Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaBersantai Di Taman Indonesia Kaya Sambil Menikmati Pentas Seni

Bersantai Di Taman Indonesia Kaya Sambil Menikmati Pentas Seni

Bersantai Di Taman Indonesia Kaya Sambil Menikmati Pentas Seni
Foto :jejakpiknik.com

Ekspose.IDBersantai di Taman Indonesia Kaya sambil menikmati pentas seni sangat cocok untuk mengisi waktu luang. Lebih lengkap lagi jika pergi bersantai bersama keluarga tercinta, sehingga bisa mencurahkan banyak waktu untuk lebih dekat dengan keluarga.

Walaupun Kota Semarang termasuk kota besar di Jawa dengan penduduk yang menetap juga banyak, namun keasrian dari kota Semarang masih tetap ada. Pemerinrah kota Semarang sering menjalakkan program pembuatan Taman hingga menanam pohon.

Pemerintah melakukan program tersebut agar berguna bagi masyarakat yang bertempat tinggal di kota ini ataupun orang luar Semarang yang datang ke kota ini. Dengan banyaknya taman dan pohon yang tertanam membuat masyarakat tidak akan kehilangan oksigen.

Selain itu Kota Semarang dapat tetap asri, sejuk, dan juga nyaman bagi seluruh orang yang menikmati suasana kota hingga saat ini.  Apalagi bagi wisatawan yang berkunjung pasti akan merasa nyaman dan betah saat mengelilingi Kota Semarang dan beristirahat di taman yang rindang.

Karena factor itu pula Kota Semarang mendapat nama lain sebagai Kota Atlas yang Aman, Lancar, Tertib, Asri, serta Sehat bagi masyarakat yang menghuni kota ini. Sering kali orang menjadikan taman yang ada di kota Atlas ini untuk tempat berkumpul.

Di antara banyaknya taman ada satu taman di kota ini yang sangat pas untuk menciptakan momen bersama orang tersayang yaitu dengan bersantai di Taman Indonesia Kaya sambil menikmati pentas seni dan budaya.

Bersenang-senang Di TIK Yang Semula Taman KB

Taman Indonesia Kaya merupakan salah satu taman kota yang sangat hits untuk tempat bersantai bersama teman ataupun keluarga. Bukan sekedar taman saja, disini pengunjung juga bisa menikmati suasana Kota Semarang dan melihat pertunjukan seni dan budaya Jawa.

Pemerintah Kota Semarang meresmikan taman kota ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-5 dari Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 10 Oktober 2018. Peresmian taman ini pemerintah Kota Semarang bekerja sama denga bakti budaya Djarum Foundation.

Bakti budaya Djarum Foundation mendedikasikan Taman Indonesia Kaya sebagai ruang publik yang pertama bagi masyarakat serta pertunjukan seni di Indonesia. Pembangunan taman ini mengusung konsep ber gaya modern dengan tetap menampilkan budaya Khas Jawa yang utama.

Semula Taman Indonesia Kaya ini bernama Taman KB atau orang lebih mengenalnya dengan Taman Menteri Supeno. Hal tersebut karena letak taman kota ini berada di Jalan Menteri Supeno, Semarang, Jawa Tengah.

Meskipun sudat terenovasi sepenuhnya menjadi lebih bagus dan modern, taman yang terbangun di atas tanah seluas 5.000 meter ini tidak menghilangkan patung Ibu Anak seerta pepohonan besar yang mengelilingi taman.

Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Djarum Foundation memulaiperenovasian taman pada tangga 1 November 2017. Sehingga akses ketaman tertutup sementara untuk umum.

Dan pada tanggal 10 Oktober 2018 Presiden Direktur Djarum Foundation Bpk. Victor R. Hartono bersama Bpk. Hendrar Prihadi selaku Walikota Semarang meresmikan pembukaan taman kota untuk masyarakat secara langsung.

Bersantai Sambil Menikmati Pesona Taman Indonesia Kaya

Masyarakat umum yang datang dapat bersantai di Taman Indonesia Kaya sambil menikmati pentas seni. Mendengar pentas seni di taman tentu masih membuat orang heran bukan? Pasalnya taman biasanya hanya bisa sebagai tempat bersantai saja.

