Aktivitas Ngabuburit Seru, Waktu Berbuka Terasa Cepat

0
117
Aktivitas Ngabuburit Seru, Waktu Berbuka Terasa Cepat
Aktivitas Ngabuburit Seru, Waktu Berbuka Terasa Cepat

Ekspose.ID– Aktivitas ngabuburit seru kerap orang lakukan sebelum waktunya berbuka puasa tiba. Faktanya ada banyak kegiatan seru dan menarik untuk Anda lakukan di kala menunggu waktu berbuka tiba.

Bulan puasa memang identik dengan berbagai hal seru untuk masyarakat lakukan di dalam waktu tersebut. Anda akan menjalankan aktivitas lain yang hanya ada dalam bulan ini. Sehingga di bulan lainnya masyarakat tidak akan pernah menjumpai atau melakukannya.

Mulai dari aktivitas sahur, berbuka dengan ibadah-ibadah pengiringnya seperti tarawih dan sebagainya. Selain itu masyarakat kerap mengadakan kegiatan lain untuk mengisi waktu di mana mereka belum selesai menjalankan ibadah puasa.

Dengan kata lain mereka kerap melakukan kegiatan selain makan dan minum untuk menghabiskan waktu luang. Biasanya orang-orang akan menunggu waktu berbuka puasa dengan antusias dan tidak sabar.

Apa Itu Aktivitas Ngabuburit Seru?

Di bulan puasa anda akan menahan segala hawa nafsu seperti makan maupun minun serta hal yang bisa membatalkan lain. Karena itulah di bulan ini umat muslim akan mendapatkan pahala besar dari setiap ibadah yang mereka lakukan.

Para umat muslim yang menunggu waktu berbuka kerap melakukan beberapa aktivitas seru sehingga tidak terasa sudah sampai buka puasa. Kegiatan ini terkenal dengan istilah ngabuburit.

Biasanya mereka melakukan ngabuburit dengan banyak bentuk. Umumnya beramai-ramai dengan kerabat maupun keluarga.

Akan tetapi di masa pandemi seperti sekarang terdapat pelarangan untuk berkumpul. Terlebih itu berkerumun di luar rumah tanpa alasan berarti.

Karena itulah sejak tahun kemarin aktivitas ngabuburit seru dalam bentuk berkumpul di luar rumah sangat dianjurkan untuk tidak dilakukan. Sebab hal tersebut bisa memicu satu orang ataupun lainnya tertular virus corona. Karena virus ini masih ada hingga kini, ada baiknya untuk melakukan pencegahan.

Tak hanya berkumpul, anda masih bisa melakukan aktivitas ngabuburit seru di rumah saja dan dengan keluarga satu rumah. Lewat cara ini anda masih bisa merasakan euforia Ramadhan tanpa harus berkumpul dengan banyak orang di luar rumah.

Dengan begitu anda sudah bisa membantu pemerintah meminimalisir penularan covid di sekitar. Meskipun tak bersama kawan terdekat, anda masih bisa merasakan keseruannya dengan keluarga.

 Apa saja kegiatan ngabuburit di rumah tersebut? Selengkapnya bisa anda simak berikut ini.

Beberapa Aktivitas Ngabuburit Asyik di Rumah

Nyatanya ada begitu banyak aktivitas ngabuburit seru yang bisa anda lakukan di rumah saja. Bahkan hal tersebut memiliki beberapa keunggulan lainnya. Misalnya saja tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Sebab di bulan puasa pasti banyak jajanan di pinggir jalan. Sehingga tak memungkinkan pengeluaran bisa menjadi dua kali lipat dari hari biasa.

Membaca Alquran

Urutan kegiatan aktivitas ngabuburit seru pertama adalah membaca Alquran. Bahkan bukan sekedar seru saja, aktivitas ini juga sangat agama anjurkan untuk umat muslim.

Di bulan Ramadhan anda harus memperbanyak amalan. Salah satunya adalah dengan membaca Alquran. Membaca Alquran tidak hanya sebagai bentuk ibadah dengan tujuan mendapatkan pahala. Tetapi aktivitas ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan ngabuburit.

Lewat membaca Al-Qur’an apalagi sampai khatam bisa membuat anda tidak merasakan waktu berbuka yang sangat lama. Selain itu pahala membaca Al-Qur’an pun menjadi berkali lipat daripada di hari biasa.

