Budidaya Tanaman Porang yang Menguntungkan

0
220

Budidaya Tanaman Porang yang Menguntungkan. Anda ingin buka bisnis baru! Budidaya tanaman porang bisa menjadi solusinya.

Anda bisa membudidayakan tanaman pora, kemudian mengolah umbi porang menjadi berbagai macam jenis seperti tepung yang bermanfaat untuk kesehatan dan bahan makanan sampai industri.

Memulai bisnis porang Anda bisa budidaya tanaman Porang dengan memanfaatkan pekarangan di rumah yang memiliki lahan yang cukup.

Cukup pilih bibit, kemudian lakukan proses penanaman, perawatan secara teratur dan pemberantasan hama serta penyakit.

Setelah itu, baru kemudian Anda dapat lakukan pemanenan. Pasca panen Anda bisa olah menjadi berbagai macam bahan baik untuk kesehatan, makanan, obat dan industri.

Cara Budidaya Tanaman Porang

Pembersihan lahan

Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu membersihkan lahan dari gulma atau rumput

Cara membersihkan gulma dengan menggunakan alat seperti sabit atau mesin pencabut rumput. Atau alternatif lain memanfaatkan bahan-bahan kimia salah satunya herbisida. Herbisida efektif membasmi rumput hingga akar-akarnya.

Rumput tersebut dapat menjadi pupuk alami tanaman porang. Cara membuat pupuk organik dari rumput liar menimbunnya

Persiapan Lahan tanaman dan Menanan Tanaman Porang

Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu. Anda penting memperhatikan syarat utama dalam budidaya tanaman porang kondisi tanah.

Syarat Utama Dalam budidaya tanaman porang

Pastikan tanahnya gembur, tidak basah atau becek. Kemudian pastikan kadar tanah PH antara 6-7 dan tanahnya mengandung tanah liat. Pastikan pula tanah bersih dari gulma seperti alang-alang

Selain itu, perhatikan kondisi tanah yang menjadi lokasi bibit. Pastikan lahan terletak 100-600 mdpl dan pastikan lahan mendapatkan sinar cahaya 60%-70%.

Hal lain yang penting Anda perhatikan ketika akan melakukan budidaya tanaman porang yaitu peneduh . Porang perlu adanya naungan supaya tetap lembab dan subur.

Anda bisa memilih Pohon jati atau mahoni. Selain itu, perlu juga Anda mengatur kepadatan pohon antara 40%=60%

Dengan cara ini tanaman porang bisa tumbuh secara maksimal. Semakin rimbun pepohonannya, maka akan lebih baik untuk tempat budidaya tanaman porang

Memasang Ajir

Langkah selanjutnya yang Anda perhatikan yaitu saat waktu menanam dan lebih baik pada musim kemarau. Anda bisa memulai budidaya tanaman porang dengan memasang ajir. Ajir bisa Anda pilih berupa belahan bambu berukuran kurang lebih 1 meter.

Membuat Gundukan

Langkah lain budidaya tanaman porang dengan membuat gundukan atau jalur. Pastikan membuat gundukan lebar 0,5 meter menggunakan alat seperti cangkul

Membuat Lubang Tanam

Setelah selesai membuat gundukan dilanjutkan membuat lubang tanam. Pastikan lubang tanamnya berukuran 20 cm×20 cm× 20 cm.

Kemudian pastikan pula lubang tanam disesuaikan dengan ukuran bibit tanaman yang Anda pakai. Selanjutnya memupuk tanah untuk mempercepat pertumbuhan porang.

Menanam Bibit tanaman porang

Langkah berikutnya yaitu menanam porang. Cara lain agar tanaman tidak gagal dengan memperhatikan cara menanam bibit.

Cara budidaya tanaman porang menggunakan benih dari umbi, maka menanamnya membalik maupun tidak membalik tunas. Dengan cara tersebut tetap menghasilkan umbi porang yang berkualitas

Selain itu, Anda bisa menggunakan benih dari katak atau bubil, maka cara menanamnya tidak membalik tunas. Namun, apabila menggunakan benih biji. Pastikan biji yang telah disemai tersebut utuh berkualitas dan tidak rusak. Lalu, memasukkannya dengan hati-hati dan pastikan benih tertutup tanah secara rapat.

Merawat Tanaman Porang

Membersihkan Gulma

Setelah selesai masa penanaman penting melakukan penyiangan supaya tanaman tumbuh subur. Gulma muncul beberapa hari pasca masa penanaman di sekitar porang.. Saat melakukan penyiangan dengan mencabut gulma yang berada di sela-sela tanaman.

Proses penyiangan bisa Anda lakukan dengan menggunakan bantuan alat. Anda juga bisa lakukan penggemburan tanah dengan alat cangkul, sekop dan alat pertanian lainnya.

Saat melakukan penyiangan gulma ditimbun dalam tanah. Dengan cara ini dapat pupuk akan membusuk dan menjadi pupuk organik.

Meninggikan Guludan

Langkah lain saat merawat tanaman porang dengan peninggian guludan, yaitu menimbun pangkal batang porang dengan tanah. Peninggian itu agar batang berdiri tegak. Selain itu pertumbuhan umbi porang dapat lebih cepat banget

Memupuk Tanaman Porang

Ketika memberi supaya subur menggunakan pupuk organik. Selain itu Anda perlu memfermentasi pupuk organik lebih dahulu baru kemudian Ands bisa awal pemupukan.

Cara pemupukan tanaman porang yang tumbuh besar berbeda tanaman berumur muda. Saat memberikan pupuk anorganik pada tanaman yang mulai tumbuh besar.

Kemudian, waktu yang ideal masa pemupukan setelah menyiangi lahan. Dengan cara ini nutrisi bisa terserap sempurna.

Melakukan Penjarangan

Setelah melakukan pemupukan penting melakukan penjarangan, bila banyak tanaman porang tumbuh dalam sebuah lubang, Karena satu bibit bisa tumbuh dan menghasilkan 3-5 batang porang. Anda perlu melakukan Penjarangan supaya tanaman porang tumbuh lebih besar dan subur.

Panen Porang

Anda bisa melakukan panen bisa setelah tanaman berumur 2 tahun. Ada cara lain supaya porang cepat panen, yaitu menanam bibit porang dari bibit umbi, sebab memanen porang umurnya mencapai 7 bulan sejak masa tanam.

Cara lain panen umbi porang yang masih kecil setelah usia 1 tahun berat 1 kilogram. Proses memanen dengan cara menggali umbi porang dan waktu yang tepat saat panen musim kemarau, sebab harga porang lebih mahal. Satu tahun sekali Anda dapat memanennya. Itulah ulasan singkat cara budidaya tanaman porang yang dapat menambah pengetahuan.