Senin, September 20, 2021
BerandaBerita9 Manfaat Air Zam-Zam Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Diketahui !

9 Manfaat Air Zam-Zam Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Diketahui !

Bagi masyarakat muslim tentu saja sudah tidak asing lagi dengan air zamzam. Rupanya manfaat air zamzam salah satunya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dan menjadi oleh-oleh khas dari Tanah Suci setelah melakukan ibadah haji maupun umrah. Keistimewaan air zamzam juga banyak ditulis di nash, hadits, atsar, dan khabar. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan air zamzam adalah hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani.

“Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air Zamzam. Air tersebut bisa menjadi minuman yang mengenyangkan dan penawar rasa sakit”. (HR. Thabrani).

Sebenranya membahas air zam zam tidak akan pernah ada habisnya, pasalnya sangat menarik untuk di ulas. Salah satunya adalah cerita orang-orang zaman dahulu. Dimana suatu hari ada seseorang yang datang dari luar Makkah menghampiri sumur yang berisikan air zamzam.

Datang bersama dengan seekor unta dalam keadaan tidak bersih, selama perjalanan bisa saja orang tersebut terkenal penyakit, kotoran, dan bakteri. Ketika sampai di sumur zamzam kemudian mengambilnya menggunakan timba. Para ilmuwan berpendapat bahwa bisa saja mereka menularkan jenis penyakit berbahaya yang ditularkan melalui alat timba itu. Namun, kenyataanya tidak ada dari penduduk yang terkena penyakit. Air zamzam sehat dan menyehatkan. Wallahu’Alam

Seputar Air Zam-Zam

Sejarah adanya air zamzam adalah berawal dari kisah Siti Hajar yang sedang berusaha mencari minuman dan makanan untuk sang anak (Ismail AS). Selama pencariannya, Siti Hajar berlari tujuh kali bolak-balik dari Bukit Safa menuju Bukit Marwah. Namun hasilnya nihil, beliau tidak menemukan makanan ataupun minuman untuk anaknya. Akan tetapi, seketika keajaiban datang, dimana tib-tiba Nabi Ismail AS menghentakan kakinya ke tanah dan kemudian muncul  sumber mata air.

Bahkan sampai sekarang sumber air mata itu masih memancar indah hingga sampai saat ini, air tersebut di beri nama air zamzam yang memilki arti “berkumpulah”. Sedangkan kata zamzam berasal dari Bahasa Arab artinya banyak atau melimpah. Letak sumur air zamzam sekitar 38 hasta dari Kabah. Air zamzam tidak akan pernah habis meskipun digunakan oleh jutaan masyarakat di dunia. Lalu apa saja manfaat air zamzam? Berikut penjelasannya.

Meningkatkan Energi Tubuh

Sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan oleh  Dr Knut Pfeiffer di Munich mengemukakan bahwa air zamzam memiliki manfaat dapat meningkatkan energi, serta memperkuat jaringan dan sistem sel tubuh manusia. Maka dari itu, air zamzam dikatakan sebagai obat penyembuh berbagai macam penyakit berbahaya.

Melancarkan Sirkulasi Darah Dalam Tubuh

Manfaat air zamzam selanjutnya adalah mampu membantu anda melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin serta diimbangi dengan pola hidup sehat, sirkulasi darah dalam tubuh anda akan semakin lancar. Sehingga anda bisa beraktivitas dengan nyaman, perlu diketahui juga gangguan sirkulasi darah yang tidak lancar disebabkan karena adanya timbunan lemak jahat pada pembuluh darah. Faktor lain yang mendudukung karena akibat dari kebiasaan tidak sehat, misal sering makanan junk food, minuman bersoda, begadang, kurang mengkonsumsi air putih, jarang berolahrga dan masih banyak lagi. Yuk mulai hari ini menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan hal-hal kecil.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tak bisa dipungkiri jika air zamzam memiliki segudang manfaat bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Manfat selanjutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh, pasalnya air zamzam tidak memiliki kandungan atau bahan kimia. Sehingga bisa dikatakan airzamzam lebih baik daripada air biasa.

Membantu Meregenerasi Sel Kulit Mati

Banyak yang percaya bahwa air zamzam juga bisa membantu meregenerasi sel kulit mati pada tubuh secara optimal. Jika anda mengkonsumsinya secara rutin bisa membuat anda tampak awet muda, dan kurangnya keriput pada wajah. Tertarikah anda mencobanya?

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Memiliki masalah gigi berlubang? Bau mulut? Serta tulang yang mulai keropos? Tenang saja air zamzam dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Karena air zamzam memiliki kandungan alami seperti kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang serta gigi untuk mencegah terjadi tulang prematur. Tulang mampu menyerap secara maksimal  vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan yang lebih baik.

Mempermudah Mendapatkan Keturunan

Ada yang mengatakan kalau air zamzam juga memiliki manfaat untuk memperudah mendapatkan keturunan. Kembali lagi segala yang terjadi tentunya atas izin Allah, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Namun tidak salahnya anda mengkonsumsi air zamzam secara rutin.

Menguatkan Rahim

Bagi wanita yang sedang mengandung, mengkonsumsi air zamzam dipercaya bisa menguatkan rahim saat proses kehamilann. Serta kandungan menjadi tetap sehat dan kuat saat proses persalinan.

Menustrisi Janin Dalam Kandungan

Selain menguatkan rahim saat proses kehamilan, air zamzam juga dipercaya mampu memberikan nutsrisi pada janin yang sedang dikandungnya. Hal tersebut disebabkan karena semua apa yang ibu konsumsi akan diserap oleh sang janin. Maka dari itu ketika hamil hendaknya mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, agar janin dapat tumbuh optimal.

Membersihkan Hati

Hati menjadi tempat segala rasa, lambat laun bisa kotor karena akibat sifat amarah, iri, dengki, munafik, dendam, dan akhlak tidak terpuji lainnya. Secara psikologi air zamzam bisa digunakan sebaga detoksifikasi tubuh sekaligus membersihkan hati dari berbagai macam penyakit. Itulah pembahasan artikel kali ini tentang manfaat air zamzam dan semoga bisa bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER