggal dunia akibat terkena jantung.

Penyakit serius lainnya yang juga mengancam jiwa adalah kanker dan lambung, dan otak.

Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Penyakit ini sering menyerang pada bagian tubuh orang yang sering merokok.

Selain itu, syndrom juga mengacam jiwa Anda yang masih memiliki kebiasaan merokok.

Misalya seperti sembelit, tenggorokan kering, depresi atau pusing hingga kurang konsentrasi.

Otak juga paling terdampak dari kebiasaan Anda merokok, karena otak juga bisa mengalami kerusakan parah.

Kerusakan itu menimbulkan pembengkakan pembuluh darah, dan melemahnya dinding pembuluh darah.

Bau mulut, gigi menguning dan kanker tenggorokan, bisa muncul akibat sering merokok.

Tidak hanya penyakit mulut dan tenggorokan saja, tetapi lambung juga bisa terkena pengaruhnya.

Kemudian, asam lambung akan naik ke kerongkongan atau GERD dan memicu penyakit kanker lambung.

Secara psikologis, perokok juga dapat terganggu bahkan mengalami stress.

Tingkat stress perokok lebih tinggi dari yang tidak merokok.

Merokok membuat Anda mengalami gangguan mental, yaitu meningkatnya gangguan kecemasan.

Tidak kalah mengerikan, tulang Anda juga akan rapuh, atau akan mengalami osteoporosis yang tidak bisa dihindari.

Manfaat Berhenti Merokok

Jika berhenti merokok, tubuh Anda akan sehat dan terhindar dari penyakit.

Karena sebatang rokok saja memiliki zat yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Merokok memang terasa enak, karena tidak terlihat dampaknya secara langsung.

Tetapi, lambat laun penyakit akan menggerogoti tubuh anda.

Kebiasaan merokok membuat kualitas hidup, jiwa dan umur Anda menjadi taruhannya.

Tidak ada yang bisa memperbaiki kesehatan tubuh, kecuali anda sendiri.

Hanya dengan berhenti merokoklah kerusakan pada tubuh dapat anda perbaiki.

Ketika kualitas hidup makin menunjukkan tidak baik, sudah pasti mempengaruhi kehidupan Anda.

Ada banyak pengaruh akibat merokok, salah satunya perasaan Anda menjadi terganggu.

Makanan yang Anda konsumsi pun terasa hambar.

Ada banyak manfaat ketika berhenti merokok.

Seperti tekanan darah dan denyut nadi akan kembali normal.

Fungsi paru-paru pada tubuh Anda akan membaik.

Meningkatkan sirkulasi darah, indera perasa dan mencegah kanker.

Cara Berhenti Merokok yang Ampuh

Hindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Hindari kebiasaan berkumpul dengan sesama perokok.

Anda bisa menyibukkan diri dengan aktivitas berolahraga dan hal yang Anda sukai.

Menggosok gigi, dan mengomsumsi camilan cara efektif mengalihkan Anda merokok

Mengelola Stress

Stress pemicu Anda merokok, dan masalah ini dapat anda atasi dengan mendengarkan musik atau aktivitas positif lainnya.

Anda bisa lakukan aktiftas lain seperti membersihkan rumah atau membaca buku.

Aktifitas ini untuk mengalihkan Anda dari kebiasaan merokok

Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Makanan bergizi terdapat pada sayuran, atau lauk pauk dan buah segar.

Nutrisi seimbang akan Anda peroleh dari makan makanan bergizi.

Konsumsi Sayuran Segar

Anda bisa coba konsumsi sayuran segar yang rendah kalori.

Seperti tomat, wortel, brokoli dan seledri.

Sayuran segar membuat tubuh Anda menjadi sehat.

Dan pastinya mengurangi zat nikotin yang ada pada tubuh Anda.

Konsumsi Buah Segar

Konsumsi aneka buah segar, seperti pir, jeruk, apel atau pisang.

Buah-buahan memiliki kandungan serat atau antioksidan dan vitamin.

Kandungan ini akan membantu Anda membersihkan tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas biasanya menumpuk dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

Minum Air Putih

Minum air putih secara teratur menjadi cara efektif dalam berhenti merokok.

Air putih memiliki kandungan mineral dan vitamin yang mampu menangkal serta menetralisir racun rokok.

Rutin Berolahraga

Cara efektif berhenti merokok selanjut yakni olahraga rutin.

Anda bisa melakukan kegiatan olahraga ringan seperti senam atau jalan kaki.

Berolahraga secara rutin membuat paru-paru atau jantung Anda menjadi sehat.

Karena olahraga juga mampu meminimalisir nikotin yang ada dalam tubuh.

Saat berolahraga, oksigen dalam tubuh Anda pun semakin bertambah baik.

Makan Permen

Berhentilah merokok dengan cara konsumsi permen. 

Anda bisa pilih permen rasa mint, atau varian rasa lainnyasebagai pengganti rokok.

Mengonsumsi permen bisa mengalihkan perhatian Anda dari merokok.

Tidur yang cukup

Tidur dapat mengalihkan perhatian Anda dari kebiasaan merokok. Istirahat yang cukup Anda akan terhindar dari bahaya rokok. Kemudian, tidur membuat tubuh Anda menjadi

Konsumsi Popcorn

Anda juga bisa mencoba berhenti merokok dengan mengonsumsi Popcorn.

Popcorn kaya akan serat, dan rendah kalori.

Popcorn bisa membuat Anda kenyang tapi juga menyehatkan.

Dengan makan popcorn, anda bisa melupakan keinginan Anda untuk merokok.

Minum dengan Sedotan

Anda bisa berhenti merokok dengan minum pakai sedotan.

Ccara ini membuat tubuh Anda melepaskan hormon dopamin.

Juga bisa meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Membuat Target dan Jadwal Berhenti Merokok

Anda ingin berhenti merokok! Pastikan Anda membuat target atau jadwal.

Bagi perokok berat, tidak mudah untuk berhenti merokok.

Pilih serta tentukan tanggal dan hari kapan anda akan stop merokok.

Jangan merasa stress saat anda memiliki rencana untuk berhenti merokok.

Dengan cara ini, rencana akan anda berhenti merokok akan berjalan sukses. (CW003)

Editor : Deni Supendi