Dengan begitu, tadarus Alquran ini sangat dianjurkan untuk anda lakukan di rumah saja. Manfaat lainnya adalah anda tidak perlu lagi berkumpul di luaran sana untuk ngabuburit.

Menyaksikan Ceramah dari Ulama

Mendengarkan ceramah bisa menjadi aktivitas ngabuburit seru selanjutnya dengan banyak manfaat juga sisi positif. Dengan aktivitas ini pengetahuan akan agama jauh lebih bertambah.

Pada bulan puasa di tiap saluran televisi kerap tayang beberapa siaran ceramah di sore hari menjelang berbuka puasa. Hal ini memang bermaksud agar masyarakat ngabuburit dengan hal positif yaitu menyaksikannya.

Tak hanya lewat saluran televisi, anda bisa menyaksikan ceramah ini di channel YouTube. Tak perlu keluar rumah apalagi berkumpul anda sudah dapat berbagai informasi keagamaan lengkap dan terpercaya.

Sebab pemberi ceramah tersebut merupakan ulama kenamaan ataupun ustadz maupun ustadzah. Tak hanya sekedar menyaksikan, anda juga bisa menanyakan beberapa hal secara langsung. Biasanya berupa sambungan interaktif via telepon.

Memasak Menu Berbuka Puasa

Kegiatan lainnya yang menjadi aktivitas ngabuburit seru adalah memasak. Anda bisa mencoba menyajikan beberapa menu tak biasa sebagai hidangan berbuka.

Ada banyak manfaat dari kegiatan memasak ini. Yang pastinya adalah untuk memenuhi gizi keluarga di kala setelah berpuasa.

Bahkan menurut agama seseorang yang menyajikan makanan untuk orang berbuka juga mendapatkan pahala. Karena itu tak hanya seru, aktivitas ngabuburit satu ini juga mendatangkan pahalanya sendiri.

Anda bisa berkreasi atau melakukan eksperimen terhadap beberapa menu. Dengan begitu sajian untuk berbuka puasa tidak membuat orang lain bosan maupun jenuh.

Salah satu aktivitas ngabuburit seru berupa memasak ini bisa menjadi ajang penambah pengetahuan akan masakan. Anda dapat mencari resep baru di internet dengan kandungan gizi lengkap untuk keluarga.

Kala melakukan aktivitas ngabuburit satu ini, anda juga bisa terhindar dari kegiatan berkumpul bersama. Tak hanya itu manfaat lainnya yang akan anda dapatkan adalah terhindar dari jajan sembarangan di pinggir jalan.

Sebab kita tidak tahu apakah bahan pembuatan takjil di pinggir jalan itu aman atau tidak. Sehingga dengan masak sendiri keamanan juga higienis bisa lebih terjamin.

Manfaat lainnya adalah anda tidak akan boros dengan pengeluaran untuk takjil. Biasanya bulan puasa identik dengan harga naik. Sehingga tak heran pengeluaran menjadi boros untuk takjil jadi saja.

Melakukan Olahraga Ringan

Puasa tak menjadi halangan untuk anda melakukan olahraga sebagai menjaga kesehatan tubuh. Bahkan olahraga ini bisa menjadi salah satu aktivitas ngabuburit seru.

Sebab menjaga kesehatan terutama di masa pandemi seperti sekarang sangatlah penting. Untuk itulah meskipun tidak makan ataupun minum anda masih bisa melakukan olahraga.

Tak perlu di pagi ataupun siang hari, anda bisa berolahraga saat sore di mana waktu berbuka hampir tiba. Selain itu anda juga tidak perlu melakukan olahraga berat.

Jika biasanya bentuk olahraga ini adalah berjalan bersama di kompleks maupun lapangan, sekarang baiknya melakukan pergantian. Sebab kegiatan tersebut bisa memicu berkumpulnya orang dalam jumlah banyak.

Anda bisa menggantinya dengan jenis olahraga di rumah dan sendiri maupun dengan keluarga. Bentuknya pun beragam misalnya saja yoga, aerobik maupun peregangan tubuh sederhana.

Jenis olahraga tersebut pastinya tidak akan menguras banyak energi. Dengan demikian aktivitas ngabuburit seru satu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya.

Banyaknya aktivitas ngabuburit seru di bulan puasa ini bisa anda ikuti. Lewat berbagai cara inilah anda tidak akan merasakan waktu berbuka puasa sangat lama.