Senin, September 20, 2021
BerandaTeknologi8 Tips Mudah Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Terlengkap 2021

8 Tips Mudah Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Terlengkap 2021

Saat ini banyak sekali aplikasi meeting online, salah satunya adalah Zoom Meeting. Tidak hanya digunakan oleh kalangan pembisnis saja, melainkan sudah banyak dimanfaatkan oleh dosen, mahasiswa demi berlangsungnya belajar online. Berbagai fitur juga ditawarkan dari mulai kualitas video serta audio yang High Definition (HD). Kemudian dari segi keamanan telah menggunakan ftur end-to-end encryption yang artinya kata sandi hanya diketahui oleh anda.

Nah apalagi mengingat sekarang masih diberlakukan PPKM, sehingga kegiatan menjadi terbatas. Maka dari itu, aplikasi Zoom Meeting berbasis video conference menjadi jalan bagi semua kalangan untuk tetap beraktivitas dan menyelesaikan tugasnya. Akan tetapi tetap saja suasananya berbeda kan? Berikut akan dijelaskan tips melakukan Zoom Meeting yang penting diperhatikan. Yuk simak bersama-sama.

Pengertian Aplikasi Zoom

Zoom merupaka sebuah aplikasi komunikasi yang menggunakan basis video conference sehingga dapat digunakan pada smartphone ataupun PC. Aplikasi ini seringkali dimanfaatkan untuk melakukan meeting atau tatap muka jarak jauh , dan jumlah pesertanya cukup banyak.

Eric Yuan menjadi pendiri aplikasi Zoom Meeting sekaligus CEO Zoom Technologies, Inc. Kisah penemuannya berawal dari ide startup yang dilakukan oleh Eric saat ia masih duduk dibangku kuliah, dan sedang menjalin hubungan Long Distance Relationship (LDR) dengan sang kekasih. Untuk bisa menemuinya, Eric harus menghabiskan sekitar 10 jam perjalanan menggunakan kereta. Hal itulah yang membuat Eric tergugah hatinya untuk membuat suatu aplikasi yang pada akhirnya diberi nama Zoom pada tahun 2011.

Cara Daftar Aplikasi Zoom

Langkah pertama yakni kunjungi situs zoom.us kemudian jangan lupa klik sign up dan masukan data pribadi anda. Seperti tanggal, bulan, dan tahun lahir, selanjutnya daftarkan pula email anda yang masih aktif pada menu email, dan anda akan mendapatkan notifasikasi dari pihak Zoom.

Jika anda telah berhasil mendapatkan notifikasi yang dikirim ke email anda, lalu klik menu “activate account” yang nantinya pengguna baru akan langsung diarahkan ke browser untuk membuat password atau kata sandi. Terakhir anda bisa langsung sign in dengan memasukan alamat email serta kata sandi yang tadi anda daftarkan. Selamat mencoba.

Tips Menggunakan Aplikasi Zoom

Sebagaimana melansir dari lama detiknet.com pada Selasa (13/7/2021) ada beberapa trik dan tips bagi anda ketika menggunakan aplikasi Zoom Meeting agar lebih seru dan tentunya tidak membosankan. Daripada penasaran yuk baca pembahan berikut sampai selesai.

Atur Posisi Kamera

Tips pertama adalah jangan lupa untuk mengatur posisi kamera baik di smartphone ataupun dekstop. Meskipun terdengar sepele, memeriksa pengaturan kamera di Zoom bertujuan agar tidak buram saat di layar. Bagaimana cara mengaturnya? Yakni anda bisa langsung klik ikon roda gigi yang letaknya di sudut kanan atas Zoom. Selanjutnya navigasikan ke video dan kemara. Berbeda halnya ketika anda menggunakan kamera eksternal bisa langsung mencarinya di menu. Kemudian klik opsi HD, sehingga anda bisa menggunakan fitur Zoom kulaitas High Definition dari webcam agar pada saat layar ditampilkan tidak buram.

Bukankah tidak seru ketika sedang melakukan meeting  bersama peserta lainnya, tiba-tiba layar menjadi buram? Agar lebih keren, anda bisa aktifkan opsi Touch Up My Appearance yang ada di bagian bawah. Nah jika dari pencahayaan terlalu gelap, bisa pilih menu Adjust for Light.