Panggung Pentas Seni Dan Budaya

Akan tetapi di taman kota ini sangat berbeda dengan taman-taman lainpada umumnya, taman ini menggunakan konsep sebagai ruang publik dan dunia seni pertunjukan yang pertama di Indonesia. Sehingga terdapat panggung pentas seni dalam kawasan Taman Indonesia Kaya ini.

Hiasan Taman Lucu

Selain panggung, fasilitas lain yang melengkapi ada ruang tata rias untuk penampil seni dan juga ada toilet umum. Taman bergaya modern ini sangat indah pada malam hari karena terpasang lampu hias yang lucu di sepnnjang jalan setapak taman kota ini.

Hiasan taman berupa lampu sangat cocok untuk background berfoto, bahkan para kaum milenial sangat memfavoritkan area taman ini untuk berselfie dan memajangnya di sosial media. Di area taman juga tersedia kursi panjang untuk duduk bersantai.

Pertunjukan Air Mancur Menari

Pengunjung taman juga bisa menyaksikan air mancur menari pada area taman setiap akhir pekan. Air mancur menari berlangsung setiap pukul 19.00, 20.00, serta pukul 21.00 dengan alunan musik yang mengiringi.

Melihat pertunjukan pentas seni dan air mancur menari tentu sangat indah dan menarik bagi pengunjung. Apalagi bagi pengunjung anak-anak yang pastinya menyukai spot air mancur menari ini.

Lokasi Taman Indonesia Kaya

Untuk bisa bersantai di Taman Indonesia Kaya sambil menikmati pentas seni dan budaya, masyarakat sekitar Kota Semarang bisa secara langsung datang ke Jalan Meteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan. Lebih tepatnya berada di sebrang SMAN 1 Semarang.

Akses ke taman ini cukup mudah karena terletak dekat dengan Simpang Lima. Untuk mengunjungi taman bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti Bis Trans Semarang yang tersedia.

Tips Nyaman Bersantai di Taman

Ada beberapa tips yang bisa menjadi masukan untuk bersantai di taman dengan nyaman

  • Menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi tetapi memarkirkan kendaraan harus pada tempat parkir yang tersedia
  • Tidak boleh membawa kendaraan masuk ke area taman karena bisa merusak tanaman yang ada dan juga bisa mengganggu kenyamanan orang lain.
  • Membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia, tidak boleh membuang sembarang karena dapat mengotori taman serta menjadi sarang nyamuk.
  • Tidak boleh mencoret-coret fasilitas yang ada di area taman dan sekitarnya. Hal tersebut dapat merusak pemandangan indah dari Taman Indonesia Kaya.
  • Tidak boleh berbuat senonoh di area taman, selain mencoreng nama baik, taman merupakan tempat umum.

Bersantai di Taman Indonesia Kaya tentu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain dapat bersantai pada waktu luang, juga bisa menikmati hiburan yang tersajikan secara gratis. Bagi anak-anak dengan melihat pentas seni bisa menambah ilmu pengetahuan dan juga kecintaan terhadap seni dan budaya sendiri.

Taman tidak hanya menyediakan kursi, panggung, dan tanaman hijau rindang nan cantik saja, dalam area taman juga terdapat hiasan berupa lampu cantik atau gapura taman dengan hiasan seni lukis. Aneka hiasan yang ada di taman memberikan spot foto menarik pada setiap sudutnya.

Pepohonan rindang yang berada di taman menghasilkan oksigen dapat memberikan kesegaran dan kesejukan bagi pengunjung. Dengan duduk bersantai di taman pikiran yang penat atau hati yang risau bisa tersegarkan kembali.

Bersantai di Taman Indonesia Kaya sambil menikmati pentas seni yang tersaji bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu luang atau liburan bersama keluarga maupunteman tercinta. Selain menjadi lebih rileks, hubungan dengan keluarga atau teman menjadi lebih harmonis lagi.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER