Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya

0
87
Badan Antariksa Terbaik di Dunia

Ekspose.ID – Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya. Badan Antarika adalah lembaga pemerintah suatu negara yang bertanggung jawab atas program luar angkasa dan penelitian umum luar angkasa.

Pada tahun 2015, tercatat ada 70 badan antariksa yang dimiliki oleh negara-negara di dunia. Dari 70 negara itu, ada beberapa badan antariksa yang sudah berhasil mencapai misinya.

Berikut ini daftar 4 badan antariksa terbaik di dunia dan pencapaiannya.

National Aeronautics and Space Administration (NASA)

NASA adalah badan antariksa yang dimiliki negara Amerika Serikat. Lembaga ini didirikan pada tahun 1958 oleh Dwight Eisenhower dengan penyediaan anggaran mencapai 20, 7 miliar $.

NASA merupakan lembaga yang bertugas untuk program di luar angkasa dan memiliki tujuan untuk memperluas dan mempertahankan aktivitas manusia di seluruh tata surya.

Misi yang berhasil dicapai NASA adalah penemuan teleskop hubble yang bisa mengambil gambar luar angkasa dengan sangat jelas.

Chandra X-ray observatory, merupakan keberhasilan NASA untuk melihat energi di alam dengan mengandalkan energi tinggi dari cahaya.

Capaian terbesar Badan Antariksa Amerika Serikat ini adalah penyelamatan Apollo 13 yang membawa 3 astronot ke luar angkasa pada tahun 1970.

China National Space and Administration (CNSA)

Badan antariksa yang dimiliki negara Cina ini mempunyai tujuan untuk merencanakan dan mengimplementasikan semua misi luar angkasa Cina di tingkat internasional.

Lembaga ini juga bertugas menandatangani semua perjanjian yang terkait dengan penelitian luar angkasa baik dengan pihak dalam maupun luar negara Cina.

Misi yang berhasil dicapai oleh Badan Antariksa Cina ini adalah mendaratkan 11 astronot ke luar angkasa.

CNSA merupakan badan antariksa pertama yang berhasil mengirim pesawat ruang angkasa berawak Shenzhov 9.

Selain itu, pada tahun 2014, melalui pesawat Change 3, berhasil mendarat di bulan dengan awak robot pertama di dunia. Pada tahun 2017 berhasil melakukan uji satelit miliknya sendiri.

European Space Agency (ESA)

ESA merupakan organisasi internasional yang terdiri dari gabungan 22 negara pemilik badan antariksa terbaik di dunia.

ESA juga merupakan kontributor resmi ISS, yaitu suatu proyek stasiun luar angkasa internasional.

European Space Agency atau badan antariksa eropa ini didirikan pada tahun 1975 dengan anggaran mencapai 7 miliar $.

Karena merupakan gabungan beberapa negara, ESA mempunyai misi yang bersifat internasional.

Adapun misi yang ingin dicapai ESA adalah melakukan eksplorasi pesawat tak berawak ke bulan.

Sementara misi yang sudah berhasil dilakukan adalah Venus Express yaitu mengirimkan data dari orbit kutub di sekitar planet venus.

Selain itu melalui pesawat LISA Path Tinder sudah berhasil mempelajari gelombang gravitasi bumi.

Russian Federal Space and Administration (Roscosmos)

Roscosmos merupakan pusat koordinasi semua jenis kegiatan luar angkasa yang ada di negara Rusia.

Badan antariksa yang didirikan tahun 1992 dan merupakan anggota ESA ini mempunyai misi Exo Mars, yaitu menemukan bukti adanya kehidupan di planet Mars.

Misi yang berhasil dicapai badan antariksa Rusia ini adalah mengkoordinasikan peluncuran militer dengan Kementrian Pertahanan Federal Rusia pada tahun 1995-1965.

Setiap badan antariksa mempunyai tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan misi yang hendak dicapai negara tersebut.

Pada intinya, misi yang ingin dicapai masing-masing badan antariksa sama, yaitu mengembangkan penelitian luar angkasa baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Demikian juga dengan 4 badan antariksa terbaik di dunia yang dimiliki beberapa negara seperti yang sudah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here