Atur Warna Pakaian Saat Meeting

Memang tidak ada aturan khusus untuk poin kedua ini saat mengikuti sesi kegiatan Zoom Meeting. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba kan? Ada dua cara untuk menemukan warna terbaik yang bisa anda kenakan saat rapat via Zoom. Cara pertama menggunakan pendekatan psikologi warna, disarankan anda menggunakan warna-warna cerah. Seperti merah, hijau,kuning, ungu, oranye, ataupun biru.

Dipercaya dengan menggunakan warna-warna cerah akan memberikan rasa positif terhadap orang lain. Misal memicu sikap optimisme, daya kreativitas tinggi, menimbulkan kepercayaan, sehingga anda  bisa menebar kebahagiaan. Ada pengecualian, dimana ketika anda berada di depan dinding kosong, alangkah baiknya menggunakan warna hitam agar tidak kontras.

Cara kedua agar penampilanmu semakin oke, disarankan menghindari pakaian berpola, dan untuk urusan warna bisa memilih abu-abu muda, biru tuam dan putih soft. Hal itu dianggap agar anda semakin menonjol sehingga mudah dilihat oleh peserta lain.

Perhatikan Latar Belakang Zoom Meeting

Poin ketiga ini perlu anda perhatikan, disarankan untuk memilih latar belakang yang cocok dengan warna pakaian yang anda kenakan. Apabila anda bingung, dari pihak Zoom sendiri menyediakan beberapa latar belakang virtual dan bagi penggunanya bisa men-download sendiri sesuai dengan selera.

Cara mengubah latar belakang Zoom khusus bagi pengguna laptop tinggal klik ikon gear yang ada di sudut kanan atas. Selanjutnya arahkan pada menu Background and Filters, dan ketuk pilihan Virtual Background.

Setting Kulitas Video

Ada beberapa laptop ataupun handphone yang telah dirancang dengan memiliki mikrofon berkualitas terbaik. Sehingga ketika melakukan panggilan Zoom audio yang dihasilkan sangat jernih. Namun bagi anda yang masih mempunyai kendala terkait audio ataupun video, bisa gunakan mikrofon eksternal yang ada di aplikasi Zoom Meeting.

Apabila menginginkan yang praktis, anda bisa gunakan headphone, sehingga ketika di dengarkan di telinga jadi lebih jelas. Begitu juga yang dirasakan oleh peserta lain.

Kecepatan Internet

Kalau poin ini memang sangat wajib diperhatikan, pasalnya kecepatan internet bergantung pada jaringan yang dimiliki. Maka dari itu, sebelum menggunkan Zoom pastikan jika jaringannya stabil agar kecepatan internetnya memadai untuk melakukan panggilan video.

Dari pihak Zoom sendiri merekomondasikan kecepatan download serta upload yang idel pada layanan video conference adalah 4 Mbps.

Jangan Lupa Klik Mute

Menu Mute pada aplikasi Zoom Meeting bertujuan agar suara yang ada di sekitar tidak terdengar oleh peserta lan sehingga tidak mengganggu ketika rapat berlangsung. Jangan lupa ya untuk klik mute ketika memang anda tidak tengah berbicara. Agar tidak ada kejadian suara bising saat presentasi. Karena kenyamanan sangat penting, agar materi yang di presentasikan mudah dipahami dan di aplikasikan.

Tentu tidak lucu kan sudah capek-capek membuat materi presentasi tapi tidak berjalan mulus karena ada salah satu peserta yang berbicara sendiri. Mute digambarkan dengan mikrofon yang ada di sudur kiri bawah.

Cek Daya Baterai

Poin ketujuh adalah pastikan sebelum melakukan rapat onlin daya baterai laptop ataupun handphone telah terisi penuh. Nah jika anda lupa mengsinya, bisa menolokan kabel charger sembari mengikuti rapat. Sayangnya, hal tersebut adalah kebiasaan buruk karena akan berdampak pada kerusakan laptop atau handphone kesayangan anda. Maka dari itu perhatikan hal-hal kecil. Seperti mengecek isi baterai, membaca materi presentasi agar ketika ada sesi tanya jawab anda bisa menanyakan hal yang sekiranya belum dapat di pahami. Dengan begitu akan menjadi poin tambhan bagi anda.

Update Zoom Secara Berkala

Poin terakhir adalah jangan lupa untuk meng-update aplikasi Zoom Meeting secara berkala. Hal ini bertujuan agar anda tahu fitur terbaru yang ada di aplikasi tersebut. Perlu diingat jangan update Zoom ketika sedang mengikuti rapat yaaa. Itulah pembahasan di artikel kali ini tentang serba-serbi aplikasi Zoom Meeting dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER