Senin, September 20, 2021
BerandaBerita8 Bahan Masker Alami Wajah Untuk Menghilangkan Komedo dan Mencerahkan Wajah Kusam,...

8 Bahan Masker Alami Wajah Untuk Menghilangkan Komedo dan Mencerahkan Wajah Kusam, Lakukan Sebelum Tidur !

Memiliki wajah bersinar dan sehat adalah impian semua orang meskipun membutuhkan perjuangan keras untuk mendapatknnya. Terlebih kulit wajah setiap harinya terpapar sinar matahari langsung serta polutan yang mengandung zat kimia berbahaya. Sama halnya kulit yang membutuhkan nutrisi, serta vitamin untuk melindunginya dari sinar UV. Tidak hanya itu saja, kulit yang mengalami kerusakan disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, perubahan hormonal, stress, dan kurang mengkonsumsi air putih.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda seperti kulit  berminyak, kusam, kering, berjerawat,  sehingga untuk perawatannya pun disesuaikan dengan keadaan kulitnya. Sehingga banyak orang yang rela  membayar mahal demi merawat kulit yang rusak. Tidak ada salahnya kan merawat kulit sebagai bentuk self-love, dengan catatan tahu kebutuhan dan batasan. Nah, bagi anda yang bingung membeli produk kecantikan perawatan wajah yang murah. Anda bisa mencari bahan-bahan alami untuk dijadikan masker alami dan mengatasi masalah kulit tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Selain itu, menggunakan masker alami tidak akan memberikan efek samping berbahaya. Sehingga anda bisa mencobanya di rumah bersama teman atau keluarga jadi lebih seru. Membuat masker alami sangat gampang, dan bahan-bahannya pun mudah di dapatkan. Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya di artikel kali ini, dan selamat mencoba.

8 Bahan Alami Membuat Masker Wajah

Bahan yang digunakan untuk membuat masker bisa dibeli di toko atau pasar, pasalnya bahan ini sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. Bisa jadi anda sudah pernah mencobanya. Agar semakin banyak orang yang tahu, anda bisa membagikannya kepada temanmu, berjuang untuk memiliki kulit sehat akan lebih menyenangkan jika bersama-sama bukan? Daripada penasaran, simak penjelasan berikut ini.

Menggunakan Lemon, Susu, dan Madu

Bahan alami pertama adalah madu, susu, dan lemon yang memiliki kaya akan kandungan vitamin C dan dipercaya mampu memberikan efek kulit wajah semakkin cerah. Selain itu bekerja mengurangi produksi melanin, sedangkan pigmennya bisa menyamakan kulit.

Bagaimana cara membuatnya? Pertama-tama anda siapkan 1 sdm susu, jus lemon, dan 1sdt madu, selanjutnya campurkan semua bahan dalam mangkuk. Setelah tercampur oleskan pasta masker ke kulit wajah serta leher dan biarkan selama 20 menit. Terakhir bilas wajah menggunakan air hangat, lakukan setiap malam sebelum tidur.

Tepung Beras dan Lidah Buaya

Poin kedua adalah tepung beras dan lidah buaya yang memiliki kandungan air sebesar 96-97%, kedua bahan ini mampu melembabkan kulitmu. Sifat dingin dan anti inflamasi yang berasal dari jel lidah buaya membantu menenangkan kemerahan serta gatal pada kulit. Selain itu, mengandung aloesin yakni suatu senyawa yang mampu menghambat produksi melanin. Sementara beras digunakan sejak lama dan berfungsi untuk melawan penuaan, noda, bintik-bintik matahari, serta garis halus.

Tepung beras juga bisa menyerap minyak berlebih dan mengupas kulit dengan lembut sehingga sangat cocok untuk jenis kulit berminyak. Cara membuatnya sangat mudah yakni siapkan jel lidah buaya segar, 2sdm tepung beras, kemudian campurkan keduanya dan oleskan pada wajah/leher selama 15 menit. Seteleh itu bilas menggunakan air hangat, lakukan setiap malam sebelum tidur agar hasil maksimal.

Pepaya dan Madu

Siapa disini yang sering menggunakan pepaya untuk masker alami? Pasalnya pepaya memiliki kandungan enzim dan papain yang membantu proses pengelupasan kulitmu. Dengan begitu kulit lebih mudah melakukan pembaruan serta pemulihan kulit. Sedangkan madu mempunyai sifat antibakteri, antioksidan, dan antiseptik yang bisa membersihkan sekaligus melindungi kulitmu dari polusi dan sinar matahari.

Caranya, siapkan setengah cangkir pepaya yang sudah dihaluskan, lalu 1 sdt madu, aduk sampai merata dan oleskan pada wajah atau leher yang telah dibersihkan dan tunggu selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat, lakukan maser pepaya dan madu sebelum tidur, sangat rekomondasi untuk jenis kuliat berminyak dan normal.

Almond dan Susu

Bahan alami selanjutnya adalah susu dan almond yang memiliki kandungan vitamin serta minyak esensial dimana bisa mencerahkan kulit serta menjadi kulit halus. Kedua bahan tersebut juga mengandung asam mandelic yang merupakan AHA dengan anti penuaan, antibakteri, dan membantu pengelupasan kulit. Pada saat anda mengoleskan bubuk almond pada wajah atau leher membantu menghilangkan kulit kusam dan mengekspos sel kulit yang lebih baru dan ringan.

Sementara kandungan susu murni yakni vitamin dan lemak bagus untuk kesehatan kulit sekaligus menyerap sebum berlebih. Cara pembuatanny adalah dengan menyiapkan 2 sendok makan bubuk kacang almond, sejumput susu murni dan campur kedua bahan sampai menjadi pasta kental. Untuk perawatan spot, anda bisa membiarkannya selama 30-60 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat, sangat aman digunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Air Kelapa dan Air Mawar

Kandungan air kelapa dipercaya menghasilkan efek anti-penuaan pada kulit dan bisa memulihkan serta mempebaiki keadaan kulit lebih baik. Hal tersebut di dukung adanya protein yang mendorong pertumbuhan sel, dan efeknya mengurangi bintik-bintik hitam. Selain itu air mawar mampu melembabkan sekaligus membersihkan kulitmu. Serta dikombinasikan dengan efek antiinflamasi dan keseimbangan ph air mawar sehingga disebut sebagai toner kulit yang sempurna.

Cara membuatnya adalah siapkan air mawar, air kelapa, dan air matang. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 dari air mawar dan air kelapa. Serta tambahkan sedikit air agar campuran lebih encer. Nah langkah selanjutnya yakni masukan bahan tersebut ke dalam botol semprotan bersih lalu kocok sampai tercampur. Oleskan pada wajah atau leher setelah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit. Untuk bahan ini cocok digunakan kulit berminyak, normal, dan kombinasi.

Tepung Gram dan Air Mawar

Bahan alami membuat masker alami ada tepung gram dan air mawar. Kandungan yang ada di tepung gram bersifat antimikroba yang bisa melindungi kulit dari infeksi. Serta air mawar dipercaya mampu merevitalisasi dan melembabkan kulit sehingga memberikan tampilan yang segar.

Cara membuatnya adalah siapkan 2 sendok makan tepung gram, 2-3 sendok teh air mawar, dan campurkan bahan tersebut. Oleskan bahannya pada wajah serta biarkan selama 20-30 menit, bilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukannya 2-3 kali dalam seminngu dan lihatlah perubahan yang di alami kulitmu.

Bubuk Cendana, Susu, dan Almond

Bubuk cendana mencerahkan kulit serta menghambat aktivitas tirosinase sehingga mengurangi produksi melanin. Susu dan almond memberikan nutrisi penting untuk membersihkan kulit dan menjadikannya lebih sehat, ringan setelah pemakaian rutin. Cara membuatnya adalah siapkan 1 sendok makan bubuk kayu cendana, 1 sendok makan bubuk almond dan susu, campur bahan tersebut sampai membentuk pasta halus. oleskan pada wajah selama 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat.

Labu Kuning

Bahan alami terakhir untuk membuat masker adalah labu kuning, memiliki kandungan antioksidan serta asam pengelupas. Terdiri dari vitamin A dan C, sekaligus beta-karoten yang bisa mencerahkan kulit. Cara membuatnya adalah siapkan 2 sdt labu kuning, ½ sdt madu, dan ½ sdt madu. Jangan lupa rebus dan haluskan labu kuning, selanjutnya campurkan semua bahan menjadi pasta. Oleskan pada wajah/leher dan biarkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat, itulah pembahasan artikel kali ini tentang bahan-bahan alami masker wajah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba gaes !

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER