Bank di Priatim Diminta Waspadai Modus Calon Debitur

0
54
Bank di Priatim Diminta Waspadai Modus Calon Debitur

Ekspose.ID – Tim advokat Kantor Hukum HN Nana Suryana memperingatkan semua bank di wilayah Priangan Timur untuk mewaspadai modus calon debitur.

Hal itu menyusul terjadinya dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oknum guru SD di Kota Banjar terhadap BPR BKPD Pangandaran.

Ahmad Sofyan SH, Kuasa Hukum BPR BKPD Pangandaran, berharap kejadian tersebut menjadi potret penting bagi semua bank, khususnya di Priangan Timur.

Pada kesempatan tersebut, Sofyan mengungkapkan, duplikasi sertifikat pendidik seperti yang oknum guru SD di Banjar lakukan sangat merugikan dan sangat meresahkan.

Karenanya, tim advokat melaporkan oknum guru SD tersebut kepada pihak kepolisian karena kuat dugaan melakukan penipuan dengan memalsukan dokumen.

Sofyan menjelaskan, para oknum guru SD diduga sengaja memalsukan dokumen sertifikasi pendidik untuk mendapatkan pinjaman kredit dari perbankan.  

Berkaitan dengan kasus tersebut, kata Sofyan, para oknum guru menggunakan dokumen palsu untuk memperoleh fasilitas pinjaman kredit sertifikasi pegawai (KSP) dari BPR BKPD Pangandaran.

Menurut Sofyan, dugaan penipuan yang oknum guru SD ini berawal dari pengajuan permohonan KSP di BPR BPKD Pangandaran.

Oknum guru SD tersebut, lanjut Sofyan, menggunakan dokumen sertifikasi pendidik yang palsu sebagai agunan atau jaminan.

Keputusan tim advokat melaporkan tujuh oknum guru SD tersebut berdasarkan fakta dan risalah musyawarah antara BPR BKPD Pangandaran dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjar.

Terlebih, ketujuh oknum guru SD sudah mengakui bahwa dokumen sertifikasi pendidik yang mereka gunakan sebagai agunan tidaklah asli alias palsu.

Karena kejadian tersebut, Sofyan menambahkan, pihaknya mewanti-wanti perbankan di wilayah Priangan Timur terhadap modus para calon debitur.