Apa Itu Asteroid? Definisi dan Ciri-cirinya

0
149
ApaItu Asteroid

Ekspose.IDApa Itu Asteroid? Definisi dan Ciri-cirinya. Dalam pelajaran astronomi tentunya kita pernah dikenalkan pada beragam benda-benda langit.

Diantaranya seperti matahari, bulan, bintang, planet-planet, komet, dan beragam benda lainnya.

Lalu masih ingatkah mengenai Anda apa itu asteroid? Mungkin ada yang terlupa atau memang belum kenal sama sekali.

Mengenal apa itu asteroid?

Definisi Asteroid

Dalam film-film fantasi maupun pada lingkungan di sekitar kita, tentunya kerap kita dengarkan pembahasan mengenai asteroid.

Asteroid merupakan kumpulan dari benda-benda angkasa yang bergerombol,sehingga membentuk satu kesatuan layaknya sabuk besar.

Asteroid dapat dijumpai diantara planet Mars serta planet Jupiter. Dengan munculnya asteroid, maka kita mengenal adanya planet luar dan planet dalam.

Planet luar merupakan planet-planet yang terletak setelah sabuk asteroid jika dilihat dari sisi matahari. Diantaranya planet Jupiter, planet Saturnus, planet Uranus, dan juga planet Neptunus.

Sedangkan planet dalam ialah planet-planet yang berada diantara rentang matahari hingga batas sabuk tersebut.

Diantaranya planet Merkurius, planet Venus, planet Bumi, dan juga planet Mars. Meski sebenarnya asteroid juga merupakan planet, namun tergolong pada planet minor (planetoid).

Tak hanya diantara planet Mars dan Jupiter, asteroid memiliki jumlah yang banyak. Namun, mereka memiliki daerah orbit tersendiri.

Bentuk ellips merupakan bentuk orbit dari asteroid yang beraktivitas di angkasa. Jika Anda amati dari dekat, asteroid memiliki permukaan bebatuan, dimana terdiri dari silikat, tanah liat, dan berbagai zat.

Ciriciri Asteroid

Untuk lebih mengenal apa itu asteroid, tentunya Anda perlu memahami bagaimana ciri-ciri asteroid. Beberapa ciri yang dimiliki asteroid diantaranya, memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Dimana bentuk asteroid sendiri lebih menyerupai bebatuan kecil dengan warna beragam layaknya batu hiasan aquarium. Kadang berbentuk bulat, lonjong, atau bahkan bersudut-sudut.

Asteroid memiliki permukaan yang tak rata, tedapat pula kawah dan juga lubang-lubang.

Kemudian aktivitas asteroid seperti halnya planet-planet lainnya, yakni mengelilingi matahari.

Yang berbeda hanya lintasan saja, dalam perjalanan perputarannya mengelilingi matahari, terkadang asteroid jatuh tak menentu arahnya.

Dengan jatuhnya asteroid ke berbagai arah, menjadikannya berbahaya bagi planet lain.

Contohnya saja, ketika asteroid jatuh ke Bumi, maka dampak yang akan ditimbulkan akan merusak permukaan bahkan kehidupan penghuni Bumi.

Selain itu, asteroid tersusun dari kumpulan elemen batu dan juga es. Debu-debu yang berada di asteroid menjadi beku karena adanya es tersebut.

Belum lagi, jarak asteroid dari matahari cukup jauh, yang tentunya menjadikan asteroid benda yang bertekstur keras dan berbahaya.

Kemudian ukuran dari asteroid sendiri nyatanya lebih kecil dibandingkan planet-planet kecil. Seperti yang kita tahu, bahwa Pluto kini termasuk dalam jajaran planet kerdil (smurf).

Dengan perbandingan ukuran yang cukup jauh, dimana asteroid memiliki diameter yang hanya berukuran 1 mil sampai dengan 60 mil saja.

Demikian ulasan singkat mengenai asteroid, semoga dapat menjadikan kita lebih mengenal apa itu asteroid. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here