Mengenal Istilah Backlink DoFollow dan NoFollow

0
97
Backlink DoFollow dan NoFollow

Ekspose.ID – Mengenal Istilah Backlink DoFollow dan NoFollow. Backlink memang luar biasa pengaruhnya pada website. Lalu apa hubungannya dengan atribut backlink dalam strategi SEO?

Dunia teknologi informasi tidak asing dengan istilah backlink. Popularitas backlink mengemuka dan terbukti nyata setelah search engine of optimization menggunakannya.

Saat memahami backlink, penting juga mengenal backlink DoFollow dan NoFollow yang kemudian orang mengenalnya sebagai atribut backlink.

Apa Itu Atribut Backlink?

Atribut backlink adalah sebuah link yang dalam pembuatannya menyertakan atribut rel (NoFollow) atau tidak menyertakan rel (DoFollow).

DoFollow berasal dari bahasa Inggris Do dan Follow yang artinya mengikuti. Sedang NoFollow terdiri dari No dan Follow yang artinya tidak mengikuti.

Fungsi dan Pengaruh Link dalam SEO

Perkembangan selanjutnya, link DoFollow dan NoFollow ini memiliki fungsi berbeda, kemudian berpengaruh besar dalam optimasi website.

Nilai DoFollow maupun NoFollow mempunyai pengaruh dalam SEO. Nilai ini blooger mengenalnya dengan sebutan link equity atau link juice. Dari sinilah akhirnya juga mempengaruhi website di SERP.

Link DoFollow

Salah satu atribut rel yang memperbolehkan robot mesin pencari mengikuti link. Dengan kata lain, link yang meminta search engine mengikuti website di dalamnya terdapat konten berisi sebuah link.

Jadi singkatnya adalah, Backlink DoFollow merupakan link yang bisa orang klik. Saat mengkliknya inilah, link mengarah menuju situs target.

Baca:  Teknologi Mencegah Penularan Covid 19

Keuntungan lain dari DoFollow yaitu, traffic akan datang ketika seseorang mengklik link tersebut. Menariknya, saat seseorang klik link terjadi transfer SEO.

Link DoFollow mampu menaikkan traffic dengan mengklik tautan. Namun, ada juga kekurangan link DoFollow pada rangking website. Keberadaan link DoFollow justru berpotensi menurunkan ranking.

Penurunan rangking website kemungkinan bisa terjadi bila datang backlink dofollow dalam jumlah besar pada website yang anda miliki dari situs spam.

Link NoFollow

Cara kerja NoFollow kebalikan dari DoFollow, yakni atribut rel menginstruksikan robot mesin pencari tidak mengikuti link.

Pada aktivitas seperti, seseorang ini hanya membuka halaman situs yang dituju oleh link. Dengan kata lain, link yang dituju tidak aktif atau tulisan biasa.

Biasanya NoFollow berbentuk meta tag tingkat halaman yang kemudian memberi petunjuk pada search engine tidak mengklik tautan ini.

Sementara kekurangan nofollow tidak banyak berperan dalam optimasi SEO, makanya link jenis ini tidak blogger sukai.

Lantas, Perbedaan antara Link DoFollow dengan Link NoFollow apa? Perbedaan mencolok antara keduanya terlihat dari segi SEO.

Perbedaan lain yang jelas antara keduanya adalah pada struktur penulisan. Link dofollow bersifat otomatis serta tidak perlu melakukan setting atau pengaturan lanjutan.

Hal ini terlihat adanya penambahan rel nofollow atau dalam arti googlebot tidak boleh melakukan crawl menuju link.

Fungsi DoFollow dan NoFollow

Fungsi antara keduanya, baik dofollow dan nofollow, bekerja seperti biasa, sebagai tautan.

Baca:  Sejarah Hagia Shopia Dari Gereja, Masjid hingga Museum

Backlink DoFollow ini bisa menaikkan Pagerank dan meningkatnya traffic pengunjung. Dari sinilah peringkat website terangkat di search engine.

Disisi lain, keberadaan DoFollow mendatangkan komentar spam. Hal ini terjadi akibat banyaknya link yang tidak berkualitas.

Sementara fungsi lain dari NoFollow, yaitu menjaga kualitas SEO, menekan komentar spam agar tidak muncul di website.

Selain itu, link menjadi stabil dan google akan mudah mengikutinya. Sedang kekurangan NoFollow tidak memberi pengaruh pada link tujuan.

Biasanya DoFollow dan NoFollow digunakan saat membuat konten yang bertujuan tidak lain untuk meningkatkan SEO dan mempermudah navigasi website.

Itulah ulasan singkat tentang backlink dofollow dan nofollow yang mungkin dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi anda. (CW003)

Editor : Deni Supendi