Berkeliling Ke Grand Maerokoco Semarang Yang Penuh Panorama

0
132
berkeliling ke Grand Maerokoco yang penuh panorama
Foto : smol.id

Ekspose.IDBerkeliling Ke Grand Maerokoco Semarang Yang Penuh Panorama dapat mengisi liburan atau waktu luang bersama keluarga tercinta. Dan rasakan berbagai wahana yang tersedia dalam obyek wisata.

Kota Semarang sebagai salah satu kota terbesar di Pulau Jawa memang sudah seperti Kota Jakarta.penduduk Kota Semarang yang padat dan juga berbagai gedung perkantoran dan perkantoran melengkapi seluruh sudut kota.

Meskipun banyak gedung-gedung besar nan tinggi yang berdiri di kota ini, namun keasrian Kota Semarang masih tetap terjaga. Selain itu masyarakat kota yang tertib, sehingga membuat sirkulasi kota menjadi aman dan lancar.

Oleh sebab itu Kota Semarang mendapat julukan sebagai Kota Atlas. Kepanjangan Atlas adalah Aman, Tertib, Lancar. Asri, dan sehat. Dan hal menarik dari Kota Atlas adalah wisatawan sering menjadikan Kota Semarang sebagai tujuan wisata.

Kota Semarang memiliki banyak wisata indah, satu di antara wisata yang ada bisa dengan berkeliling ke Grand Maerokoco Semarang yang penuh panorama. Atau orang sering juga menyebutnya Taman Mini Jawa Tengah. Obyek Wisata Grand Maerokoco.

Berkeliling Obyek Wisata Grand Maerokoco

Wisata Maerokoco merupakan obyek wisata yang menampilkan keragaman budaya yang ada di Jawa Tengah dalam bnetuk miniatur. Wisata Maerokoco sebelumnya bernama Puri Maerokoco, namun pada tanggal 12 mei 2017 pemerintah remi mengubah namanya menjadi Grand Maerokoco.

Obyek wisata Maerokoco memiliki 35 anjungan atau rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Selain itu terdapat pula wahana lain yang tersedia dalam wisata ini. Bangunan wisata ini berdiri pada lahan seluas 23,84 hektare.

Pembangunan wisata Maerokoco bermula tahun 1983 pada masa pemerintahan Gubernur Ismail di Jawa Tengah. Dan untuk nama wisata Maerokoco sendiri terinspirasi dari bagian Apos Mahabharata yang populer saat itu.

Berjalan-jalan Ke Wahana Grand Maerokoco

Berkeliling ke Grand Maerokoco Semarang yang panorama memberikan berbagai pengalaman berwisata yang seru. Dengan mencoba berbagai wahana yang tersedia dalam obyek wisata tentu akan menarik dan seru. Berikut wahana lain yang ada di Maerokoco :

Bersantai Di Hutan Mangrove

Tidak hanya dapat melihat berbagai anjungan atau rumah adat Jawa Tengah saja, melainkan para pengunjung juga bisa menikmati hutan mangrove yang dekat dengan danau. Rindangnya hutan memberikan kesejukan dan kenyaman untuk bersantai.

Untuk menambah kenyamanan dan kemudahan akses di hutan mangrove, pengelola membuatkan jalan dari bambu yang kokoh dan unik, sehingga pengunjung yang datang dapat berjalan-jalan mengelilingi hutan.

Jalan-jalan mengelilingi hutan mangrove, atau bersantai di kursi dengan pemandangan danau sambil menunggu senja tentu sangat asyik. Tidah heran jika banyak menjadi hutan mangrove sebagai sebagai spot foto terepik.

Keseruan Wahana Air

Dalam obyek wisata Maerokoco terdapat wahana air yang melengkapi kegiatan liburan bersama keluarga. Danau yang terdapat dalam wisata ini merupakan miniatur dari Laut jawa, dan di danau tersebut pengelola menyediakan permainan air.

Pengelola wisata menyediakan wahana air bagi para pengunjung yang lelah berkeliling ke Grand Maerokoco yang penuh panorama dengan berjalan kaki.

  • Perahu dan bebek air

Pada area danau terdapat penyewaan perahu kayu dan bebek air yang lucu. Bagi wisatawan yang ingin mengelilingi wisata Merokoco bisa melewati jalur air dengan menggunakan perahu kayu dan bebek air.

  • Pasar apung

Bagi wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat tercinta bisa mengunjungi wahana pasar apung yang tersedia di dalam obyek wisata. Di pasar apung terdapat bermacam-macam makanan khas Kota Semarang.

Mencicipi Wisata Kuliner

Berwisata ke Grand Maerokoco kurang lengkap bila tidak mencoba juga wisata kuliner yang ada di sekitar obyek wisata. Banyak tempat makan bagi wisatwan yang menjajakan masakan khas Kota Semarang. Saah satunya kafe yang menjadi spot foto di atas danau.

Kafe yang terletak di area jembatan penghubung menuju Lumina menjadi spot cantik untuk berfotodengan background danau yang indah. Dan ada juga tempat makan biasa yang ada di sekitar wisata, sehingga lebih merakyat serta dapat memilih sesuai selera.

Serunya Wahana Outbound

Bagi pengunjung dewasa atau anak-anak bisa juga bermain di wahana outbound. Wahana ini sangat coco dan aman untuk anak-anak. Terdapat berbagai macam wahana outbound yang tersedia.

  • Kolam renang atau water park

Setelah lelah mengelilingi wisata Maerokoco, wisatawan dapat mengajak anak-anak untuk menyegarkan diri dengan berenang di water park Merokoco.

  • Kid’s Park

Wahana ini sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak. Disini terdapat jungkat jungkit, ayunan, dan juga perosotan yang sangat seru bagi anak-anak.

  • Istana Anak

Dengan bermain di wahana Istana Anak, pengunjung yang datang dapat memberikan edukasi kepada anak tentang membuat kerajinan dan kesenian yang ada di Jawa Tengah.

  • Flying Fox

Wisatawan yang datang juga dapat merasakan tantangan adrenalin dengan menaiki flying fox. Dan juga bisa Menikmati pemandangan Maerokoco dengan bergelantungan di atas.

  • Kereta gantung

Bersantai sambil menikmati pemandangan Kota Semarang di sekitar Grand Maerokoco sangat nyaman dengan menggunakan kereta gantung bersama keluarga atau teman.

Gedung Opera

Bosan dengan berkeliling semua wahana, para pengunjung yang datang dapat menghibur diri dengan menonton film di gedung opera. Sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke XXI untuk menonton film kesukaan.

Museum Iptex

Berjalan-jalan ke Grand Maerokoco yang penuh panorama tidak hanya bisa untuk bersenang-senang, tetapi juga bisa menambah pengetahuan baik budaya maupun teknologi.

Pengunjung bisa mendatangi museum Iptex yang masih terdapat dalam satu kawasan obyek wisata. Di dalam museum pengunjung akan mendapat pegetahuan mengenai perkembangan teknologi yang terjadi hingga sekarang.

Lumina di Grand Maerokoco

Di kawasan wisata Maerokoco terdapat pula spot baru yang bagus, unik, serta  menarik. Spot itu adalah Lumina, spot yang mengajak wisatawan berasa seperti jalan-jalab ke luar negeri. Dalam spot ini juga terdapat bermacam rumah khas dari lima negara di tiga benua.

Bangunan rumah yag terpajang pada spot ini sangat mirip dengan bentu aslinya. Menampilkan rumah khas dari negara Yunani, Turki, Meksiko, Arab Sudi,dan juga Jepang. Pintu gerbang khas Jepang terlihat pertama kali saat memasuki wahana Lumina.

Meskipun hanya miniatur, pengunjung juga bisa memasuki tiap rumah khas negara karena dalam bangunan rumah masih terdapat ruang bahkan tangga untuk melihat area atas. Akan tetapi pembangunan wahana ini belum sepenuhnya selesai, meskipun begitu sudah banyak wisatawan yang mendatangi spot Lumina karena merasa tertarik dan penasaran.

Wisata Maerokoco  beroperasional setiap hari dari pukul 08.00-19.00 WIB. Untuk tiket masuknya sendiri, pengunjung bisa membayar hanya dengan  harga Rp 15.000 saat hari  biasa dan Rp 20.000 saat week day atau weekend.

Bagi anak-anak yang sudah berusia di atas 3 tahun sudah terhitung untuk ikut membayar tiket masuk obyek wisata. Berkeliling ke Grand Maerokoco yang penuh panorama lebih seru bersama keluarga tercinta.